1. Home
  2. /
  3. Info Kuliah
  4. /
  5. Daftar PTS yang Menerima KIP Kuliah Jalur Mandiri...
Dunia Mahasiswa | Dunia Sekolah | Info Beasiswa | Info Kuliah

Daftar PTS yang Menerima KIP Kuliah Jalur Mandiri 2021

662   |   Posted by M. Fadholi   |   25 March 2021

KIP Kuliah merupakan salah satu bantuan Pendidikan yang diberikan kepada lulusan SMA, SMK dan sederajat yang berasal dari keluarga kurang mampu atau terdampak ekonomi akibat Pandemi Covid-19 supaya dapat melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi.

Pendaftaran KIP-Kuliah 2021 masih dibuka sampai 31 Oktober 2021. Salah satu syaratnya adalah kamu pendaftar ke berbagai seleksi masuk perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Selain itu, jalur masuk perguruan tinggi yang kamu bisa ambil juga beragam, salah satunya jalur mandiri.

Jalur mandiri pada penerimaan mahasiswa baru di berbagai perguruan tinggi di Indonesia merupakan usulan dari panitia khusus dari perguruan tinggi yang dituju. Penerima KIP-Kuliah 2021 juga mendapatkan fasilitas gratis untuk membayar tes seleksi masuk perguruan tinggi. Berikut adalah beberapa PTS terakreditasi yang menerima peserta KIP-Kuliah yang membuka jalur mandiri tahun ini.

Baca juga : Pendaftaran KIP-Kuliah 2021 Sudah Dibuka! Begini Cara Daftar dan Syaratnya

Daftar PTS yang Menerima KIP Kuliah Jalur Mandiri 2021

Untuk melihat daftar PTS yang menerima KIP kuliah jalur Mandiri 2021, kamu bisa kunjungi laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/, kemudian scroll ke bagian paling bawah dan akan muncul tampilan seperti gambar dibawah. Nah tugas kalian adalah mengetikkan nama PTS (tanpa singkatan) ke dalam fitur SEARCH (CARI).

Cara Daftar KIP Kuliah untuk masuk PTS

Sayangnya, tidak semua PTS menerima program KIP Kuliah ini. KIP Kuliah hanya bisa dipakai pada PTS yang bekerja sama dengan Kampus yang menjalin kerjasama dengan program tersebut. Untuk mengetahui Universitas mana saja yang menerima KIP Kuliah, peserta dapat melihat pada laman web berikut https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/

1. Siswa dapat langsung melakukan pendaftaran secara mandiri di web Sistem KIP Kuliah pada laman website kip-kuliah.kemdikbud.go.id atau melalui KIP Kuliah pada mobile apps.

2. Pada saat pendaftaran, siswa diharuskan memasukkan NIK, NISN, NPSN dan alamat email yang valid dan aktif.

Baca juga : 5 Cara Sukses Menghadapi UTBK 2021

3. Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan melakukan validasi NIK, NISN dan NPSN serta kelayakan untuk mendapatkan KIP Kuliah.

4. Jika proses validasi berhasil, Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan mengirimkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses ke alamat email yang didaftarkan.

5. Siswa menyelesaikan proses pendaftaran KIP Kuliah dan memilih jalur seleksi yang akan diikuti Mandiri PTS.

6. Kunjungi laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/, kemudian scroll ke bagian paling bawah dan akan muncul tampilan seperti gambar ini;

7. Nah tugas kalian adalah mengetikkan nama PTS (tanpa singkatan) ke dalam fitur SEARCH (CARI)

8. Setelah muncul nama PTS maka disana akan muncul prodi-prodi yang ditawarkan dan dapat dipilih untuk didaftar di KIP Kuliah, jika prodi tidak ada disana berarti prodi tersebut pada PTS tidak menerima KIP kuliah ya.

Baca juga : 7 Hal yang Harus Kamu Lakukan Setelah Lolos SNMPTN 2021

9. Setelah kalian tau PTS dan Prodi pilihan kalian bisa didaftari dengan KIP kuliah, kalian langsung kunjungi laman Penerimaan PTS tersebut (bukan laman utamanya ya)

10. Kemudian, kalian cari informasi di laman tersebut bagaimana cara mendaftarkan diri ke PTS tersebut dengan KIP kuliah, karena setiap PTS memiliki prosedur dan persyaratan yang detail masing-masing.

11. Bagi calon penerima KIP Kuliah yang telah dinyatakan diterima di Perguruan Tinggi, dapat dilakukan verifikasi lebih lanjut oleh Perguruan Tinggi sebelum diusulkan sebagai calon mahasiswa penerima KIP Kuliah.

Itulah cara melihat dfatar PTS yang menerima KIP kuliah sekaligus cara daftar cara daftar KIP kuliah untuk masuk PTS. Jika tidak ada informasi disana, silakan hubungi call center Penerimaan PTS tersebut dan tanyakan pada mereka bagaimana cara mendaftarnya, syarat, dan lain-lain.

Untuk teman-teman yang belum nemu kampus yang cocok bisa nih bandingkan beberapa kampus impian kamu dan temukan jurusan yang cocok dengan kamu di: maukuliah.id

Tags tidak ada

Komentar Anda