1. Home
  2. /
  3. Featured
  4. /
  5. EVOLUSIA X 2020 “RESILIENCE” Inovasi Peragaan Busana Di...
Dunia Mahasiswa | Featured

EVOLUSIA X 2020 “RESILIENCE” Inovasi Peragaan Busana Di Tengah Pandemi

330   |   Posted by M. Fadholi   |   04 December 2020

Di tengah pandemi Covid-19, peragaan busana EVOLUSIA X 2020 digelar dalam format yang berbeda dari sebelumnya. Peragaan busana yang sebelumnya harus membuat stage khusus dan menghadirkan penonton secara langsung, pada tahun 2020 ini digelar secara virtual.

EVOLUSIA adalah tajuk utama dari kegiatan tahunan Program Diploma Seni Rupa dan Desain konsentrasi Fashion Design, Universitas Kristen Maranatha. Tahun ini Evolusia hadir dengan nama EVOLUSIA X “Resilience”, yang akan tayang pada hari Jumat, 4 Desember 2020 pukul 19.00 WIB.

Sebagai acara utama tahunan program Diploma Fashion Design dan juga acara unggulan Universitas Kristen Maranatha, Evolusia menjadi wadah mahasiswa Fashion Design untuk menunjukan karya mereka secara profesional.

Menghadirkan koleksi fashion dalam peragaan busana dan mode bukanlah hal yang mudah dan membutuhkan kerja sama dari berbagai pihak. Sehingga dalam hal ini para mahasiswa tugas akhir dibantu oleh dosen dan juga himpunan bekerja sama dengan berbagai pihak seperti tim produksi (videografer, koreografer, music director, art director), tim multimedia (editing) serta pihak sponsor.

Selain itu proses persiapan juga melibatkan mahasiswa dari program studi lain seperti Desain Komunikasi Visual, Desain Interior, dan program studi lainnya dalam Fakultas Seni Rupa dan Desain. Dengan keterlibatan berbagai pihak tersebut maka dibutuhkan manajemen yang baik, dalam hal ini tim dosen Program Diploma Seni Rupa dan Desain didukung penuh oleh Fakultas dan Universitas untuk dapat menyelanggarakan acara ini secara optimal.

Nama Evolusia bermakna perubahan (evolusi) dan cahaya (lusia). Evolusia diharapkan dapat menjadi titik tolak bagi para mahasiswa lulusan untuk dapat menjadi desainer yang membawa perubahan baik khususnya dalam dunia fashion. Evolusia tahun ini akan merayakan pagelaran busana ke-10 yang dalam lambang Romawi dikenal dengan simbol “X” dan dalam Bahasa Inggris disebut dengan decade.

Sebagai peringatan 1 dekade maka Evolusia tahun 2020 ini menggunakan “X” sebagai simbol dengan mengusung makna “resilience”. Berkaitan dengan filosofisnya, X bermakna harmoni, yang mana alam pada akhirnya akan bekerja untuk mengembalikan keseimbangan dalam kehidupan. Manusia sebagai salah satu unsur kehidupan yang ada di dunia harus dapat hidup selaras dengan alam untuk dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya. Lewat “resilience” manusia bertahan dengan beradaptasi dan berinovasi lewat karya-karya dalam berbagai bidang yang saling melengkapi. Seperti halnya bidang fashion yang tidak dapat berdiri sendiri, fashion harus dapat berintegrasi dengan teknologi, lingkungan, serta sosial agar dapat dinikmati dan juga digunakan di masa kini dan mendatang.

Rangkaian acara EVOLUSIA X 2020 diawali dengan 3 seminar daring yang mengangkat 3 tema khusus yakni Edukasi Fashion di Indonesia, Busana Berkelanjutan dan Fashionpreneurship/ Kewirausahaan di Bidang Fashion. Ketiga tema tersebut dipilih karena merupakan poros bidang fashion. Acara puncak rangkaian kegiatan EVOLUSIA X 2020 menampilkan koleksi dari 25 mahasiswi lulusan Tahun Ajaran 2018/ 2019 dan 2019/ 2020.

Sebagian besar karya dibuat selama berlangsungnya proses pembelajaran dari rumah (PJJ) sehingga semua arahan dalam perkuliahan hanya dapat dilakukan secara daring. Namun nyatanya pembatasan jarak tidak membatasi para desainer dalam berkarya. EVOLUSIA X 2020 juga akan menampilkan koleksi karya 12 mahasiswa Keimyung University, Korea, sebagai universitas mitra Maranatha.

Tags tidak ada

Komentar Anda