1. Home
  2. /
  3. Tips & Trik
  4. /
  5. Gagal Masuk PTN? Ini 5 Tips Jitu Supaya...
Info Kuliah | Info Pendaftaran | Tips & Trik

Gagal Masuk PTN? Ini 5 Tips Jitu Supaya Lolos Seleksi Masuk PTS 

94   |   Posted by Seprila Mayang   |   21 April 2021

Kata siapa kalau gak masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) adalah akhir dari segalanya? It’s totally wrong, dude! Jangan sedih dulu atau galau melulu. Justru inilah saatnya buktikan pada dunia kalo kamu mampu.

 Masuk ke Perguruan Tinggi Swasta (PTS) rupanya bisa jadi opsi lain lho untuk melanjutkan studimu. Nah, masuk ke PTS ini gak semudah yang kamu bayangkan guys. Masih banyak effort yang harus kamu lakukan karena daya saing masuk PTS juga sangat ketat. 

Nah, biar kamu lancar dan sukses masuk PTS, berikut adalah tipsnya. 

1. Harus daftar lebih awal

Biasanya, pendaftaran pada kampus PTS terdiri dari beberapa gelombang. Maka dari itu, kamu harus mengantisipasinya ya. Jangan sampai terlambatan daftar ya guys. Sebaiknya ambil pendaftaran sesegera mungkin. 

Kalau kamu daftar lebih awal biasanya sih saingan masukmu tidak banyak. Jadi chance kamu diterima lumayan tinggi. 

Baca juga: Tips Agar Bisa Sukses Walau Kuliah di PTS

2. Cari tahu jenis tes yang diadakan

Seperti tes masuk perguruan tinggi pada umumnya, kamu juga harus melalui tes saat masuk PTS lho. Makanya jangan asal-asalan ya guys. Makanya, sebelum tes kamu kudu cari tahu tes yang akan diujikan tersebut. 

3. Jalani tes dengan serius

Masuk kuliah itu gak bisa asal-asalan sob. Kamu perlu persiapan yang matang sebelum mengikuti tes tersebut. That’s why, ketika kamu mendaftarkan diri di PTS idamanmu, hendaknya lakukan persiapan sebelum kamu mengikuti rangkaian tes tersebut. Kalau sudah begitu, dijamin deh ujianmu lancar. 

4. Jalani tes wawancara dengan persiapan matang

Kata siapa tes wawancara gak butuh persiapan? Hm, pasti butuh lah. Kamu gak bisa menganggap ini hal sepele lo. Mengikuti tes wawancara perlu tips dan trik juga biar kamu lolos di tahap ini. So, kamu kudu sering-sering latihan dan cari pertanyaan seputar wawancara sebelum tes. 

5. Update informasi berkala

Biar kamu gak ketinggalan info,kamu harus rajin update informasi secara berkala. Tujuannya sih biar kamu gak ketinggalan informasi seputar pendaftaran PTS tersebut.

Baca juga:  10 PTS Terbaik di Indonesia 2021 Versi Webometrics

To sum up, masuk ke PTS gak bisa asal-asalan ya guys. Kamu harus butuh perjuangan ekstra untuk masuk di sebuah perguruan tinggi. Nah, 5 tips tersebut cocok banget kamu aplikasikan kalau mau sukses masuk PTS idaman. Gak ada hasil yang mengkhianati usaha, jadi harus melakukan segala hal secara optimal. 

Mau dapatkan informasi yang lain seputar masuk ke perguruan tinggi? Cus langsung aja kunjungi maukuliah.id. Dijamin kamu bakal dapetin informasi yang super banyak deh. Check it out!

Tags tidak ada

Komentar Anda