Dunia Mahasiswa | Featured | Info Kuliah

Ingin Kuliah di Negara Rusia? Intip Rincian Biaya Hidupnya Disini!

433   |   Posted by M. Fadholi   |   23 December 2020

Salah satu negara yang saat ini dijadikan pilihan untuk menempuh pendidikan tinggi adalah Rusia. Rusia adalah negara dengan tradisi ilmu pengetahuan dan teknologi yang tinggi. Beberapa ilmuwan terkenal dunia yang lahir melalui pendidikan di Rusia. Berkat kualitas pendidikan di Rusia, hanya sedikit mahasiswa asing yang belajar di negara ini, termasuk dari Indonesia.

Biaya kuliah untuk siswa internasional di Rusia dapat bervariasi tergantung dari institusi yang kamu pilih. Dengan kualitas pendidikan yang tinggi biaya kuliah di Rusia tidak terlalu mahal jika dibandingkan dengan Negara Eropa lainnya dan Amerika Utara. Biaya kuliah minimum yang ditentukan oleh Kementerian Pendidikan ini tidak boleh lebih rendah dari jumlah yang diinvestasikan dalam pendidikan per siswa oleh pemerintah Rusia.

Lebih jelasnya berikut ini rentang biaya kuliah di berbagai Institusi ternama di Rusia.

  • Gelar sarjana di Rusia bisa menghabiskan biaya mulai dari RUB 220.000 hingga 240.000 per tahun
  • Biaya gelar spesialis dapat mulai dari RUB 220.00 hingga 240.000 per tahun
  • Gelar master dapat berharga mulai dari RUB 240.000 hingga 260.000 450.000 per tahun
  • Biaya program pascasarjana berkisar dari RUB 72,000 hingga 250,000 per tahun.

Untuk membantu mahasiswa asing agar lebih mudah berintegrasi ke dalam masyarakat Rusia, beberapa universitas mungkin menawarkan program persiapan yang bertujuan untuk mempelajari bahasa, tradisi, dan gaya hidup di Rusia. Biaya rata-rata program ini adalah RUB 120.000. Jika kamu berminat untuk kuliah di Rusia dan keluargamu juga mampu untuk membiayai kuliahmu sampai lulus. Tidak ada untuk menantang diri sendiri untuk mencoba hidup mandiri di negara orang lain dan jauh dari orang tua.

Baca juga: 7 Hal yang Harus Kamu Siapkan Sebelum Studi ke Luar Negeri

Perlu diperhatikan saat kamu meyakinkan orang tua agar merestui pilihanmu kuliah di Rusia adalah kamu harus memastikan bahawa kamu bisa hidup mandiri di tempat baru dengan budaya dan iklim yang jauh berbeda dari Indonesia. Selain itu, beri pemahaman mengenai transfer valas (valuta asing) yang akan mempermudah orang tuamu saat ingin mengirimkan uang untuk biaya pendidikan setiap tahunnya. Dengan begitu orang tuamu tidak akan kebingungan mengenai masalah biaya pendidikan setiap tahunnya. Terlebih lagi dengan hadirnya digibank by DBS yang akan mempermudah transfer uang tanpa harus ke kantor cabang DBS Indonesia.

Biaya Hidup di Rusia

Setelah permasalahan biaya pendidikan selesai. Hal yang tidak kalah penting untuk dibahas adalah masalah biaya hidup di Rusia. Biaya untuk hidup di Rusia tidak jauh berbeda dengan di Indonesia. Rata-rata mahasiswa Indonesia yang kuliah di kota besar seperti St. Petersburg dan Moskow memerlukan biaya sekitar RUB 25.850 atau sekitar Rp. 5 jutaan setiap bulannya. Jika kamu kuliah di kota yang lebih kecil biaya tiap bulannya juga akan lebih rendah. Selain kota tempat kamu kuliah dan tinggal, gaya hidup juga berpengaruh besar terhadap biaya bulanan yang akan kamu keluarkan.

Jika kamu terbiasa gaya hidup yang biasa-biasa saja, dan tidak boros untuk kebutuhan yang tidak diperlukan, biaya segitu, tidak akan habis dalam satu bulan. Terlebih lagi jika kamu pandai dalam mengelola keuangan dengan baik, biaya setiap bulannya juga akan lebih hemat. Bahkan kamu bisa menghemat lebih dari RUB 8.000 (Sekitar Rp. 1,5 jutaan) setiap bulannya.

Namun, jika kamu termasuk orang yang tidak bisa mengelola uang untuk jangka waktu yang panjang. Kamu bisa meminta orang tuamu untuk kirim uang ke luar negeri setiap satu bulan sekali. Dengan begitu, pengelolaan keuanganmu akan lebih rapi dalam satu bulan. Agar tidak merepotkan orang tua, gunakan saja Aplikasi digibank by DBS yang bisa melakukan transfer valuta asing dimana saja dan kapan saja.

Keunggulan Aplikasi digibank by DBS

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, transfer valas dari DBS Indonesia memang memberikan beberapa keunggulan yang akan mempermudah dalam melakukan transfer valas ke luar negeri. Adapun keunggulannya seperti:

1. Akses 24/7

Hadirnya Aplikasi digibank by DBS memungkinkan untuk transfer valuta asing dimana saja dan kapan saja tanpa harus datang ke kantor cabang DBS Indonesia.

2. Gratis Biaya Transfer

Selain mudah di akses, saat melakukan transfer valas, juga tidak dikenakan biaya administrasi ke 20 negara tujuan yang menggunakan 7 mata uang yaitu USD, SGD, EUR, AUD, HKD, CAD, dan GBP.

3. Fx Rate Terkini

Nilai tukar yang dijadikan pedoman oleh digibank by DBS selalu mengikuti perkembangan nilai tukar mata uang, selain itu nilai tukar yang digunakan juga kompetitif yang bisa membuat transfer menjadi lebih ringan.

4. Sampai pada hari yang sama

Dalam beberapa transaksi yang kamu lakukan sebelum batas waktu tertentu akan langsung dikirim pada saat itu juga, dengan begitu akan sampai pada hari yang sama juga.

Seperti itulah informasi mengenai biaya kuliah di Rusia dan juga keunggulan dari program transfer valas dari digibank by DBS. Dengan kehadiran program tersebut, akan lebih mempermudah dalam melakukan transfer uang ke luar negeri tanpa adanya potongan biaya transfer.

Untuk teman-teman yang belum nemu kampus yang cocok bisa nih bandingkan beberapa kampus impian kamu dan temukan jurusan yang cocok dengan kamu di: maukuliah.id

Tags mahasiswa

Komentar Anda