1. Home
  2. /
  3. Info Pendaftaran
  4. /
  5. Ini dia Alternatif Jalur Masuk PTN selain SNMPTN
Info Kampus | Info Pendaftaran

Ini dia Alternatif Jalur Masuk PTN selain SNMPTN

298   |   Posted by Seprila Mayang   |   29 March 2021

Pengumuman SNMPTN sudah rilis pada awal pekan lalu. Namun, masih banyak siswa SMA yang belum mendapatkan kesempatan untuk masuk ke perguruan tinggi. Tak perlu galau atau risau dulu sobat Miku. 

Masuk ke perguruan tinggi tak melulu hanya lewat jalur SNMPTN saja. Tapi sobat Miku yang belum beruntung, masih punya kesempatan terbaik lho. Beberapa pendaftaran masuk ke perguruan tinggi masih terus bergulir.

Nah, berikut adalah alternatif daftar jalur masuk  PTN selain SNMPTN. Ada apa aja sih? Yuk simak dulu guys.

1. UTBK-SBMPTN 

Yaps, jalur masuk UTBK-SBMPTN merupakan salah satu jalur masuk PTN yang biasa diadakan setelah SNMPTN. Jalur masuk yang satu ini dilakukan secara tertulis melalui UTBK 2021. 

Perlu diketahui, bahwa UTBK-SBMPTN 2021 tahun ini dibuka mulai tanggal 15 Maret hingga 1 April 2021. So, Bagi kamu yang ingin masuk melalui jalur ini segera lakukan pendaftaran ya. Jangan sampai ketinggalan. 

Sementara itu, untuk pelaksanaan UTBK ini akan diadakan menjadi dua gelombang, yaitu gelombang I (12-18 April 2021) dan gelombang II pada (26 April- 2 Mei 2021).

2. Jalur Mandiri

Jalur mandiri merupakan salah satu jalur masuk perguruan tinggi yang diadakan oleh beberapa kampus di Indonesia. Beberapa seleksi jalur mandiri yang biasa diadakan seperti SIMAK-UI, USM ITB, dan UM UGM. 

3. Seleksi masuk vokasi

Beberapa perguruan tinggi yang memiliki sekolah vokasi ternyata juga punya jalur masuk sendiri. Biasanya jalur masuk ini diadakan melalui jalur PMDK atau seleksi masuk sekolah vokasi. 

4. Seleksi PTN Keagamaan

Selain jalur masuk di atas, ada pula seleksi jalur masuk PTN keagamaan. Melalui jalur ini, kamu juga masih memiliki kesempatan untuk masuk di PTN lho sobat. Beberapa kampus keagamaan juga gak kalah kece lho guys, seperti UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, dan masih banyak lagi. 

 Nah, itu tadi jalur masuk selain SNMPTN. Jadi, buat sobat Miku yang belum beruntung, jangan berkecil hati dulu ya. Yuk semangat! Masih banyak jalan yang bisa kamu pilih menuju PTN impian.

Kalau kamu masih bingung dengan jalur masuk ke perguruan tinggi. Langsung aja kuy kepoin maukuliah.id

Tags tidak ada

Komentar Anda