1. Home
  2. /
  3. Info Sekolah
  4. /
  5. Jalur masuk UGM, Ada Apa Aja sih?
Info Pendaftaran | Info Sekolah

Jalur masuk UGM, Ada Apa Aja sih?

403   |   Posted by Seprila Mayang   |   03 March 2021

Setelah membahas jalur masuk di UI, yuk sekarang kita beranjak ke kampus yang terletak di Kota Yogyakarta. Ini dia salah satu kampus terbaik di Indonesia, Universitas Gadjah Mada (UGM).

Hayo, siapa yang ngebet banget masuk UGM? Biar kamu tercerahkan nih, kita bakal ngasih tahu kamu jalur masuk di UGM. Apa saja sih jalur masuk di kampus beken ini? Yuk simak.

1. Jalur Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)

Setiap perguruan tinggi negeri pasti menyediakan jalur masuk bersama nasional yaitu SNMPTN dan SBMPTN. Di UGM, jalur masuk SNMPTN hanya menyediakan kuota sebesar 25 persen saja. 

Jadi, buat kamu yang kiranya belum beruntung masuk UGM jalur SNMPTN, yuk coba lagi di jalur lainnya. 

2. Jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)

Jalur masuk SBMPTN di UGM ini ternyata kuotanya lebih banyak lho dibanding jalur SNMPTN. UGM menyediakan kuota sebesar 35 persen di jalur ini. Wah lumayan banyak tuh guys

So, kamu bisa banget tuh menyiapkan mental dan materi yang akan digunakan untuk tes masuk UGM di jalur ini. 

Baca juga : Berapa Biaya Kuliah di 5 PTN Terbaik 2021 (ITB, UGM, IPB, ITS dan UI)

3. Jalur masuk Ujian Tulis (UTUL) UGM

Berbeda dengan SBMPTN dan SNMPTN, jalur masuk UGM ini langsung dikelola oleh pihak UGM. Di jalur ini UGM menyediakan kuota sebesar 40 persen. Wah, banyak ya guys

Buat kamu yang belum lolos di jalur SNMPTN dan SBMPTN, jalur yang satu ini cocok tuh buat kamu pilih biar lolos masuk UGM. 

4. Jalur Prestasi UGM

Selain ketiga jalur diatas, UGM ternyata juga punya satu jalur lagi, yaitu jalur prestasi. Di jalur prestasi ini ada 3 jenis guys, antara lain PBUK, PBUTM, dan PBUB. 

a. Penelusuran Bibit Unggul Kemitraan (PBUK)

Jalur masuk yang satu ini adalah jalur seleksi khusus putra putri daerah yang diusulkan oleh Pemerintah Daerah atau institusi pemerintahan lain. Jadi di jalur ini hanya bisa dimasuki oleh calon mahasiswa yang sudah mendapatkan rekomendasi dari instansi terkait. Tapi tetap saja dong guys, di jalur ini prestasi calon mahasiswa juga sangat dipertimbangkan. Salah satu prestasi tersebut adalah prestasi siswa di kejuaraan minimal tingkat provinsi. 

b. Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu (PBUTM)

Selain itu, UGM juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa yang kurang mampu. Melalui jalur masuk ini, UGM melakukan seleksi khusus bagi para siswa yang memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau Kartu Perlindungan Sosial (KPS). 

Selain itu, salah satu syarat yang paling mutlak adalah pendidikan orangtua/wali mahasiswa setinggi-tingginya adalah S1 dengan penghasilan kotor gabungan sebulan hanya Rp 4 juta. 

c. Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi (PBUB)

Siapa disini yang punya prestasi di bidang seni dan olahraga? Yaps, UGM ternyata juga mewadahi calon mahasiswa yang memiliki prestasi di bidang olahraga dan seni. 

Melalui program ini, UGM memberikan kesempatan kepada mereka yang berprestasi di jalur ini. 

Baca juga: MABA, Ini 5 Tips Produktif Mengawali Perkuliahanmu

Tips masuk UGM

Oh iya, hampir lupa. Kita juga punya sedikit tips buat kamu nih kalau mau masuk UGM. Apa saja tipsnya? Hihi, yuk segera cek :

  1. Rajin-rajin buka website PPMB UGM
  2. Catat jadwal pelaksanaan
  3. Perbanyak latihan soal, terutama soal UTUL UGM

Sebenarnya semuanya gak ada yang gak mungkin sobat. Asal kamu rajin dan semangat berjuang pasti bisa lolos UGM. Tetap semangat ya sobat!

Nah, buat sobat Maukuliah yang pingin masuk jurusan lain, yuk bisa langsung cek informasinya di maukuliah.id

Tags tidak ada

Komentar Anda