1. Home
  2. /
  3. Tips & Trik
  4. /
  5. Jangan Sedih! Lakukan 5 Hal ini Jika Tak...
Pengumuman | Tips & Trik

Jangan Sedih! Lakukan 5 Hal ini Jika Tak Lolos SNMPTN 2021

300   |   Posted by Seprila Mayang   |   23 March 2021

Pengumuman SNMPTN 2021 sudah release ya? Hmm, gimana nih sobat Miku? Udah dapat kampus impian atau justru malah dapat penolakan? 

Tenang sobat, buat kamu yang dapat penolakan bukan berarti harapanmu hancur. Namun, ini saatnya kamu kejar kampus impianmu. Nah, biar gak tambah sedih yuk lakukan tips berikut ini. 

Baca juga: Gagal SNMPTN Lalu Bangkit Berjuang Tembus ITS Surabaya

Lakukan 5 hal ini jika kamu mau bangkit dari kegagalan SNMPTN 2021 

1. Meditasi diri 

 

 

Namanya gagal itu wajar. Justru inilah saatnya kamu harus buktikan bahwa kamu mampu dan bisa. Wajar kok kalau kamu gagal pasti bikin kamu sedih. Tapi jangan lama-lama ya sedihnya, sewajarnya aja.

Nah, setelah mendapatkan pengumuman itu kamu bisa lakukan meditasi diri. Nilai diri kamu sendiri apa yang harus kamu perbaiki setelah mengalami kegagalan tersebut. 

 

2. Siapkan jadwal belajar 

 

Jika mentalmu sudah siap, kamu harus membuat jadwal belajar untuk menyiapkan materi ujian tes masuk perguruan tinggi. Dengan membuat jadwal belajar yang rutin, maka akan memudahkan kamu bertempur di ujian-ujian berikutnya. 

 

3. Latihan soal sesering mungkin

 

Kamu gak cuma bikin jadwal belajar aja. Tapi kamu kudu siapkan berapa banyak soal yang harus kamu kerjakan. Nah, dengan demikian kamu akan lebih siap dan memahami soal-soal yang diujikan di tes-tes selanjutnya. 

4. Kumpulkan jadwal pendaftaran di berbagai kampus

 

 

Tak hanya itu saja guys, kamu juga harus mencari informasi tentang jadwal pendaftaran tes masuk perguruan tinggi di berbagai kampus. Ini akan memudahkan kamu untuk mendaftar jika kamu masih gagal pada tes yang kamu ikuti. 

Setelah melewati masa SNMPTN, kamu akan disambut oleh tes-tes selanjutnya, seperti UTBK-SBMPTN dan tes masuk mandiri. FYI guys, berikut adalah jadwal UTBK-SBMPTN 2021 yang bisa kamu catat:

  1. Registrasi Akun LTMPT : 7 Februari-12 Maret 2021
  2. Pendaftaran UTBK-SBMPTN : 15 Maret-1 April 2021
  3. Pelaksanaan UTBK 2021
  • Gelombang 1: 12- 18 April 2021
  • Gelombang 2: 26 April-2 Mei 2021

      4. Pengumuman Hasil Seleksi Jalur SBMPTN 2021: 14 Juni 2021 pukul 15.00 WIB.

 

5. Perbanyak doa

 

Sembari mengerahkan seluruh tenaga dan usaha, kamu juga harus banyakin doa. Dengan kekuatan doa dijamin kita akan dipermudah dalam menghadapi halang rintang yang dilalui. 

Baca juga: Berakhir Masuk UI setelah Gagal Berkali-kali 

Jadi itulah 5 cara yang bisa kamu lakukan jika kamu gagal SNMPTN 2021. Gak usah berkecil hati dulu guys. Pokoknya tetap semangat biar bisa dapat kampus impian. 

Tags tidak ada

Komentar Anda