1. Home
  2. /
  3. Info Mahasiswa
  4. /
  5. Wajib Tahu! Ini dia Jenis Ujian Penentu IPK...
Dunia Mahasiswa | Dunia Sekolah | Info Kampus | Info Mahasiswa

Wajib Tahu! Ini dia Jenis Ujian Penentu IPK di Perguruan tinggi

75   |   Posted by Seprila Mayang   |   17 May 2021

Halo Sobat Miku! Udah lama banget nih kayaknya kita gak ngobrol seputar dunia akademik mahasiswa. Nah, berhubung hari ini temanya tentang penentu IPK di Perguruan Tinggi, kita bakal ngajak kamu lebih dekat dengan informasi penentu IPK di Perguruan Tinggi. 

Yah namanya IPK selalu jadi faktor penentu mahasiswa dalam menjalani kehidupan perkuliahan. Jadi kamu harus benar-benar paham tuh komponen penentu IPK apa aja. 

Ada apa aja sih faktor utama penentu IPK di Perguruan Tinggi? Yuk simak dulu gengs. 

1. Tugas atau Kuis

Yaps, meskipun terlihat sepele, tugas dan kuis juga menjadi faktor penting dalam menentukan IPK kamu. Selain kuis dan tugas, prosentase keaktifan kamu juga dinilai dari sini lho sobat. 

Nah, dalam proporsinya, nilai tugas biasanya memiliki bobot 20% persen sebagai penentu bagian IPK kamu. Nah, nilai-nilai tugas yang sudah kamu kerjakan itu bakal dinilai guys. Lalu diambil rata-ratanya. That’s why, ketika mengerjakan tugas kamu jangan malas ya sobat. 

Baca juga: Apakah IPK Berpengaruh Dalam Dunia Kerja?

2. UTS

Ujian Tengah Semester (UTS) ternyata punya porsi yang sangat besar dalam menentukan nilai kamu lho. UTS memiliki bobot 35% dari komponen nilai-nilai yang lain guys. Jadi belajar yang serius ya sobat. 

3. UAS

Ujian Akhir Semester (UAS) merupakan salah satu penentu paling utama selain nilai UTS kamu. Pada UAS ini prosentase nilai tersebut adalah 35%. Makanya kamu harus benar-benar belajar yang baik ya sobat. 

4. Kehadiran

Kehadiran juga dinilai sebagai salah satu penentu lho dalam komponen IPK. Prosentase kehadiran dihargai sebesar 10% sobat. Jadi jangan sering bolos ya, nanti bisa cekal dan gak bisa ikut ujian deh. 

Baca juga: Apa Itu SKS, KRS, KST, KHS, dan IPK dalam Perkuliahan

Keempat hal itu harus benar-benar kamu perhatikan ya sobat selama kamu berkuliah. Dengan demikian kamu gak bakalan deh tersesat dalam menjalani dunia perkuliahan. Sehingga bisa lulus dengan hasil yang memuaskan. 

Buat dapatkan informasi menarik dan tips seputar perkuliahan kamu dapat cek di maukuliah.id. Di sini kamu bisa dengan mudah tuh nemuin informasi lengkap dan detail. 

Tags tidak ada

Komentar Anda