Dunia Mahasiswa | Info Kuliah | Info Pendaftaran

Kamu Wajib Tau! Perbedaan Jalur Masuk Program Sarjana dan Vokasi

211   |   Posted by Seprila Mayang   |   15 January 2021

Hola Sobat Maukuliah! Tahun ajaran baru semakin dekat nih. Makin degdegan ya? Hehe. Jangan nervous dulu dong. Daripada kamu nervous gak karuan, ada baiknya jika kamu menyiapkannya mulai sekarang. 

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan yaitu ngepoin lebih lanjut perbedaan jalur buat masuk di jalur S1 dan D3. Perlu sobat ketahui nih, jalur masuk program sarjana dan vokasi itu berbeda lho. Jadi kamu kudu ngerti nih mulai sekarang. So, apa sih perbedaan antara kedua jalur ini?

Jalur masuk program sarjana

Seperti yang sudah pernah disampaikan pada artikel sebelumnya, jalur masuk di program sarjana ini ada 3. Jalur tersebut antara lain jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri. Yuk kita bahas bareng-bareng. 

1. Jalur SNMPTN

Jalur ini adalah jalur paling awal dari lainnya. Jalur Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) merupakan jalur yang menggunakan nilai rapor dari siswa. Bisa dibilang sih jalur ini adalah jalur prestasi. Jadi, kalau kamu sudah diterima melalui jalur ini, kamu gak usah bingung lagi deh mikirin buat tes berikutnya. 

2. Jalur SBMPTN

Jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) adalah ujian yang diadakan setelah jalur SNMPTN. Untuk mengikuti seleksi di jalur ini, kamu wajib mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Nah, nilai di UTBK ini nantinya akan digunakan untuk menentukan apakah kamu layak masuk SBMPTN atau tidak. 

3. Jalur Mandiri

Berbeda dengan kedua jalur sebelumnya, jalur ini merupakan jalur terakhir dari rangkaian tes masuk perguruan tinggi. Jalur Mandiri biasanya diselenggarakan oleh pihak perguruan tinggi masing-masing. Namun, tidak semua perguruan tinggi bisa menyelenggarakannya. 

Jalur masuk program vokasi 

Berbeda dengan jalur masuk program sarjana, jalur masuk vokasi ini ditentukan oleh masing-masing perguruan tinggi pelaksana. Nah, apa saja jalur masuk tersebut? Berikut ulasannya. 

1. Jalur masuk prestasi 

Melalui jalur ini kamu akan diseleksi dengan menggunakan nilai rapor. Jadi, kamu gak perlu tuh mikirin buat tes tulis lagi. Di jalur ini biasanya kamu cuma perlu menyiapkan berkas berupa nilai rapor dan prestasi yang pernah kamu ikuti semasa sekolah. Nah, nantinya perguruan tinggi tersebut akan menyeleksi apakah kamu lolos atau tidak dalam seleksi tersebut. 

2. Jalur masuk ujian tulis

Kalau jalur masuk ujian tulis ini biasanya diadakan oleh perguruan tinggi melalui beberapa gelombang masuk. Di jalur ini siswa akan mengikuti berbagai macam tes tulis, seperti uji kemampuan saintek dan soshum. 

Sekarang ini, sudah ada jalur masuk melalui tes yang diadakan oleh perguruan tinggi se Indonesia. Jadi sistem tesnya seperti SBMPTN gitu sobat. Pada jalur masuk ini yang biasa mengadakan adalah Poltek dan Poltekkes se-Indonesia.

3. Jalur masuk beasiswa

Ternyata ada juga lho perguruan tinggi yang melakukan seleksi melalui jalur beasiswa. Jalur ini biasanya dikhususkan kepada siswa yang kurang mampu atau siswa yang memiliki prestasi tertentu. Jadi, buat kamu yang punya kesempatan tersebut, boleh banget tuh coba jalur ini. 

Jadi gitu guys bedanya jalur masuk program sarjana dan vokasi. Untuk lebih informasi lebih lanjut seputar pendaftaran kamu bisa tuh cari infonya di maukuliah.id. Nantinya kamu bakal menemukan kemudahan dalam informasi detail seputar perkuliahan. Tetap semangat ya! 

Tags tidak ada

Komentar Anda