Dunia Mahasiswa

Kehidupan Mahasiswa Sekolah Kedinasan, Kayak Apa sih?

41   |   Posted by Seprila Mayang   |   11 February 2021

Mungkin banyak yang belum paham, jika sekolah kedinasan mungkin sedikit berbeda dengan perguruan tinggi seperti biasanya. Menjadi mahasiswa kedinasan tentunya kita gak bisa semena-mena dong. Pastinya ada syarat dan ketentuan khusus yang harus dipenuhi selama menjadi mahasiswa.

Nah, kali ini salah satu sobat kita ada yang mau berbagi cerita saat masuk menjadi mahasiswa kedinasan. Kenalan dulu yuk sama kakak yang satu ini. Namanya Mohammad Arif Shalahuddin, salah satu mahasiswa DIII Kepabeanan dan Cukai PKN STAN angkatan 2019. Cowok yang biasa disapa Arif ini akan berbagi kisah nih seputar kebiasaan mahasiswa PKN STAN. Wah penasaran gak sih? Yuk ikuti kisahnya.

Cerita kebiasaan mahasiswa Kepabeanan dan Cukai

Gak afdol rasanya jika masuk ke dunia baru tanpa ada cerita epic dan menarik. Seperti halnya masuk ke sekolah kedinasan ini guys. Tentu saja banyak sekali hal yang harus dihadapi oleh mahasiswanya.

Arif mengungkapkan, selama menjadi mahasiswa baru di jurusan Kepabeanan dan Cukai memang sedikit berbeda dengan ketiga program studi di PKN STAN. Mahasiswa di jurusan ini harus mengikuti ospek selama satu semester penuh. Gak cuma itu saja lho, mereka harus benar-benar patuh dengan kegiatan semi-militer ini.

“Awal masuk jadi maba itu saya harus ikut ospek selama satu semester. Seluruh maba harus memiliki rambut yang cepak dan mengikuti kegiatan semi-militer seperti para taruna militer pada umumnya. Sementara jurusan yang lain tidak harus melakukan kegiatan seperti ini,” pungkasnya.

Kegiatan semi-militer itu dilakukan untuk membentuk mental dan jiwa yang tanggung untuk para mahasiswanya guys. Dengan mengikuti kegiatan ini, pasti mereka akan terbiasa tuh saat bertugas menjadi bagian dari Bea dan Cukai Republik Indonesia. Duh keren banget gak sih!

Menurut Arif, mahasiswa di program studi ini juga harus menyiapkan mental dan fisik. Di pagi dan sore hari, mahasiswa harus sudah siap mengikuti kegiatan fisik. Sementara pada siang hari mereka harus siap belajar di kelas. Jadi, mahasiswa kepabeanan dan cukai ini wajib hukumnya untuk bisa mengatur waktu dengan efisien.

“Pagi sama sore kita itu wajib untuk mengikuti kegiatan fisik. Nah siang harinya kita harus melanjutkan kuliah seperti mahasiswa lainnya. Jadi ya benar-benar harus nyiapin mental, fisik, dan harus punya time management yang bagus,” tambahnya.

Arif juga mengatakan, jika masuk di PKN STAN itu banyak sekali mahasiswa yang sangat fokus dengan indeks prestasi (IP). Ternyata hal ini juga  menjadi tantangan tersendiri buat dirinya.

“Aturan di PKN STAN itu yang sedikit berbeda dengan sekolah kedinasan lain. Di PKN STAN, penempatan ketikan lulus nanti didasari dengan nilai IP yang di dapat. Jadi disini kami berlomba-lomba untuk mendapatkan nilai yang memuaskan,” tuturnya.

Baca juga : 5 Keuntungan Sekolah Kedinasan yang Wajib Kamu Tau

Kebiasaan kuliah di sekolah kedinasan

Kuliah di sekolah kedinasan memiliki kurikulum yang berbeda dengan perguruan tinggi pada umumnya. Mahasiswa di sekolah kedinasan tidak perlu melakukan sistem KRS. Mereka langsung mendapatkan paketan berisi mata kuliah yang akan diampu selama satu semester.

Gak hanya itu saja lho. Mahasiswa kedinasan juga masih bisa mengikuti kegiatan ekstrakulikuler seperti mahasiswa pada umumnya. Di PKN STAN sendiri juga ada organisasi mahasiswa yang mewadahi minat dan bakat mahasiswanya. Jadi gak usah khawatir gak bisa berkarya ya. Tetap bisa eksis kok meskipun sekolah di kedinasan hihi.

Oh iya, mahasiswa kedinasan juga sering banget mengikuti kegiatan perlombaan antar mahasiswa PTK di Indonesia. Nah, disini mereka juga bisa belajar dan bertukar pikiran dengan mahasiswa dari PTK lain guys. Menyenangkan sekali kan.

Namun, menurut penuturan Arif, ketika ujian mahasiswa di PKN STAN ini harus benar-benar belajar semaksimal mungkin. Gimana nggak? Di setiap sudut kampus ini kamu bakal menemui mahasiswa yang sedang belajar dan diskusi buat persiapan ujian. Persiapan ini biasa dilakukan selama dua minggu sebelum dan selama ujian berlangsung. Wah keren banget ya semangatnya!

Baca juga: Mau Lolos Sekolah Kedinasan, Ini Tips dari Mahasiswa STAN yang Berhasil

Nah itu tadi guys cerita kebiasaan yang biasa dilakukan mahasiswa sekolah kedinasan selama kuliah. Asik banget gak sih? Jadi kita gak cuma dapat materi perkuliahan doang nih, tapi juga dilatih mental dan fisik agar siap menghadapi rintangan di dunia kerja. Waw keren!

Buat sobat maukuliah yang pengen kaya Arif nih bisa banget buat menyiapkan mulai sekarang. Yakin aja deh kalau hasil tidak akan mengkhianati usaha. Pasti berhasil deh suatu saat nanti. Yang penting jangan takut mencoba ya.

Tapi kalau sobat masih bingung nentuin pilihan jurusan, langsung aja yuk kepoin website maukuliah.id. Segudang pertanyaan seputar masuk perguruan tinggi bakal kamu temui di sana.

Tags tidak ada

Komentar Anda