1. Home
  2. /
  3. Info Jurusan
  4. /
  5. Kelebihan Jurusan Aktuaria dan Prospek Kerjanya
Info Jurusan

Kelebihan Jurusan Aktuaria dan Prospek Kerjanya

jurusan aktuaria
1887   |   Posted by Fadhol   |   29 June 2020

Kamu tahu gak kalau Aktuaria adalah jurusan atau program studi yang sudah lama eksis di luar negeri. Tapi gak tahu di Indonesia kenapa tiga tahun terakhir belum begitu diminati. Bagi kamu yang menginginkan melanjutkan studi di jurusan ini, ternyata punya prospek kerja dan kelebihan tersendiri lho.

Jurusan yang merupakan bagian dari ilmu matematika ini, merupakan salah satu jurusan yang mempelajari tentang pengelolaan resiko keuangan di suatu instansi atau perusahaan. Nah, kalau kamu mau tahu mengenai kelebihan jurusan ini. Yuk simak ulasan berikut.

Mata kuliah yang dipelajari di aktuaria

Sebelum membahas lebih detail mengenai jurusan ini, kamu wajib banget mengetahui mata kuliah yang diampu selama masa perkuliahan. Nah, mata kuliah tersebut antara lain.

  1. Komputerisasi dan pemrograman aktuaria
  2. Dasar-dasar kalkulus
  3. Demografi dan penyajian tabel mortalita
  4. Hukum asuransi
  5. Manajemen klaim
  6. Matematika asuransi jiwa
  7. Matematika dana pension
  8. Matematika keuangan
  9. Operasional asuransi jiwa dan kesehatan
  10. Praktik dan simulasi aktuaria
  11. Probabilitas statistika
  12. SDM dalam industri dan asuransi

Ke duabelas mata kuliah tersebut pasti akan kamu temukan jika kamu berkuliah pada jurusan aktuaria ini. kebanyakan dari mata kuliah tersebut lebih berhubungan dengan matematika.

Baca juga: Kelebihan Jurusan Akuntansi dan Prospek Kerjanya

Kelebihan Jurusan Aktuaria

1. Jurusan yang langka tapi banyak dicari di Indonesia

Karena jurusan ini sangat langka di Indonesia, jurusan ini memang benar-benar dicari di Indonesia. Kebutuhan tenaga ahlinya memang sangat dibutuhkan di dunia industri dan bidang keuangan. Sayangnya, jurusan yang satu ini tidak banyak tersedia di perguruan tinggi di Indonesia.

Di Indonesia sendiri hanya ada empat perguruan tinggi yang menyediakan jurusan ini. Perguruan tinggi tersebut antara lain Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Padjajaran, dan Institut Teknologi Sepuluh November. Jadi, buat kamu yang ingin masuk jurusan ini, bisa banget tuh pantengin informasi di ke-empat perguruan tinggi tersebut.

2. Pelajaran yang dipelajari sangat luas

Ketika kamu masuk di jurusan ini, kamu tidak hanya mempelajari pelajaran matematika saja. Disini kamu juga akan mempelajari pelajaran mengenai akuntansi, statistika, asuransi dan berbagai macam sistem pemrograman komputer.

Jadi ketika mempelajari ini kamu akan disuguhkan dengan segala hal mengenai bidang administrasi asuransi dan keahlian profesi perencanaan keuangan personal. Sangat menarik untuk dipelajari kan?

3. Menjadikan dirimu seseorang yang visioner

Menjadi seorang aktuaris, kamu harus terbiasa dengan merencanakan suatu hal dengan melihat secara luas dan visioner. Bagaimana tidak, jika kamu memasuki jurusan ini kamu akan dihadapkan dengan berbagai macam perencanaan keuangan dan segala risiko keuangan perusahaan di masa yang akan datang.

Jadi, ketika kamu menjadi seorang mahasiswa aktuaria kamu akan menjadi pribadi yang lebih berpikir maju dan visioner.

4. Membentuk karakter yang bersikap rasional dan observant

Tidak hanya menjadi seseorang yang visioner saja, saat kamu menjadi mahasiswa di jurusan ini kamu akan menjadi seseorang yang bersikap rasional dan observant. Dengan menghadapi berbagai macam risiko keuangan dan risiko yang ada di perusahaan ini, kamu harus terlatih untuk bersikap yang rasional dan observant.

Baca juga: Kelebihan Jurusan Ilmu Komunikasi dan Prospek Kerjanya

Peluang Karir di Jurusan Aktuaria

Bisa dibilang bahwa mengambil jurusan ini bisa membawa peluang kerja menjanjikan. Banyaknya kebutuhan tenaga sebagai seorang aktuaris, membuat peluang kerja di jurusan ini sangat banyak dicari. Hampir setiap perusahaan pasti membutuhkan tenaga aktuaris untuk memprediksi peluang serta menganalisis risiko dan dampak di masa yang akan datang. Untuk beberapa peluang karinya sebagai berikut:

  • Aktuaris
  • Penilai, Pemeriksa, dan Penyelidik Klaim Asuransi
  • Agen Penjualan Asuransi
  • Pemeriksa Klaim, Asuransi Properti
  • Penaksir Asuransi untuk Kerusakan Kendaraan
  • Surveyor Risiko Asuransi

Karena pekerjaan ini masih sangat langka dan sangat dibutuhkan, maka gaji yang ditawarkan juga sangat menggiurkan. Setiap bulannya kamu bisa mengantongi gaji hingga puluhan juta dalam waktu sebulan.

Jika kamu menginginkan untuk masuk di jurusan ini, ulasan di atas bisa kamu jadikan acuan buat kamu untuk mendalami jurusan itu lebih dalam. Selain itu, dengan mengetahui kelebihan-kelebihan tersebut, kamu akan lebih siap bila menjadi seorang aktuaris masa depan. Selamat berjuang ya, guys!

Untuk teman-teman yang belum nemu kampus yang cocok bisa nih bandingkan beberapa kampus impian kamu dan temukan jurusan yang cocok dengan kamu di: maukuliah.id

Tags tidak ada

Komentar Anda