1. Home
  2. /
  3. Info Jurusan
  4. /
  5. Kelebihan Jurusan Akuntansi dan Prospek Kerjanya
Featured | Info Jurusan

Kelebihan Jurusan Akuntansi dan Prospek Kerjanya

jurusan akuntansi
3723   |   Posted by M. Fadholi   |   25 June 2020

Memiliki kegemaran dalam pelajaran matematika dan ekonomi, mungkin bisa menjadikan jurusan Akuntansi sebagai pilihan saat kamu kuliah. Jurusan yang favorit ini ternyata punya daya pikat tersendiri bagi masyarakat Indonesia.

Kebanyakan alumni dari jurusan ini dinilai mampu memiliki masa depan yang cukup cerah. Hal ini dikarenakan kebutuhan lulusan akuntansi memang sangat dibutuhkan di Indonesia. Maka dari itu, banyak orang menjadikan jurusan ini sebagai jurusan dambaan.  Mau tahu lebih lanjut mengenai kelebihan dan prospek kerja jurusan ini? Langsung aja yuk kita bahas pada ulasan berikut ini.

Mata kuliah yang dipelajari di jurusan Akuntansi

Sebelum membahas lebih detail mengenai jurusan ini, alangkah lebih baiknya apabila bila kita mengetahui mata kuliah yang akan diampu selama menjalankan studi di jurusan Akuntansi. Jadi kamu akan lebih mantap bila memilih jurusan Akuntansi sebagai jurusan masa depanmu. Berikut ini adalah mata kuliah yang biasanya akan diampu selama semester 1 sampai semester 8.

  1. Akuntansi Keuangan
  2. Matematika Bisnis
  3. Pengantar Manajemen
  4. Statistika Bisnis
  5. Teori Akuntansi
  6. Manajemen Keuangan
  7. Hukum Bisnis
  8. Perpajakan
  9. Penganggaran perusahaan
  10. Pengantar Kewirausahaan

Kelebihan Jurusan Akuntansi

Bukan suatu rahasia bila jurusan Akuntansi selalu diburu setiap tahunnya. Namun kebanyakan orang masih menilai hanya dari kelebihan prospek kerjanya saja. Nah, biar kamu makin mantap memilih jurusan ini, berikut adalah kelebihan dari jurusan Akuntansi.

  1. Peluang kerjanya sangat menjanjikan
  2. Menjadikan kamu seseorang yang sangat teliti
  3. Membentuk dirimu lebih cekatan dan tanggap
  4. Menambah kemampuanmu mengolah keuangan dengan baik
  5. Mengajarkan kamu sikap yang tanggung jawab
  6. Sangat pas buat kamu yang ingin memiliki bisnis
  7. Membentuk pribadi yang kreatif, cepat dan cerdas

Kelebihan tersebut bisa kamu jadikan informasi bila memasuki jurusan akuntansi tersebut. Dengan kata lain, kamu akan lebih mantap bila memasuki jurusan ini.

Baca juga: Kelebihan Jurusan Psikologi dan Prospek Kerjanya

Prospek Kerja Jurusan Akuntansi

Bukan hanya menjadi akuntan, tapi banyak sekali lapangan kerja yang membutuhkan jurusan ini. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah macam-macam pekerjaan yang bisa diambil saat lulus dari jurusan akuntansi.

1. Akuntan Perusahaan

Setiap perusahaan tentunya membutuhkan ahli akuntan saat pembuatan proses laporan keuangan. Nah, disinilah kiprah para lulusan akuntansi sangat dibutuhkan. Biasanya kamu akan mengemban tugas sebagai akuntan public, asisten akuntan, dan akuntan manajer.

2. Internal Auditor

Untuk memastikan seluruh laporan keuangan dengan tepat dan benar, kiprah seorang internal auditor sangatlah penting dalam urusan ini. tugas seorang auditor memang sangat krusial. Sehingga kamu disini akan dituntut menjadi seorang yang sangat professional dalam pemeriksaan keuangan.

3. Perencana keuangan

Financial planner adalah seorang tenaga kerja di bidang keuangan yang bertugas untuk mengatur perencanaan keuangan. Nah disini kamu harus terlebih dahulu mengambil Certified Financial Planner (CFP). Berhubungan kebutuhan perencanaan keuangan sangat dibutuhkan di era sekarang ini, maka profesi ini sangat dibutuhkan.

Baca juga: Kelebihan Jurusan Ilmu Komunikasi dan Prospek Kerjanya

4. Penganalisa Keuangan

Tugas dari penganalisa keuangan adalah menganalisa untuk mempertimbangkan suatu kebijakan atau keputusan atas suatu kebijakan. Seorang yang ingin menjadi penganalisa keuangan, kamu harus mengambil sertifikat khusus Chartered Financial Analyst (CFA).  Namun, kamu harus terlebih dahulu memiliki pengalaman kerja 4 tahun di bidang keuangan.

5. Pegawai Lembaga keuangan pemerintah

Tidak hanya dibutuhkan di bidang perusahaan, jurusan akuntansi ini juga sangat dibutuhkan di lembaga keuangan pemerintahan. Seperti di Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan. Selain itu, jurusan akuntansi juga terbuka lebar di berbagai posisi sebagai Pegawai Negeri Sipil.

6. Wirausahawan

Berkecimpung di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, tidak menuntut kemungkinan bahwa seorang lulusan Akuntansi akan menjadi seorang wirausahawan. Beberapa mata kuliah kewirausahaan yang sudah diambil, akan membuat mereka lebih mantap saat menjalankan bisnisnya.

Jadi, itulah kelebihan dan prospek kerja apabila kamu memilih jurusan Akuntansi. Tapi tidak menutup kemungkinan, apabila kamu juga akan berprofesi lain saat bekerja nanti. Apapun itu, yang terpenting sekarang kamu harus menyiapkan dirimu untuk meraih yang terbaik. Selamat berjuang ya!

Untuk teman-teman yang belum nemu kampus yang cocok bisa nih bandingkan beberapa kampus impian kamu dan temukan jurusan yang cocok dengan kamu di: maukuliah.id

Tags tidak ada

Komentar Anda