1. Home
  2. /
  3. Info Jurusan
  4. /
  5. Kelebihan Jurusan Ilmu Komunikasi dan Prospek Kerjanya
Featured | Info Jurusan

Kelebihan Jurusan Ilmu Komunikasi dan Prospek Kerjanya

ilmu komunikasi
3087   |   Posted by Fadhol   |   29 May 2020

Buat kamu yang mau kuliah atau ingin melanjutkan pendidikan. Nah mungkin jurusan Ilmu Komunikasi dapat kamu pertimbangkan. Memang masa seperti kalian itu adalah saat paling bikin galau. kenapa ngga? Karena darisanalah kamu harus memutuskan harus kemana langkah selanjutnya.

Untuk itu, teruntukmu yang masih galau. Tidak ada salahnya untuk mengetahui seperti apa sih jurusan Ilmu Komunikasi itu, dimulai dari prodi yang dimiliki, kelebihan, hingga prospek kerjanya. Buat kamu yang ingin tahu lebih jauh mengenai ilmu public speaking? bisa banget kesini.

Apa Itu Jurusan Ilmu Komunikasi?

Jurusan Ilmu Komunikasi tentu saja bidang ilmu yang berfokus pada bagaimana cara manusia berkomunikasi baik secara verbal maupun non-verbal. Juga mendalami bagaimana cara kita menyampaikan pesan agar dapat diterima dan dipahami oleh penerima pesan (receiver).

Dimana seluruh teori terkait komunikasi tersebut dirangkum dalam satu disiplin ilmu yang nantinya akan diterapkan pada berbagai bidang.

Jurusan Ilmu Komunikasi pun tentu berfokus pada strategi pemanfaatan teknologi komunikasi agar dapat digunakan secara maksimal. Apalagi di era sekarang memang penting sekalli tuh yang namanya strategi komunikasi yang melibatkan media masa kini.

Baca juga: Panduan Cara Sukses Daftar Kuliah di Universitas

Jadi akan dipelajari pula perkembangan teknologi media terkini seperti internet, media sosial, media massa, dll. Bisa dibilang fokus Ilmu Komunikasi ini akan selalu berubah-ubah karena aspek yang dipelajarinya saja, yaitu komunikasi akan selalu berubah tiada ujungnya.

Apa Kelebihan Memilih Jurusan Ilmu komunikasi?

Tentu saja jurusan ini bisa dibilang tujuan anak-anak hits. Karena dari mata kuliahnya saja lebih berfokus membahas isu-isu terkini dan bahkan tak jarang menyenangkan.

Tentu saja pembelajaran ini tidak asal-asalan juga, tetap melibatkan pula terapan ilmu seperti melibatkan sudut pandang Guy Debord, seorang teoritis aliran marxisme dari Perancis dimana pernah memberikan gagasan filosofis The Society of The Spectacle.

Sedangkan untuk praktikumnya sendiri tidak kalah seru loh. Kamu bakal belajar seputar bagaimana caranya memproduksi cara televisi, manajemen media, radio, media cetak, tim kreatif, dan masih banyak lagi.

Baca juga: 5 Tips Ampuh Lolos Perguruan Tinggi Negeri Favorit

Prospek kerja Ilmu Komunikasi

Coba kalian lirik media sosial, perhatikan betapa banyak akun perusahaan dimana semuanya berlomba-lomba supaya bisa memberikan feed semenarik mungkin, misalnya saja Instagram.

Atau sadarkah kalian sudah banyak sekali startup atau industri kreatif yang didirikan baru-baru ini. Nah bidang-bidang yang sedang trend ini sangat berkaitan erat dengan Ilmu Komunikasi.

Bahkan bila melihat list lowongan kerja pun banyak loh yang butuh dari jurusan ini. Berikut adalah list prospek kerja yang berkaitan dengan Ilmu Komunikasi :

  • content creator
  • social media analyst
  • strategic planner
  • business development (Ilkom pun ada yang belajar seputar bisnis, tergantung kampusnya)
  • Konsultan
  • Penyiar radio atau podcast
  • Presenter
  • Jurnalis
  • Event organizer
  • Master od Ceremony (MC)
  • Semua ilmu yang ada di dunia ini pasti melibatkan komunikasi

Bisa dibilang jurusan Ilmu Komunikasi sangat relatable pada ilmu pengetahuan yang lain, seperti misalnya Psikolog pun turut meneliti komunikasi yang dipandang sebagai pola perilaku yang dipengaruhi oleh proses psikologi yang berbeda.

Atau bisa saja ilmu politik dan pemerintahan yang mengulas mengenai analisis jaringan korupsi seperti bagaimana suatu lembaga eksekutif berkomunikasi dengan lembaga legislatif dalam melanjutkan aksi bejatnya.

Bahkan komunikasi merupakan elemen utama yang menyusun kehidupan manusia. Penting banget kan?

Kamu bakal lebih percaya diri Ketika berbicara di depan umum. Walaupun soal percaya diri tidaknya itu kembali lagi ke kepribadian dan kemauan masing-masing. Hanya saja ketika kamu berkuliah di jurusan ini, berbicara didepan umum, retorikal, impromptu menjadi makanan sehari-hari.

Bisa dibilang jurusan ini mungkin cocok untuk kamu yang ingin keluar zona nyaman supaya bisa belajar untuk lebih percaya diri dalam menyampaikan pendapat.

Itulah ulasan tentung  jurusan Ilmu Komunikasi. Untuk teman-teman yang belum nemu kampus yang cocok bisa nih bandingkan beberapa kampus impian kamu dan temukan jurusan yang cocok dengan kamu di: maukuliah.id

Sumber artikel edura.id

Tags tidak ada

Komentar Anda