1. Home
  2. /
  3. Info Kampus
  4. /
  5. Keuntungan Mengikuti Organisasi Bagi Mahasiswa, Auto Cepet Dapat...
Info Kampus

Keuntungan Mengikuti Organisasi Bagi Mahasiswa, Auto Cepet Dapat Kerja!

organisasi kampus
106   |   Posted by Fadhol   |   06 August 2021

Hallo sobat maukuliah, kali ini kita akan membahas detail manfaat organisasi bagi mahasiswa. Gak seperti dunia sekolah, di dunia perkuliahan kamu akan disuguhkan dengan berbagai pilihan, misalnya: kebebasan untuk memilih mata kuliah, kebebasan untuk mengatur keuangan pribadi (bagi mahasiswa yang kos, ya!), dan juga kebebasan untuk ikut berbagai organisasi yang ada di kampus.

Bener banget, di dunia kuliah kamu bisa gabung dengan berbagai macam organisasi-organisasi mahasiswa, misalnya Badan Eksekutif Mahasiswa, Himpunan Mahasiswa, UKM dan lain sebagainya.

Mungkin kamu sekarang masih bingung nih, kira-kira apa sih manfaatnya ikut organisasi di kampus semasa kuliah? Bakal lebih banyak kasih dampak positif atau negatif ya? organisasi bisa bikin nilai jeblok gak ya?

Kalau kamu punya pertanyaan semacam itu, kamu masuk ke artikel yang tepat. Di artikel kali ini kita akan membahas pentingnya ikut organisasi di kampus bagi mahasiswa, baik yang akan kamu rasakan selama masih menjadi mahasiswa atau nanti ketika kamu sudah lulus. Penasaran? Yuk langsung kita cek!

Baca juga : 5 Tips Agar Tidak Salah Pilih Jurusan

7 Manfaat Organisasi Bagi Mahasiswa

  1. Menambah relasi
  2. Belajar memahami orang lain
  3. Melatih jiwa kepemimpinan
  4. Meningkatkan kemampuan komunikasi
  5. Mempercantik CVmu untuk beasiswa maupun kerja
  6. Belajar manajemen waktu
  7. Ajang berlatih sebelum terjun ke dunia kerja

1. Menambah Relasi

Menambah relasi adalah hal penting pertama yang bisa kamu dapatkan ketika mengikuti organisasi di kampus. Dengan bergabung dengan suatu organisasi, kamu akan bertemu dengan orang-orang baru yang belum pernah kamu kenal sebelumnya. Hal ini ternyata akan bermanfaat banget, loh! Sebagai contoh, kamu bisa berkenalan dengan kakak tingkat yang mungkin bisa kamu mintai bantuan apabila ada kesulitan seputar dunia perkuliahan. 

Selain itu, relasi juga sangat penting bagi kamu setelah melewati masa kuliah. Yes, bener banget. Relasi-relasimu itulah yang akan jadi ‘orang dalam’ saat kamu mencari pekerjaan, bisnis, dan lain sebagainya. Jadi semasa kuliah, jangan ragu untuk cari relasi sebanyak-banyaknya ya, gengs!

2. Belajar Memahami Orang Lain

Dalam suatu organisasi, kamu akan bertemu dengan banyak orang dengan berbagai kebiasaan, latar belakang, pola pikir. Kamu mulai akan menyadari bahwa setiap orang benar-benar gak sama antara satu dan lainnya. Oleh karena itu, kamu akan belajar untuk memahami karakter tiap-tiap orang yang ada di organisasi tersebut, kamu juga akan belajar bagaimana seharusnya kamu berkomunikasi dengan si A,B, dan C. 

Hal tersebut tentu harus kamu lakukan agar relasimu dengan anggota organisasi yang lain bisa terjaga. Nah ternyata, kemampuan memahami orang lain ini juga akan bermanfaat banget untuk kehidupanmu sehari-hari, loh. Terlebih lagi saat kamu sudah masuk ke dunia profesional, seperti bisnis dan pekerjaan misalnya.

3. Melatih Jiwa Kepemimpinan

Manfaat organisasi bagi mahasiswa yang berikutnya adalah bisa melatih jiwa kepemimpinan kamu lho. Dalam sebuah organisasi, biasanya kamu akan menemui struktur organisasi yang dipimpin oleh ketua atau leader. Tetapi dalam sebuah organisasi kemampuan memimpin harus ada dalam setiap anggota organisasi baik sekretaris, bendahara, maupun divisi-divisi lainnya.

Seperti hubungan masyarakat, evaluasi dan pengembangan juga melatih jiwa kepemimpinan dari masing-masing mahasiswa yang mengikuti organisasi. Dan dalam organisasi banyak mengadakan pelatihan terkait leadership, agar semua divisi bisa bertanggung jawab terhadap pekerjaannya.

Baca juga : Tips Agar Bisa Sukses Walau Kuliah di PTS

4. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi

Rapat adalah makanan sehari-hari bagi anak organisasi. Jika kamu bergabung dalam suatu organisasi, kamu juga akan sering mengikuti berbagai rapat. Dalam rapat, kamu akan diminta untuk berdiskusi mengenai suatu hal, memberi pendapat dan kritik, dan mempresentasikan ide gagasanmu tentang sesuatu. 

Hal-hal tersebut tentu akan meningkatkan kemampuan komunikasimu. Sekedar informasi, komunikasi adalah soft skill yang wajib kamu miliki untuk bisa bersaing dengan yang lain, loh.

5. Mempercantik CVmu Untuk Beasiswa maupun Kerja

Kamu tahu gak bahwa faktanya ada lebih dari 1 juta mahasiswa lulus setiap tahunnya (Kemendikbud, 2019). 1 juta orang lebih itulah yang akan menjadi pesaingmu nantinya di dunia kerja dan perebutan beasiswa S2. Oleh karena itu, agar bisa bersaing kamu perlu untuk tampil stand-out dari pesaing-pesaingmu. 

6. Belajar Manajemen Waktu

Pernah gak sih kalian lihat temen kalian yang produktif abis. Prestasi oke, sering ikut lomba juga, ikut berbagai organisasi pula. Keren gak menurutmu?

Dengan berorganisasi, kamu akan belajar untuk mengatur waktu, memilah-milah antara kegiatan prioritas dan non-prioritas, kegiatan apa yang harus kamu dahulukan dan lain sebagainya. Dengan berorganisasi kamu akan terpacu untuk melakukan hal-hal yang produktif dan mengurangi kegiatan yang kurang produktif.

Kabar baiknya, kemampuanmu membagi waktu ini gak hanya akan memberi dampak baik saat kamu kuliah saja, tapi juga akan bermanfaat untuk kehidupan sehari-harimu hingga jauh di masa mendatang.

Baca juga : 6 Pelajaran dari Perjuangan Jerome Polin Dapatkan Beasiswa

7. Ajang Berlatih sebelum Terjun Ke Dunia Kerja

Kamu bisa memanfaatkan organisasi di kampus sebagai ajang latihanmu sebelum benar-benar terjun ke dunia kerja. Kenapa kok bisa begitu? Saat berorganisasi di kampus, apabila kamu melakukan suatu kesalahan, kamu gak akan mendapatkan hukuman yang berarti. Mungkin kamu hanya diminta untuk mengulangi dan memperbaiki pekerjaanmu.

 Sekarang bayangkan ketika kamu sudah memasuki dunia kerja, ketika kamu melakukan kesalahan bukan gak mungkin kamu akan mendapatkan teguran, pemotongan gaji, hingga surat peringatan. Jadi, ikut organisasi di kampus itu penting banget, ya gak?

Salah satu cara yang bisa buat kamu lebih unggul dibandingkan para pesaingmu adalah dengan cara aktif di organisasi kampus. Penyeleksi beasiswa maupun penyeleksi kerja akan merasa bahwa kamu memiliki kemampuan komunikasi yang baik, bisa memahami orang lain, dapat bekerja secara tim dan lain sebagainya. Nilai-nilai inilah yang bisa membuat kamu tampil lebih baik dibandingkan para pesaing-pesaingmu.

Tapi perlu dicatat ya, jangan sampai organisasi mengganggu konsentrasimu di bidang lain, misalnya membuat nilaimu jadi menurun. Jika terjadi hal yang demikian, kamu harus bangetuntuk melakukan evaluasi, kira-kira apa yang harus kamu perbaiki agar bisa mendapatkan hasil yang positif, baik di bidang akademik maupun non akademik. Kamu harus berorganisasi secara cerdas dan seimbang, ya gengs!

Nah untuk kamu yang saat ini punya impian untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi, jangan ragu untuk cek maukuliah.id ya. Karena di maukuliah.id kamu bisa mendapatkan informasi mengenai perguruan tinggi, beasiswa, tips, dan pembahasan menarik seputar dunia perkuliahan. Semangat!

Tags tidak ada

Komentar Anda