1. Home
  2. /
  3. Info Mahasiswa
  4. /
  5. Kuliah Secara Daring Tak Menghalangi Beraktivitas dan Berorganisasi ...
Dunia Mahasiswa | Info Mahasiswa

Kuliah Secara Daring Tak Menghalangi Beraktivitas dan Berorganisasi  (Cerita Mahasiswa UI)

77   |   Posted by Seprila Mayang   |   17 March 2021

Sampai detik ini, kegiatan belajar mengajar di seluruh perguruan tinggi masih melalui via daring. Ini dikarenakan situasi pandemi di Indonesia tak kunjung mereda. Maka dari itu, tak satupun kegiatan dilakukan di lingkungan kampus. 

Seperti halnya  Anissa Luthfita Yuliana Dewi, mahasiswa jurusan Kesehatan Masyarakat  Universitas Indonesia angkatan 2020 ini mengaku masih melakukan seluruh kegiatan belajar mengajar secara online. Sejak dimulainya perkuliahan pada tahun 2020 lalu, Anissa mengaku masih terus mengikuti kegiatan perkuliahan secara daring di rumahnya. 

Sejak awal dirinya ditetapkan menjadi mahasiswa di Universitas Indonesia, seluruh prosedur pelaksanaan mahasiswa baru dilakukan secara online, mulai dari pendaftaran, ospek, hingga kegiatan perkuliahan. Yah, meskipun dilakukan secara online pihak kampus tetap melaksanakan seluruh kegiatan akademik dan kemahasiswaan seperti biasanya. 

Pembelajaran secara daring tak menghalangi beraktivitas

Banyak yang bilang, jika kegiatan belajar mengajar secara dari sulit untuk dilakukan. Namun, jika setiap mahasiswa memiliki semangat yang tinggi pasti akan bisa melakukannya dengan baik. 

Nah, salah satunya Anissa ini. Ia mengungkapkan jika dirinya sudah satu tahun belakangan ini menikmati seluruh proses kegiatan belajar mengajar secara daring. Meskipun daring, Anissa ternyata masih mengikuti kegiatan organisasi juga lho. Wah keren ya! Jadi Anissa masih tetap bisa belajar dan mengikuti kegiatan organisasi seperti mahasiswa pada umumnya.

“Selama menjadi mahasiswa ini saya mengikuti kegiatan belajar mengajar dan organisasi di rumah. Jadi saya belum pernah melakukannya melalui tatap muka. Tapi selama ini saya sangat menikmati prosesnya,” tuturnya. 

Menurut pengakuan gadis asal Surabaya ini, Ia juga menjadi salah satu anggota BEM di kampusnya. Menariknya lagi, Anissa juga menjadi anggota di salah satu organisasi mahasiswa UI yang berasal dari Surabaya. Terbukti, meskipun di tengah kegiatan online Anissa masih bisa mengasah skill yang dimiliki dengan baik. 

Tetap membagi waktu meski dilakukan secara online

Anissa berpesan kepada teman-teman, meskipun kegiatan dilakukan secara online, namun harus tetap bisa mengatur waktu dengan baik. Anissa harus bisa menjadwalkan kegiatan belajar, kuliah, hingga organisasi secara seimbang. Dengan demikian, mahasiswa akan tetap mendapatkan nilai yang baik dan softskill yang meningkat. 

Tags tidak ada

Komentar Anda