1. Home
  2. /
  3. Tips & Trik
  4. /
  5. Maba Wajib Tahu! 10 Hal yang Dibutuhkan Mahasiswa...
Info Kampus | Info Mahasiswa | Tips & Trik

Maba Wajib Tahu! 10 Hal yang Dibutuhkan Mahasiswa di Awal Kuliah

7   |   Posted by Seprila Mayang   |   04 August 2021

SEVIMA.COM – Hi semuanya, gak kerasa ya sekarang udah mau masuk tahun ajaran baru. Nah, seusai kamu senam jantung dan merayakan kemenangan masuk ke perguruan tinggi sekarang lah saatnya untuk menyiapkan hal-hal penting untuk dunia perkuliahan. 

Eits, jangan kaget ya, kalau dunia perkuliahan memang sedikit berbeda dengan sekolah menengah. Dunia perkuliahan bisa dibilang lebih fleksibel dibanding dengan dunia sekolah menengah. 

Meskipun lebih fleksibel, namun kamu harus tetap though untuk bisa menjalaninya. Dunia perkuliahan akan lebih dekat dengan proses belajar yang serba mandiri. Jadi beda banget dengan dunia SMA yang masih dibantu oleh para guru. 

Di sini kamu lebih dituntut untuk lebih mandiri dan tentunya bisa menyiapkan segala sesuatu tanpa petunjuk detail seperti saat sekolah dulu. Namun, jangan worry dulu ya. Semua bisa diatasi dengan baik apabila kamu bisa menjalaninya dengan baik. 

Baca juga: Maba Wajib Tahu! 26 Istilah di Dunia Kampus Biar Gak Kelihatan Cupu

Berikut adalah 10 hal yang harus kamu siapkan sebelum kamu jadi mahasiswa baru. 

1. Menyiapkan gadget penunjang perkuliahan

Di musim pandemi ini hal utama yang harus kamu siapkan adalah gadget. Gadget menjadi kunci utama agar kamu bisa berkuliah secara online. Kamu harus bisa memastikan bahwa gadget tersebut bisa membantu kamu untuk menyelesaikan seluruh tugas yang ada pada saat kamu kuliah. 

2. Memiliki buku referensi perkuliahan

Selain gadget, kamu juga wajib untuk memiliki buku referensi perkuliahan. Buku-buku tersebut biasanya tak hanya berbentuk hardbook tapi juga ada yang berbentuk e-book. Jadi kamu bisa menyesuaikan sesuai kebutuhanmu. 

Yang paling penting sih kamu harus benar-benar rajin untuk mencari berbagai referensi perkuliahan tersebut. Kalau kamu menyiapkannya dengan baik, yakin deh kamu gak bakal ketinggalan di kelas. 

3. Menyiapkan buku catatan

Yaps, meskipun kelas saat ini dilakukan secara online, namun gak ada salahnya kan kalau kamu menyiapkan buku catatan. Di sini kamu bisa melakukan pencatatan beberapa materi yang kiranya sangat penting. Dengan begitu kamu tak akan ketinggalan hal penting selama berada di dalam perkuliahan. 

4. Menyiapkan alat tulis

Masak sih sekolah tak punya alat tulis? Aduh gak banget dong. Nah, biar kamu lebih semangat dalam belajar, kamu bisa menyiapkan alat tulis yang bakal menemanimu untuk memahami materi perkuliahan yang diberikan. 

5. Siapkan media penyimpanan yang memadai

Kelas online biasanya membutuhkan banyak memori untuk menyimpan materi yang ada. Eits, jangan bingung dulu. Sebelum perkuliahan kamu bisa menyiapkan media penyimpanan yang mumpuni, baik dengan hard disk, flash disk, maupun dengan menggunakan media penyimpanan berbasis cloud. 

6. Siapkan mental dan fisik

Kuliah memang membutuhkan banyak energi. Makanya kamu harus siap mental dan fisik ya. Jangan sampai kamu kecapekan hingga kamu tak sanggup untuk melakukan perkuliahan hanya karena gak menyiapkan dua hal ini dengan baik. 

7. Mampu mengelola keuangan pribadi

Memasuki usia perkuliahan tandanya sudah memasuki usia menuju dewasa. Makanya sangat disarankan agar kamu mampu mengelola keuangan pribadi kamu ya. 

8. Mampu mengatur waktu dengan baik

Nah, belajar di rumah bukan berarti membuat kamu lengah. Kamu harus bisa mengatur waktu dengan baik. Mengatur waktu dengan baik akan memudahkan kamu melakukan banyak hal dalam selama masa perkuliahan. 

9. Mampu bekerjasama dengan teman 

Sudah memasuki dunia perkuliahan bukan berarti kamu harus menyendiri ya. Justru inilah saatnya kamu harus saling berkolaborasi dan bersosialisasi dengan lingkungan sekitarmu. Apalagi dalam mengerjakan tugas, kamu akan dituntut lebih untuk berkolaborasi dengan teman seperjuangan. 

10. Siap untuk bersosialisasi

Tak hanya mampu bekerjasama, namun kamu juga dituntut untuk siap bersosialisasi dengan teman kamu. Dengan bersosialisasi maka kamu akan mendapatkan teman yang banyak dan tentunya networking yang bagus lho. 

Baca juga: 7 Perlengkapan Yang Harus Dimiliki Oleh Mahasiswa Baru

10 hal tersebut bisa banget kamu siapkan seusai kamu menyelesaikan seluruh tanggungan daftar ulang. Ya meskipun terlihat sepele, namun kesepuluh hal tersebut akan membuatmu lebih lancar saat berkuliah. 

Tips seputar perkuliahan semacam ini bisa juga kamu temukan di maukuliah.id lho. Di laman tersebut kamu bisa mendapatkan informasi mulai dari jurusan, skill yang ada di dunia kerja, hingga tips menghadapi dunia perkuliahan. 

Tags tidak ada

Komentar Anda