1. Home
  2. /
  3. Info Mahasiswa
  4. /
  5. Mahasiswa Baru Wajib Tahu, 7 Perbedaan Dunia Perkuliahan...
Info Mahasiswa

Mahasiswa Baru Wajib Tahu, 7 Perbedaan Dunia Perkuliahan dan SMA

7 Perbedaan Dunia Perkuliahan dan SMA yang Akan Kamu Temui
1   |   Posted by Seprila Mayang   |   13 September 2021

Hi Sobat Miku! Bagi mahasiswa baru, hidup di dunia kuliah dan sekolah menengah memang berbeda 180 derajat. Apalagi buat kamu yang kuliah sambil merantau. Semuanya benar-benar sangat beda deh. 

Nah, biar kamu gak mengalami culture shock di dunia perkuliahan. Kita bahas bareng yuk, apa sih perbedaan yang dirasakan di awal perkuliahan? Check it out!

Baca juga: 5 Tips Cerdas Taklukkan Dunia Kampus buat Para Mahasiswa Baru

7 perbedaan dunia perkuliahan dan SMA

1. Tidak menggunakan seragam

Ketika duduk di bangku SMA, pelajar memang diwajibkan memakai seragam sekolah. Namun, berbeda ketika kamu di dunia kuliah. Semua mahasiswa tidak memakai seragam seperti siswa SMA pada umumnya.

Hal ini akan berbeda jika kamu melanjutkan studi di sekolah kedinasan atau politeknik kesehatan. Kedua sekolah tinggi ini biasanya mewajibkan mahasiswa atau taruna memakai seragam sesuai ketentuan. 

2. Tidak ada yang marah jika bolos

Setiap mahasiswa biasanya mendapatkan jatah absen sebanyak 3 kali. Nah, buat mahasiswa yang ingin membolos kuliah bisa mengambil jatah absen tersebut. Berbeda dengan SMA, siswa tidak diperkenankan bolos saat mengikuti kelas. Siswa harus menunjukkan surat izin atau surat sakit saat tidak mengikuti kelas. 

3. Tidak memerlukan buku catatan setiap mata kuliah

Mahasiswa gak perlu membawa catatan terlalu banyak. Biasanya mereka cukup membawa sebuah buku catatan yang bisa digunakan untuk mencatat materi yang ada di perkuliahan. Jadi, mereka gak perlu mencatat di catatan berbeda seperti saat SMA. 

4. Urusan ujian dan nilai jadi tanggung jawab pribadi

Saat kuliah, semua urusan seputar pendidikan dan akademik adalah urusan pribadi. Kamu tidak bisa mengandalkan teman kamu untuk mengingatkan semua tugas dan urusan kamu. Semua hal terkait ujian dan nilai adalah tanggung jawab pribadimu. So, be prepared!

5. Mata kuliah sangat padat

Memang di awal perkuliahan kamu gak akan merasa muak dan sumpek dengan jadwal kuliah dan tugas yang padat merayap. Namun akan berbeda jika kamu sudah mulai memasuki semester tua. Semua kegiatan, tugas, dan ujian siap menantimu. Jadi, tetap semangat ya!

6. Ada kontrak perkuliahan

Berbeda dengan SMA, saat kuliah kamu akan diberi kontrak perkuliahan di awal perkuliahan berlangsung. Di sini kamu bakalan disuguhkan proporsi nilai yang akan digunakan untuk penilaian akhir semester. Biasanya sih tiap dosen punya kewangan yang berbeda ya. 

7. Setiap dosen punya aturan sendiri di setiap kelas

Dosen punya aturan sendiri di setiap kelas. Jelas dong, setiap dosen yang mengajar punya wewenang masing-masing bagaimana menghadapi mahasiswa dan memberi nilai setiap perkuliahan. Apalagi soal kedisiplinan, setiap dosen punya ciri khas yang berbeda. 

Baca juga: 5 Manfaat Edutech Untuk Perkuliahan di Perguruan Tinggi

Jika kamu merasa perkuliahan sangat berbeda dengan SMA itu wajar kok. Apalagi saat kamu baru memasuki dunia kuliah. Namun yang terpenting kamu harus tetap survive selama masuk ke perguruan tinggi. Ikuti seluruh alur dan prosesnya ya. Maka semua akan berjalan dengan sendirinya. 

Mau tahu lebih tentang tips masuk seputar perkuliahan dan perguruan tinggi? Maukuliah.id menyediakan semua informasi yang kamu butuhkan. Check it out!

Tags tidak ada

Komentar Anda