1. Home
  2. /
  3. Info Mahasiswa
  4. /
  5. Mau Kuliah Lintas Jurusan? Perhatikan Syarat Berikut Ini...
Info Kuliah | Info Mahasiswa

Mau Kuliah Lintas Jurusan? Perhatikan Syarat Berikut Ini Saat Ujian Masuk PT

80   |   Posted by Seprila Mayang   |   08 April 2021

Hola sobat Miku! Udah pada tau belum nih kalo di dunia perkuliah kamu bisa ambil lintas jurusan lho. Wait.. wait.. Apa sih lintas jurusan itu? Kita bahas dulu yuk. 

Jadi guys, lintas jurusan itu semisal kamu yang berasal dari jurusan IPA tapi memilih rumpun soshum saat kuliah. Hayo, siapa disini yang pengen lintas jurusan? 

Buat sobat Miku yang ngebet banget lintas jurusan, kamu harus siapkan tenaga ekstra ya. Mengingat saat SMA kamu gak belajar materi yang bakal diujikan, jadi kamu harus belajar lebih giat biar lolos SBMPTN.

Berikut adalah 5 hal yang wajib kamu perhatikan saat memilih lintas jurusan.

1. Perhatikan syarat khusus jurusan yang kamu tuju

Sebelum mendaftar di jurusan tersebut, kamu wajib memperhatikan syarat yang ditentukan oleh jurusan pilihanmu. Pastikan bahwa jurusan tersebut menerima mahasiswa yang berasal dari jurusan lain. 

Biasanya sih beberapa perguruan tinggi membebaskanmu untuk memilih jurusan dari IPA ke rumpun soshum. Namun tak banyak pula jurusan dari rumpun saintek yang menerima mahasiswa dari jurusan IPS. 

Baca juga: Cuma Ada Satu, Ini dia 10 Jurusan Paling Langka di Indonesia

2. Buat jadwal belajar yang rutin

Saat memilih untuk lintas jalur, kamu harus belajar yang rutin ya sobat. Karena banyak sekali materi yang belum kamu dapat selama masa sekolah SMA. Jadi, kamu harus benar-benar disiplin belajar. 

3. Buat circle belajar yang nyaman

Kalau kamu merasa kesulitan belajar lintas jurusan, coba deh cari circle yang sama-sama berjuang dengan kamu. Nah, dengan membuat circle belajar baru ini kamu bakal dengan mudah belajar pelajaran yang belum pernah kamu dapat sebelumnya. 

4. Siap belajar dari nol

Selain itu, kamu juga harus siap belajar dari nol ya guys. Kamu harus menyiapkan belajar materi-materi tersebut jauh-jauh hari sebelum tes. Jadi, kamu bisa lebih siap saat menghadapi tes tersebut. 

Baca juga: Jurusan Favorit dengan Daya Tampung Terbanyak

5. Perbanyak latihan soal

Biar kamu makin siap dan lancar tes, kamu harus lebih banyak belajar latihan soal. Dengan memperbanyak latihan soal tersebut kamu bakal lebih memahami setiap detail bahasan yang ada pada soal-soal yang akan diujikan. Bisa dibilang sih dengan banyak latihan soal kamu bisa mengerti pola soal yang diujikan nanti. 

Jadi gitu guys kalau mau ambil lintas jurusan. Kamu harus siap mempersiapkan segala hal yang terjadi jika memilih untuk lintas jurusan. 

Nah, kalau kepo sama jurusan kuliah dan cara masuknya, kamu bisa langsung kunjungi maukuliah.id.

Tags tidak ada

Komentar Anda