Featured | Info Jurusan

Mau Kuliah Tata Boga? Ini 10 Rekomendasi Universitas buat Kamu

24188   |   Posted by M. Fadholi   |   19 May 2020

Siapa sih yang gak tahu tentang jurusan tata boga? Jurusan ini biasanya dikenal dengan lulusannya yang berprofesi sebagai chef. Maraknya bisnis kuliner dan kesempatan karir di bidang kuliner ternyata membuat jurusan ini sangat diminati oleh banyak kalangan.

Selain belajar tentang boga, kamu juga diajarkan tentang ilmu pastry dan lainnya. Tentunya, setelah lulus pun kamu akan mendapatkan skill yang memang benar-benar terjamin.

Oh ya, bagi kamu yang kepengin masuk jurusan ini tapi masih bingung di perguruan tinggi mana yang akan jadi pilihanmu, yuk simak saja ulasan berikut.

1. Universitas Negeri Jakarta

Perguruan tinggi negeri di Jakarta ini, ternyata juga punya jurusan tata boga yang telah akreditasi A. Setelah lulus, alumninya akan mendapatkan gelar sebagai sarjana pendidikan. Di dalam perkuliahan, mahasiswa akan diajarkan tentang pengetahuan tentang kuliner dan pastry.

Selain itu, kamu juga akan diberikan materi mengenai cake shop. Yang paling menariknya lagi, kamu juga akan mendapatkan pengetahuan seputar pengelolaan katering, restoran dan makanan hotel. Jika kamu tertarik untuk masuk di perguruan tinggi ini, kamu bisa mencari infonya lebih lanjut di http://penmaba.unj.ac.id/.

Baca juga: 10 Universitas Swasta Terbaik di Jakarta dan Jurusan di dalamnya

2. Universitas Negeri Surabaya

Nah, kalau perguruan tinggi ini merupakan salah satu perguruan tinggi yang menyediakan program studi pendidikan di Kota Pahlawan. Pada dasarnya, mata kuliah tata boga yang diampu di perguruan tinggi ini sama saja seperti perguruan tinggi lainnya. Kamu bakal mempelajari lebih dalam tentang dekorsi boga, bakery, pastry dan manajemen usaha boga.

Informasi pendaftaran pada perguruan tinggi ini bisa kamu dapatkan di https://sipenmaru.unesa.ac.id/.

3. Universitas Negeri Malang

Masih di Provinsi Jawa Timur, perguruan tinggi yang satu ini berlokasi di Kota Malang. Sama seperti Unesa dan UNJ, Universitas Negeri Malang juga memiliki latar belakang di dunia pendidikan. Lulusannya pun akan bergelar S.Pd. Namun, disini juga tersedia program D3 nya juga lho.

Oh ya, kalau kamu menjadi  mahasiswa disini, pasti kamu akan belajar mengenai tentang pengelolaan makanan, bisnis kuliner dan tentunya bakery dan pastry. Jika kamu ingin sekali melanjutkan pendidikanmu di kampus ini, kamu bisa kunjungi https://um.ac.id/ untuk mendapatkan info pendaftarannya ya.

4. Universitas Pendidikan Indonesia

Sama seperti perguruan tinggi yang lain, jurusan tata boga di perguruan tinggi ini ternyata peminatnya setiap tahun selalu meningkat. Peluang karier pada jurusan ini memang akhir-akhir ini sangat menjanjikan. Jadi banyak sekali yang menginginkan untuk memasuki jurusan ini.

Baca juga: 10 Daftar Beasiswa Dalam Negeri dan Luar Negeri 2020

Oh iya, di UPI sendiri biasanya hanya tersedia satu kelas besar untuk kelas tata boga. Disini kamu akan diajarkan mengenai jasa boga, pastry, manajemen catering dan masih banyak lagi.  Sangat menarik sekali kan? Untuk informasi pendaftarannya, kamu bisa kunjungi https://pmb.upi.edu/.

5. Universitas Negeri Yogyakarta

Perguruan tinggi yang terletak di Kota Yogyakarta ini rupanya juga menawarkan program studi S1 Pendidikan Tata Boga. Gak cuma S1 aja lho, di kampus ini ternyata juga menawarkan program studi D3. Yang mana kamu akan mendapatkan ilmu dari teknik boga murni.

Jika kamu menjadi salah satu mahasiswa di perguruan tinggi ini, kamu gak hanya mendapatkan ilmu seputar pastry dan boga saja. Namun, kamu juga akan mendapatkan ilmu mengenai perencanaan menu, resep, serta penyajian dari setiap hidangan. Nah, bagi kamu yang kepengin kuliah di kampus ini, coba deh kunjungi website http://pmb.uny.ac.id/ untuk mendapatkan informasi terbarunya.

6. Sekolah Kuliner Budi Mulia Dua

Selain UNY, jurusan tata boga ternyata juga tersedia di kampus ini lho. Sekolah Kuliner yang sudah terkareditasi A oleh BANPT ini terletak di Jalan Tajem, Namporejo, Yogyakarta.

Di sekolah vokasi ini mengajarkan mahasiswanya untuk menjadi Chef atau pengusaha di bidang kuliner. Kamu pasti bakal diajarkan lebih detail mengenaik pelatihan menajdi chef, bagaimana berbisnis kuliner yang benar dan tentunya pastry. Gak bisa dipungkiri lagi, kalau sekolah kuliner ini selalu menjadi jujukan para siswa berpassion di kuliner.

7. Indonesia Patisserie School

Indonesia Patisserie School (IPS) ternyata merupakan sekolah kue pertama di Indonesia guys. Di sekolah ini kamu akan mendapatkan materi penuh dan detail mengenai dunia pastry. Sekolah yang terletak di Jakarta ini, sangat cocok buat kamu yang ingin memelajari seri dan pengetahuan mengenai dunia pastry.

So, buat kamu yang punya passion di bidang pastry dan kue, sekolah ini sangat cocok buat sekolah impianmu!

8. The Sages Institute International

Bagi kamu yang kepengin mendapatkan sekolah pastry dan boga terbaik, kamu bisa banget menjatuhkan pilihan di sekolah ini nih. Sekolah yang terletak di kota Surabaya ini menyediakan program stury Culinary art, Gastronomy, Baking Pastry dan Hospitality course.

Soal akreditasi, sekolah ini gak usah diragukan lagi, The Sages Institute International telah mendapatkan akreditasi A. Bagi kalian yang ingin tahu lebih tentang sekolah ini, kamu bisa kunjungi website ini https://www.sagesinst.org/.

Baca juga: 5 Jurusan yang Cocok untuk Kepribadian Introvert

9. Bali Culinary Pastry School

Buat kamu yang ingin melanjutkan sekolah kuliner di Bali, sekolah yang satu ini bisa jadi salah satu rekomendasi terbaik buat kamu. Sudah banyak dikenal di kalangan banyak orang, sekolah ini ternyata juga memiliki reputasi dan kualitas yang sangat baik.

Disini kamu akan diberikan materi yang lebih fokus terhadap praktik memasak serta kemahiran dalam melakukan bisnis kuliner. Jebolan dari sekolah masak ini biasanya menjadi chef atau para pelaku bisnis kuliner. Penasaran sama sekolah masak yang satu ini? kunjungi https://baliculinarypastryschool.com/ untuk informasi lebih lanjut.

10. Tristar Culinary Institute

Sekolah kuliner yang terletak di kota Surabaya dan Jakarta ini ternyata merupakan salah satu Culinary Institue terbaik di Indonesia. Di sekolah ini, ada beberapa jurusan kuliner yang punya kualitas bagus lho. Seperti D1 Culinary Art, D1 Baking and Pastry Art, dan Culinary Business.

Gak hanya itu, untuk mahasiswa sendiri akan dibekali dengan berbagai macam teknik agar menjadi lulusan yang professional. Penasaran dengan Tristar Institute? Kamu bisa kunjungi http://www.sekolah-kuliner.com/ untuk mendapatkan informasi detailnya

Semakin menjamurnya bisnis kuliner, jurusan tata boga ternyata memang sangat diminati oleh banyak siswa SMA. Setiap tahunnya, grafik peminat dari jurusan ini selalu mengalami kenaikan yang signifikan. Saat memasuki jurusan ini ternyata tidak hanya menyalurkan passion di bidang kuliner saja. Namun, peluang kariernya juga dinilai sangat bagus ketika mahasiswa telah menyelesaikan studinya.

Bagi yang masih bingung mau pilih kampus yang mana, 10 rekomendasi kampus yang memiliki jurusan tata boga tadi bisa kamu jadikan acuan. Jangan lupa untuk selalu berdoa dan berusaha ya! Semoga sukses! Untuk teman-teman yang belum nemu kampus yang cocok bisa nih bandingkan beberapa kampus impian kamu dan temukan jurusan yang cocok dengan kamu di: maukuliah.id

Artikel Terkait

Info Jurusan | Info Kuliah

Tak Suka Matematika, Ini 10 Jurusan Kuliah yang Tidak Ada Matematika

Posted by M. Fadholi   |   23 November 2020
Featured | Info Jurusan | Info Kuliah

10 Jurusan Kuliah Terbaik dan Ideal untuk Lulusan SMK

Posted by M. Fadholi   |   03 November 2020
Dunia Mahasiswa | Featured | Tips & Trik

Mahasiswa Baru, Apa Itu KRS dan Bagaimana Cara Mengisinya?

Posted by M. Fadholi   |   17 September 2020
Info Jurusan | Info Kuliah

Perbedaan dan Daftar jurusan Saintek dan Soshum, Apa saja sih?

Posted by M. Fadholi   |   01 September 2020

Komentar Anda