Info Kuliah | Info Pendaftaran

Mari Kita Membedah Penjelasan Apa Itu Saintek, Ada Apa Aja ya?

30   |   Posted by Seprila Mayang   |   18 February 2021

Bincang seru seputar masuk kuliah kurang pas rasanya kalau kita gak bahas soal kelompok studinya. Dalam pembagiannya, kelompok studi dibagi menjadi dua, yaitu Saintek dan Soshum.

Biar sobat maukuliah lebih paham lagi nih, kita bahas satu per satu yuk. Untuk hari ini kita bahas dulu ya seputar kelompok studi Saintek.

Saintek merupakan kelompok studi yang berasal dari rumpun pelajaran IPA. Dalam kelompok studi ini terdapat jurusan yang berfokus terhadap bidang sains dan teknologi. Buat sobat maukuliah yang kepengin masuk kelompok studi ini, simak baik-baik ya.

Baca juga: 10 Jurusan Saintek Paling Diminati di SBMPTN 2020

Jurusan apa saja sih yang tergolong saintek?

Beberapa jurusan yang tergolong kelompok saintek , antara lain:

  1. Kedokteran
  2. Kedokteran gigi
  3. Kedokteran hewan
  4. Teknik
  5. Pertanian
  6. Perikanan
  7. Sains (Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi)
  8. Farmasi

Baca juga : Perbedaan dan Daftar jurusan Saintek dan Soshum, Apa saja sih?

Siapa saja yang boleh mengambil kelompok studi saintek?

Dalam mengambil kelompok studi saintek dalam SBMPTN akan lebih pas jika diambil dari lulusan jurusan IPA. Lulusan SMA/MA yang mengambil jurusan IPA diyakini sudah memiliki pondasi yang cukup matang untuk mendaftar di kelompok studi saintek. Sehingga sedikit banyak mereka akan lebih siap dalam mengambil jurusan ini.

Namun, ada beberapa program studi saintek juga memiliki persyaratan tersendiri guys. Biasanya dalam jurusan itu hanya diperbolehkan diambil oleh calon mahasiswa yang berasal dari jurusan IPA saja.

Materi yang diujikan dalam kelompok saintek?

Untuk bisa bergabung dalam jurusan di kelompok saintek, kamu kudu belajar dan memahami materi yang akan diujikan dalam kelompok studi ini. Nah, di bawah ini adalah mata pelajaran yang akan diujikan dalam ujian kelompok saintek:

  1. Matematika
  2. Fisikia
  3. Kimia
  4. Biologi
  5. TPA

To conclude, jurusan saintek merupakan jurusan yang berasal dari golongan studi IPA. Untuk masuk di jurusan tersebut, kamu harus belajar memahami materi-materi dari beberapa mata pelajaran tersebut ya. Tetap semangat ya sobat!

Buat sobat maukuliah yang ingin cari informasi seputar masuk perguruan tinggi, langsung aja kunjungi maukuliah.id.

Tags tidak ada

Komentar Anda