Info Jurusan | Update

Mengenal Lebih Dekat dengan Jurusan Kuliah di Bidang Kesehatan

59   |   Posted by Seprila Mayang   |   04 February 2021

Hi Sobat Maukuliah! Hari ini, kita mau ngajak kamu nih untuk menjelajah lebih dalam tentang jurusan di bidang kesehatan. Hayo ngaku! Siapa yang udah jatuh hati sama jurusan ini?

Well, kita bakal mengulas bersama lebih dalam apa aja sih yang termasuk jurusan kesehatan. Oh iya, gak cuma itu aja lho, kita bakal ngasih info juga seputar prospek kerjanya. Wah! Pada gak sabar ya? hihi. Okay, let’s start the journey!

Kenapa jurusan di bidang kesehatan sangat dibutuhkan?

Seperti yang diketahui, sekarang ini banyak sekali lahan pekerjaan di bidang kesehatan. Seluruh daerah di Indonesia sangat membutuhkan tenaga ahli kesehatan. Pemerintah Indonesia sendiri sudah mengumumkan jika Indonesia sangat butuh para tenaga kesehatan ini. Terlebih wilayah Indonesia ini kan sangat luas sekali ya sobat. Jadi, pemerintah sendiri menginginkan kesehatan yang merata di seluruh wilayah Indonesia.

Oh iya, selama pandemi ini juga sudah banyak sekali tenaga kesehatan yang gugur sobat. Jadi, pemerintah mengharapkan adanya regenerasi mahasiswa di bidang kesehatan ini. Untuk itu, jurusan ini benar-benar sangat dibutuhkan di Indonesia.

Sikap apa aja sih yang harus dimiliki oleh tenaga kesehatan?

Menjadi seorang tenaga medis memang tidak mudah ya guys. Banyak sekali yang harus kamu pelajari dan lakukan selama menjabat. Nah, beberapa sikap ini biasanya harus kamu miliki jika kamu menjadi seorang tenaga medis.

1. Sabar

Yah gimana ya guys, menghadapi pasien emang gak mudah. Sifat orang-orang pun berbeda. Terlebih mereka dalam keadaan sakit. Huft! Pasti banyak keluhan kan. Nah, sebagai tenaga medis yang tangguh, kamu wajib memiliki sikap sabar. Dengan demikian, pekerjaanmu akan bisa bekerja dengan baik.

2. Rela berkorban

Rela berkorban, merupakan sikap yang paling sulit untuk diterapkan. Banyak sekali yang harus kamu lakukan jika menjadi seorang tenaga medis. Di saat orang-orang harus berlibur dan istirahat, kamu harus selalu siap dan sigap untuk melayani pasien.

3. Telaten

Sikap telaten sangat dibutuhkan oleh tenaga medis. Terutama bagi kamu yang harus melakukan perawatan kepada pasien. Duh, harus telaten banget guys. Makaya, wajib banget tuh kamu harus selalu telaten saat menjalankan tugas.

4. Teliti

Namanya juga berhubungan langsung dengan manusia ya. Jadi kamu harus teliti. Kamu di sini menjadi kunci kesembuhan mereka lho. Jadi jangan main-main ya saat menjalankan tugas.

5. Cekatan

Namanya petugas medis itu diharapkan menjadi sosok yang sangat cekatan. Kalau gak cekatan bisa jadi pasien tidak segera ditolong. Makanya kamu harus mulai menanamkan sikap ini ya sobat.

Jurusan kesehatan itu apa aja sih?

1. Farmasi

Jurusan kesehatan yang satu ini akan berkecimpung dengan dunia obat-obatan. Para mahasiswa farmasi akan lebih banyak belajar tentang senyawa kimia dan obat-obatan yang layak dikonsumsi oleh khalayak umum.

Jurusan ini cocok buat kamu yang menggemari biologi dan kimia sobat. Untuk prospek kerjanya sih biasanya kamu akan menjadi seorang Apoteker, analis kontrol kualitas, dan menjadi seorang dosen.

2. Kedokteran Umum

Jurusan kedokteran umum sudah pasti adalah bagian dari jurusan di bidang kesehatan. Nah, jurusan ini biasanya akan mempelajari lebih dalam tentang biologi dan kimia. Biasanya sih, untuk menjadi seorang dokter, kamu memerlukan waktu selama 5 tahun.

Kalau kamu ingin jadi spesialis, kamu perlu 5 tahun lagi untuk menyelesaikannya. So, barulah kamu bisa menjadi dokter spesialis yang kamu idamkan.

3. Kedokteran Gigi

Salah satu jurusan favorit di bidang kesehatan ini memang sudah menjadi idaman di kalangan masyarakat Indonesia. Berbeda dengan jurusan kedokteran umum, jurusan kedokteran gigi lebih banyak belajar tentang anatomi seputar gigi dan mulut.

Oh iya, setelah menjadi seorang dokter gigi, kamu bisa mengambil spesialis juga lho. Seperti halnya spesialis Orthodonti, Konservasi, dan Gigi Anak. Untuk menyelesaikan studi dokter gigi, kamu butuh waktu sekitar 5 tahun ditambah 5 tahun lagi untuk spesialis.

4. Ilmu Gizi

Jurusan yang satu ini merupakan jurusan di bidang kesehatan yang mempelajari asupan kesehatan tubuh manusia. Jurusan yang satu ini berkaitan erat dengan gizi, kesehatan tubuh manusia, serta hubungannya dengan keadaan sosial ekonomi.

Jurusan Ilmu Gizi ini cocok buat kamu yang menggemari analisis tentang makanan dan kesehatan tubuh manusia. Lulusan Ilmu Gizi ini biasanya akan menjadi seorang nutritionist, konselor diet, dan konselor rehabilitasi.

5. Kebidanan

Kebidanan merupakan jurusan bidang kesehatan yang sangat erat dengan ibu dan bayi. Yaps, di dalam jurusan ini, mahasiswa kebidanan akan mendalami bagaimana teori dan praktikum mengenai kehamilan, ibu menyusui, dan balita.

Lulusan kebidanan biasanya akan berkolaborasi dengan dokter kandungan saat membantu ibu melahirkan. Nah, perlu diketahui nih sobat, kalau jurusan yang satu ini kamu juga bisa belajar ilmu keperawatan juga.

6. Keperawatan

Keperawatan pasti tak jauh dari ilmu kedokteran dan kebidanan. Jadi, bagi kamu yang mau masuk di jurusan ini nih, kamu akan belajar banyak tentang proses perawatan pasien, cara menyuntik, hingga proses perawatan luka.

Lulusan keperawatan biasanya akan mengukir karir mereka menjadi seorang perawat di berbagai rumah sakit, klinik, hingga pelayanan masyarakat.

7. Kesehatan Masyarakat

Nah, bagi kamu yang pengen kuliah di bidang kesehatan tapi gak pengen menangani pasien, jurusan ini cocok nih buat kamu. Jurusan yang satu ini mempelajari berbagai resiko kesehatan di lingkup masyarakat hingga kesehatan di bidang proyek.

Lulusan jurusan ini biasanya akan bekerja di berbagai aspek lho. Seperti halnya menjadi seorang ahli K3, penyuluh kesehatan masyarakat, dan pakar kesehatan lingkungan.

8. Fisioterapi

Fisioterapi adalah jurusan kesehatan yang sangat erat hubungannya dengan terapi. Terutama pada penanganan pada gerak tubuh manusia, tulang, dan otot.

Jurusan ini kamu akan mengenal lebih banyak tentang ilmu biologi guys. Karena saat memasuki jurusan ini kamu harus siap untuk belajar anatomi tubuh manusia. Sementara itu, lulusan jurusan ini akan menjadi seorang terapis dan ahli pengobatan fisik.

9. Radiologi

Siapa di sini yang sudah pernah melakukan rontgen, usg,  atau MRI? Nah, jurusan ini merupakan jurusan yang belajar lebih dalam tentang proses rontgen, usg, dan MRI  ini guys. Eits, belajarnya gak semudah itu lho. Jurusan ini akan mendalami bagaimana proses diagnosis gelombang elektromagnetik, sinar x yang akan mendeteksi keberadaan di dalam tubuh manusia.

Kuliah di jurusan ini sangat membutuhkan konsentrasi dan ketelitian yang sangat tinggi. Sehingga, para lulusan diharapkan mampu melakukan pelayanan yang tepat untuk para pasien. Oh iya, setelah lulus para alumni akan berprofesi sebagai terapis radiologi, terapis dengan analisis tenaga nuklir, hingga konselor genetis.

10. Analis Medis

Jurusan teknologi laboratorium atau lebih dikenal dengan analis media, merupakan jurusan kesehatan yang fokus dengan penelitian di laboratorium. Seperti melakukan penelitian penyakit manusia melalui darah, feses, hingga urin.

Saat masuk di jurusan ini tentu saja kamu akan belajar banyak tentang biologi. Saat kuliah nanti kamu akan berhubungan erat dengan penelitian mikrobiologi, parasitologi, sel darah manusia,kimia klinik, hingga imunologi manusia.

Nah, itu tadi penjelasan mengenai jurusan di bidang kesehatan. Buat kamu yang ingin masuk di jurusan-jurusan tersebut bisa banget tuh buat observasi terlebih dahulu. Kira-kira cocok pilih yang mana hehe.

Udah dulu ya sobat penjelasan kali ini. Semoga kamu bisa masuk di jurusan yang kamu inginkan. Yang terpenting tetap semangat dan belajar lebih giat.

Tags tidak ada

Komentar Anda