1. Home
  2. /
  3. Tips & Trik
  4. /
  5. [INSPIRATIF] Pengalaman Lolos FK Unair UTBK-SBMPTN 2020
Info Jurusan | Info Kampus | Info Mahasiswa | Kisah Masuk Perguruan Tinggi | SBMPTN | Tips & Trik

[INSPIRATIF] Pengalaman Lolos FK Unair UTBK-SBMPTN 2020

93   |   Posted by Seprila Mayang   |   14 April 2021

Kegagalan tak selamanya menghantui seseorang yang terus berusaha. Seperti halnya Sabila Salsabila ini. Mahasiswa Kedokteran Universitas Airlangga angkatan 2020 ini ternyata juga pernah mengalami kegagalan saat SNMPTN 2020. 

Kegagalan ini tak menjadikannya jatuh dan terpuruk terus-menerus. Mahasiswa yang biasa disapa Abil ini terus berusaha keras agar mimpinya masuk ke perguruan tinggi negeri bisa terwujud. 

Menurut Abil, jika kita sempat mengalami kegagalan seharusnya kita bisa terus berusaha lebih keras. Mengalami kegagalan bukan berarti membuat langkahmu harus terhenti. 

Baca juga: Tips Hadapi UTBK-SBMPTN ala Mahasiswa FK UNAIR 2020

Kegagalan bukan akhir segalanya

Sempat ditolak jurusan Kesehatan Masyarakat di salah satu perguruan ternama di Indonesia, rupanya tak membuat Abil berkecil hati. Abil terus bertekad keras bahwa dirinya mampu untuk lolos di UTBK-SBMPTN 2020. 

Saat mengetahui dirinya tak diterima, hal pertamaya yang Ia lakukan adalah saling menyemangati satu sama lain dengan teman seperjuangannya. Selepas itu, Abil mengaku langsung menyusun strategi tepat agar bisa survive di ujian masuk perguruan tinggi. 

“Awal pengumuman setelah dinyatakan gak lolos SNMPTN saya langsung menyemangati diri sendiri dan saling kontak dengan teman satu perjuangan. Setelah itu saya langsung membuat plan belajar untuk persiapan SBMPTN dan tes mandiri lainnya,” ujar Abil. 

Manajemen waktu yang baik menurut Abil

Kunci sukses lolos UTBK-SBMPTN menurut Abil adalah punya manajemen waktu yang baik. Untuk itu Abil benar-benar sangat mengatur jadwal belajarnya dengan sangat baik. 

“Waktu persiapan UTBK-SBMPTN, pagi hari saya biasanya mengambil jadwal bimbel. Selepas itu saya istirahat sebentar dan belajar hingga pukul 11 atau 12 malam. Tapi saat mendekati tes saya mengatur jam belajar hingga pukul 10 malam,” jelas Abil. 

Menurut Abil, kesuksesan lolos UTBK-SBMPTN itu didapat dari cara kamu belajar mandiri, bimbingan belajar itu hanyalah pengantar saja. 

“Kunci sukses lolos SBMPTN itu terletak dari individu masing-masing. Bimbingan belajar sendiri tidak terlalu berpengaruh besar jika kamu tidak belajar giat setelah bimbingan tersebut,” tambah Abil. 

Cara belajar yang tepat

Belajar itu bisa didapat dari banyak hal misalnya saja dari sosial media hingga berbagai macam platform belajar. Abil ternyata juga memanfaatkan hal ini juga lho guys. Banyaknya variasi soal membuat Abil harus belajar berbagai macam bentuk soal yang biasa diujikan. 

Menurut Abil belajar dengan menggunakan sosial media, terutama Youtube, akan memudahkan kamu memahami isi penyelesaian soal-soal seputar UTBK-SBMPTN. 

“Dulu sih saya belajar lewat Youtube juga, jadi saya mencoba memahami berbagai macam penyelesaian varian soal dari Youtube ini,” kata Abil kepada tim Maukuliah saat live Zoom (10/04) lalu. 

Abil ternyata juga menerapkan belajar dengan minimal sepuluh soal sehari dari satu mata pelajaran. Jika Ia mengalami kesulitan dari soal tersebut Ia akan mengulangi soal tersebut hingga benar-benar paham. 

“Biar fokus, saya lebih cenderung belajar satu hari dengan satu pokok bahasan. Nah, disitu saya menerapkan belajar dengan minimal sepuluh soal. Jika ada soal yang belum saya pahami, maka saya akan mengulanginya hingga benar-benar paham,” tambah Abil. 

Baca juga: Jika Tidak Lulus SBMPTN 2021 Bagaimana? Ini Alternatifnya

Cara memilih jurusan yang tepat ala Abil

Agar kuliah bisa berjalan dengan sangat lancar, Abil memiliki tips nih buat sobat Miku yang ingin memilih jurusan, yaitu: 

1. Cari informasi detail seputar urusan yang kamu inginkan

Untuk memudahkan kamu memilih jurusan coba deh cari informasi detail seputar jurusan yang kamu inginkan. Jangan sampai jurusan yang kamu pilih itu memberatkan dirimu saat sudah masuk kuliah nanti. 

2. Mengambil jurusan kuliah sesuai dengan passion. 

Memilih jurusan saat kuliah adalah hal terpenting saat memasuki dunia perkuliahan. Maka dari itu, jangan sampai kamu mengambil jurusan yang tidak sesuai dengan minatmu.

3. Membuat list jurusan yang akan dituju 

Agar goalmu bisa tercapai, buatlah list jurusan yang sesuai dengan minatmu. Perkirakan peluang masuk dari jurusan yang kamu ambil. Apakah kamu mampu untuk memasuki jurusan tersebut atau tidak. Ini akan mempermudah peluang kamu untuk masuk di jurusan impian. 

Itulah sepenggal kisah menarik dan tips terbaik yang disampaikan Abil. Nah, sobat Miku bisa banget tuh meniru cara yang dilakukan Abil hingga akhirnya bisa lolos masuk ke jurusan Kedokteran. 

Kalau sobat Miku masih ada yang ragu ambil jurusan di perguruan tinggi, sobat Miku bisa langsung cek nih di maukuliah.id. Di sini kamu bakal dapatkan informasi kece seputar jurusan dan tips masuk perguruan tinggi. 

Tags tidak ada

Komentar Anda