1. Home
  2. /
  3. Info Kuliah
  4. /
  5. Mengenal Istilah Fakultas, Jurusan, dan Prodi, Calon Mahasiswa...
Dunia Mahasiswa | Info Kampus | Info Kuliah

Mengenal Istilah Fakultas, Jurusan, dan Prodi, Calon Mahasiswa Wajib Tahu!

3   |   Posted by M. Fadholi   |   07 September 2021

Halo sobat maukuliah, sekarang kita bahas pengertian Fakultas, Jurusan, dan Prodi (program studi), yuk! Saat calon mahasiswa melakukan pendaftaran kuliah, kamu terkadang akan menemui berbagai istilah yang asing di telinga dan belum kamu dengar. Istilah-istilah khas dunia perkuliahan akan muncul dan sebagai orang yang belum masuk ke dunia tersebut, calon mahasiswa tidak jarang merasa kebingungan.

Beberapa istilah penting yang harus kamu ketahui sebagai seorang calon mahasiswa atau mahasiswa baru yaitu Fakultas, Jurusan, dan Program Studi. Ketiganya memiliki pengertian yang berbeda dan calon mahasiswa perlu mengerti perbedaannya sebelum bisa melakukan pendaftaran supaya tidak salah pilih.

Bagaimana, apakah kamu sudah tidak asing dengan istilah tersebut atau mala tidak tahu sama sekali? Kalau kamu masih belum mengerti perbedaan dari tiga istilah tersebut, yuk ikuti artikel ini sampai selesai, ya!

Baca juga : 25 Istilah dalam Perkuliahan, MABA Wajib Tahu!

Apa Itu Fakultas, Jurusan, dan Prodi

Sebelum kita membahas penjelasan tentang fakultas, jurusan dan prodi, alangkah baiknya kita mengetahui arti universitas terlebih dahulu. Universitas adalah adalah lembaga pendidikan tingkat perguruan tinggi yang mengakomodir berbagai fakultas, jurusan, dan program studi.

Universitas merupakan jenis perguruan tinggi yang terdiri dari sejumlah fakultas yang menyelenggarakan pendidikan akademik (fokus pada pengembangan ilmu), pendidikan vokasi (fokus pada keahlian bidang terapan), dan pendidikan profesi (gelar keahlian khusus) dalam berbagai ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.

Universitas menyelenggarakan pendidikan dalam berbagai rumpun ilmu tanpa batas. Misalnya, rumpun ilmu humaniora, rumpun ilmu sosial, rumpun ilmu alam, rumpun ilmu agama, dan sebagainya. Jadi, bisa dibilang universitas merupakan jenis perguruan tinggi dengan rumpun ilmu yang paling luas.

Untuk Jenis-jenis Perguruan Tinggi sendiri di Indonesia ada; Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Politeknik dan Akademi. Untuk mengetahui lebih detail dan jelas pembahasan tentang beberapa jenis perguruan tinggi, kamu bisa baca di artikel Jenis-jenis Perguruan Tinggi sendiri di Indonesia.

1. Pengertian Fakultas

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Fakultas adalah bagian dari perguruan tinggi tempat mempelajari suatu bidang ilmu yang terdiri atas beberapa jurusan.

Jiak kita melihat pengertiannya, Fakultas berada di bawah suatu perguruan tinggi dan merupakan kumpulan dari berbagai jurusan dengan bidang studi ilmu yang sama.

Sebagai contoh yaitu di Universitas Indonesia (UI), terdapat beberapa fakultas, salah satunya yaitu Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). Hal ini berarti, jurusan yang terkait dengan studi ekonomi dan bisnis di UI terkumpul menjadi satu di FEB. Artinya, jika kamu merupakan mahasiswa Manajemen UI, maka otomatis menjadi bagian dari FEB.

Baca juga : Perbedaan dan Daftar jurusan Saintek dan Soshum, Apa saja sih?

Contoh Fakultas di Berbagai Kampus

Terdapat banyak disiplin ilmu yang ada di sebuah perguruan tinggi. Supaya struktur sebuah kampus lebih terorganisir, maka dibuatlah Fakultas yang mewadahi berbagai jurusan dalam rumpun ilmu sejenis. Berikut ini contoh beberapa Fakultas yang ada di Indonesia.

Universitas Gadjah Mada

Fakultas Biologi
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Fakultas Farmasi
Fakultas Filsafat
Fakultas Geografi
Fakultas Hukum
Fakultas Ilmu Budaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Fakultas Kedokteran Gigi
Fakultas Kedokteran Hewan
Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan
Fakultas Kehutanan
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Fakultas Pertanian
Fakultas Peternakan
Fakultas Psikologi
Fakultas Teknik
Fakultas Teknologi Pertanian

Baca juga: Maba, Yuk Kenali Jabatan-jabatan di Kampus

2. Pengertian Jurusan Kuliah

Setelah kita mengetahui fakultas, Istilah berikutnya yang perlu untuk dipahami oleh calon mahasiswa baru yaitu jurusan kuliah. Pengertian yang didapat dari KBBI, jurusan adalah bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yang bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi.

Jurusan berada di bawah Fakultas dan berfokus pada suatu disiplin ilmu tertentu seperti Sejarah, Akuntansi, Manajemen, dan lain-lain. Perlu diketahui bahwa meskipun masih dalam rumpun ilmu yang sama (satu Fakultas), mahasiswa dari jurusan berbeda akan mempelajari hal yang berbeda juga.

Misalnya, Akuntansi dan Manajemen merupakan bagian dari FEB. Mahasiswa dari kedua jurusan tersebut akan mempelajari dua hal yang berbeda. Mata kuliahnya pun juga disesuaikan dengan jurusan masing-masing.

3. Pengertian Program Studi

Program studi atau prodi adalah bagian dari sebuah jurusan. Sebuah jurusan bisa terdiri dari beberapa prodi yang memiliki fokus ilmu yang sama. Sebagai contoh yaitu Jurusan Sejarah memiliki dua program studi yaitu Ilmu Sejarah dan Pendidikan Sejarah. Keduanya akan mendalami hal yang sama, namun dibedakan dari tujuan perkuliahannya.

Saat melakukan pendaftaran, biasanya program studi inilah yang dipilih oleh calon mahasiswa baru. Perguruan tinggi akan langsung memberikan pilihan yang spesifik bagi pendaftar sesuai dengan minat masing-masing.

Baca juga : 5 Tips Sukses Taklukkan Dunia Kampus buat Para Mahasiswa Baru

Apa Bedanya Prodi dan Jurusan?

Dulu, kalau kamu di sekolah, mungkin mengenal istilah “jurusan” yaitu yang identik dengan jurusan IPA, IPS, dan Bahasa. Nah, kalau di universitas kamu mungkin banyak mendengar kata Prodi dan Jurusan sehingga kadang membuat kamu bingung, sebenarnya apa bedanya sih prodi dan jurusan itu?

Sebenarnya, yang perlu kamu ketahui adalah di beberapa perguruan tinggi atau universitas pemakaian istilah program studi dan jurusan ini banyak perbedaan. Ada beberapa perguruan tinggi, biasanya kampus yang belum memiliki program studi banyak memakai istilah prodi dan jurusan itu sama.

Namun, di beberapa perguruan tinggi besar dan sudah mempunyai banyak jurusan dan program studi, kebanyakan memakai urutan yaitu program studi adalah bagian dari sebuah jurusan.

Nah, agar lebih mudah kamu pahami, kita langsung saja urutkan, maka bentuk hierarki dari sebuah perguruan tinggi yaitu sebagai berikut.

Perguruan Tinggi UGM
__– Fakultas Ilmu Budaya (FIB)
___– Jurusan Sejarah
____– Program studi Geografi Lingkungan
____– Program studi Pembangunan Wilayah

Itu tadi artikel Apa Bedanya Fakultas, Jurusan Kuliah, dan Program Studi? Para calon mahasiswa baru sudah paham, kan? Jangan sampai kamu masih bingung dan salah pilih saat melakukan pendaftaran, ya. Semoga sukses di perkuliahanya! Nah untuk teman-teman yang belum nemu kampus yang cocok bisa nih bandingkan beberapa kampus impian kamu dan temukan jurusan yang cocok dengan kamu di: maukuliah.id

Tags tidak ada

Komentar Anda