1. Home
  2. /
  3. Info Mahasiswa
  4. /
  5. Kupas Tuntas Apa Saja Perbedaan Kuliah S1 dan...
Dunia Mahasiswa | Info Jurusan | Info Kuliah | Info Mahasiswa

Kupas Tuntas Apa Saja Perbedaan Kuliah S1 dan D4 

85   |   Posted by Seprila Mayang   |   24 May 2021

Hi everyone! Meskipun libur lebarannya sudah habis bukan berarti kamu harus bermalas-malasan ya. Yuk sekarang cari informasi detail sebelum kamu masuk ke perguruan tinggi.

 Perlu kamu tahu ya, ternyata kuliah S1 dan D4 itu beda lho. Meskipun masa studinya sama-sama empat tahun, namun sistem perkuliahannya memiliki perbedaan tersendiri. Apa sih bedanya? Simak ulasan di bawah ini ya. 

1. Banyaknya Komposisi Mata Kuliah

Kuliah di jenjang S1 akan lebih mengedepankan 60% teori dan 40% praktek. Sedangkan jenjang D4 lebih banyak mengajarkan mahasiswanya sebanyak 60% praktek dan 40% teori. 

Jadi, mereka yang kuliah di jenjang D4 lebih banyak mengerjakan praktek ketimbang teori. 

2. Metode Kelulusan yang digunakan

Jenjang D4 dan S1 ternyata memiliki perbedaan dalam mengerjakan tugas akhir atau skripsi lho. Mahasiswa di jenjang S1 biasanya akan mengerjakan skripsi. Sedangkan jenjang D4 akan mengerjakan tugas akhir. 

Mahasiswa S1 akan mengerjakan skripsi dengan melakukan analisa dan memecahkan masalah melalui fenomena di masyarakat berdasarkan teori. Sedangkan mahasiswa di jenjang D4 akan membuat karya tugas akhir yang diambil dari pemecahan masalah yang ada di perusahaan sesuai dengan skill yang dimiliki semasa kuliah. 

3. Gelar yang diterima oleh mahasiswa

Lulusan program S1 akan mendapatkan gelar Sarjana. Misalnya saja sarjana Teknik Sipil, Ia akan mendapatkan gelar Sarjana Teknik (S.T.). Sementara itu, bagi lulusan D4 akan mendapatkan gelar Sarjana Terapan (S.Tr.). 

4. Studi lanjutan 

Pada dasarnya mahasiswa S1 dan D4 sama-sama bisa melanjutkan studi ke jenjang Magister. Namun, untuk mahasiswa D4 biasanya juga bisa melanjutkan ke jenjang Spesialis 1 (SP 1) tergantung dari universitas masing-masing. 

5. Prospek kerja lulusan 

Pada dasarnya kedua jenjang ini memiliki prospek kerja sama. Namun, di jenjang D4 kamu akan lebih banyak memerlukan portofolio (hasil karya). Tapi jangan khawatir dulu guys, kamu masih tetap bisa mendapatkan kesempatan emas dalam mencari pekerjaan kok. So, tetap semangat ya!

Well, kedua jenjang tersebut sama-sama bagusnya kok. Keduanya punya keunggulan masing-masing. So, kamu tinggal pilih aja yang mana ya. Mau yang banyak praktik atau yang banyak teori. Semangat sobat!

Tags tidak ada

Komentar Anda