1. Home
  2. /
  3. Info Jurusan
  4. /
  5. 5 Perbedaan Jurusan Sistem Informasi dan Teknik Informatika...
Info Jurusan

5 Perbedaan Jurusan Sistem Informasi dan Teknik Informatika yang Wajib Diketahui

Perbedaan Jurusan Sistem Informasi dan Teknik Informatika
1263   |   Posted by Seprila Mayang   |   26 January 2023

Di era yang serba canggih seperti sekarang ini, jurusan berbau dengan teknologi memang sedang banyak dicari. Seperti halnya jurusan Teknik Informatika dan Sistem Informasi. Kedua jurusan ini masih menjadi idola di kalangan para generasi millennial

Meski sekilas jurusan ini mirip, namun ternyata kedua jurusan ini memiliki kurikulum dan aspek keilmuan yang berbeda, lho. Kira-kira apa saja sih perbedaan dari kedua jurusan ini? Yuk simak ulasan berikut ini. 

Baca Juga : Bingung cara buat akun SNPMB 2023? Intip tutorialnya

1.Kurikulum dan konsentrasi yang diampu

Mungkin masih banyak di antara kamu yang menganggap kedua jurusan ini punya kurikulum yang sama. Padahal keduanya memiliki kurikulum yang  berbeda. Kurikulum pada jurusan Teknik Informatika sangat erat dengan logika matematika, komputasi dan algoritma. Jurusan ini akan bertugas untuk mengembangkan perangkat lunak dan aplikasi pada komputer. Para lulusannya mampu mengembangkan pemrograman pada komputer.

Berbeda dengan Teknik Informatika, jurusan Sistem Informasi lebih condong kepada strategi bisnis perusahaan. Sistem informasi lebih condong kepada strategi bisnis perusahaan. Yang mana akan digunakan untuk menciptakan keunggulan kompetitif perusahaan agar bisa bersaing dengan yang perusahaan lainnya. 

2. Mata kuliah 

Jurusan Teknik informatika itu tugasnya ngapain aja sih? FYI aja nih, Jurusan Teknik informatika lebih melakukan penerapan keilmuan yang sangat teknis. Jurusan ini mencakup pembelajaran di bidang komputasi, yaitu perancangan dan analisis algoritma, pemrograman, arsitektur komputer, sistem operasi, teori komputasi, rekayasa perangkat lunak, dan analisis numerik. 

Sedangkan pada jurusan Sistem Informasi, mahasiswa akan mendapatkan mata kuliah seputar pengembangan sistem dan manajemen sistem informasi.  Beberapa mata kuliah akan kamu dapatkan jika menjadi bagian dari jurusan ini, di antaranya administrasi bisnis, prinsip-prinsip manajemen, sistem informasi akuntansi dan keuangan, arsitektur dan pemrograman aplikasi perusahaan. 

Baca juga : Belajar Apa Aja Sih Kuliah Jurusan Teknik Informatika?

3. Gelar yang didapat

Setiap lulusan perguruan tinggi, pasti memiliki gelar yang berbeda-beda. Pada jurusan Teknik Informatika biasanya menggunakan gelar Sarjana Teknik (S.T.). Terkadang, ada beberapa kampus yang menggunakan gelar Sarjana Komputer (S.Kom.).

Pada jurusan Sistem Informasi, jurusan ini sering kali menggunakan gelar Sarjana Sistem Informasi (S.Si). Namun, ada kalanya beberapa perguruan tinggi yang menggunakan gelar Sarjana Komputer (S.Kom.).

Baca juga : 10 Politeknik Terbaik di Indonesia 2020

4. Keahlian para lulusan

Berkecimpung pada perangkat lunak dan aplikasi pada komputer, para lulusan Teknik Informatika akan membuat Anda memiliki spesifikasi pada bidang pembuatan aplikasi, pembuatan sistem operasi pada komputer, dan tentunya membuat perangkat lunak pada komputer. 

Lain halnya dengan jurusan Teknik Informatika, jurusan Sistem Informasi akan menghasilkan lulusan yang mampu pada pemrograman, pengelolaan database, pengembangan pada sistem informasi, dan maintenance pada sistem informasi. 

5. Prospek Kerja

Berkembangnya teknologi pada era industri membuat kedua jurusan ini banyak dicari oleh berbagai sektor industri lho. Jurusan Teknik Informatika akan lebih ditempatkan pada bagian pengembangan aplikasi dan perangkat lunak, pengembangan artificial intelligence, dan pemrograman

Sementara itu, lulusan jurusan Sistem Informasi akan mendalami pengembangan sistem, implementasi sistem informasi, serta melakukan maintenance sistem. 

Lalu, apa saja ya prospek pekerjaan yang tersedia untuk lulusan Teknik Informatika itu?

 

  • Computer network
  • Web administrator
  • Software engineer
  • Karyawan IT
  • Programmer
  • Konsultan IT
  • Data scientist
  • Web developer
  • Database engineer
  • Game development

 

For your information, gaji lulusan Teknik informatika bisa dibilang ‘wah’. Salary untuk seorang fresh graduate mulai dari Rp 7 juta per bulan lho. Namun, salary tersebut juga bergantung pada kemampuan, tempat kerja, serta pengalaman yang kamu punya ya.

Sementara itu, lulusan jurusan Sistem Informasi, bisa jadi apa nih? Well, prospek kerja untuk jurusan ini luas, ya. Karena, kebutuhan orang-orang yang expert dalam bidang tersebut semakin meningkat. Melansir artikel dari World Economic Forum, dari 15 skills yang diprediksi akan mengalami kenaikan tren, dan beberapa berhubungan dengan prospek kerja jurusan Sistem Informasi ini, antara lain : 

  • web developer
  • auditor sistem informasi
  • project manager
  • web designer
  • programmer analyst
  • konsultan IT
  • computer and information system manager
  • software developer
  • data analyst
  • data scientist,

Baca juga : 20 Jurusan Kuliah yang Punya Prospek Kerja Bagus dan Menjanjikan

Itulah lima perbedaan jurusan Teknik Informatika dan jurusan Sistem Informasi. Jadi, bagi kamu yang ingin berkecimpung di bidang pemrograman, jurusan Teknik Informatika bisa menjadi pilihan yang tepat. Namun, jika kamu senang untuk melakukan proses manajemen informasi atau belajar lebih banyak mengenai sistem; jurusan Sistem Informasi bisa menjadi salah satu alternatif jurusan kuliahmu. Nah, sekarang sudah jelas kan perbedaan dari kedua jurusan tersebut? Siapkan dirimu dan good luck!

Tags tidak ada

Komentar Anda