1. Home
  2. /
  3. Info Jurusan
  4. /
  5. Yuk Calon Mahasiswa, Kenali Prodi tentang Studi Perikanan
Info Jurusan

Yuk Calon Mahasiswa, Kenali Prodi tentang Studi Perikanan

94   |   Posted by Seprila Mayang   |   05 May 2021

Seperti yang kita tahu, Indonesia berada di wilayah perairan dan kelautan. Bisa dibilang sih negara kita termasuk negara maritim yang besar di kawasan Asia Tenggara. That’s why, jurusan yang berhubungan dengan kelautan dan perikanan sangat dibutuhkan untuk memajukan pengolahan produk-produk dari kelautan dan perikanan di Indonesia. 

Jurusan Perikanan misalnya, jurusan ini sangat dibutuhkan di negeri kita tercinta ini guys. Keberadaan jurusan ini sangat dibutuhkan untuk melakukan pengelolaan terhadap hasil perikanan di perairan laut dan perairan darat. 

Baca juga: 5 Jurusan yang Cocok Buat Kamu Sang Kaum Rebahan

Apa saja sih yang dipelajari di jurusan perikanan?

Di jurusan perikanan kamu akan dibagi menjadi beberapa program, yang mana bisa kamu pelajari selama 4 tahun perkuliahan. Beberapa program ini bisa dibagi menjadi empat macam, yaitu budidaya perairan, manajemen dan sumber daya perairan, pemanfaatan sumber daya perikanan, agrobisnis perikanan, serta teknologi hasil perikanan. 

1. Program manajemen dan sumber daya perairan 

Program ini akan fokus dalam mempelajari kelestarian sumber daya perairan serta melakukan pengelolaan perairan. 

2. Pemanfaatan sumber daya perikanan 

Program ini akan belajar banyak tentang melakukan pengelolaan potensi sumber daya perikanan dengan berbagai problematika yang ada. 

3. Teknologi Hasil Perikanan

Ada pula program teknologi hasil perikanan, program ini membahas detail tentang teknologi yang digunakan untuk mengelola.

4. Agrobisnis Perikanan

Agrobisnis Perikanan merupakan program yang mengkaji potensi sosial ekonomi perikanan. Program ini akan mempelajari tentang entrepreneurship dan komoditas bisnis di perikanan. 

Baca juga: 7 Jurusan Kuliah yang Menjanjikan Gaji Tinggi, Kamu Siap?

 Bagaimana dengan prospek kerja jurusan ini?

Setiap jurusan pasti punya potensi karir yang sangat menjanjikan. Begitu juga dengan jurusan perikanan. Bagi lulusan jurusan ini akan berpeluang untuk bekerja di instansi pemerintah, perusahaan swasta, lembaga swadaya masyarakat, hingga menjadi entrepreneur. 

Begitulah informasi lengkap seputar jurusan perikanan. Keren sekali bukan? Dengan masuk di jurusan ini kamu bisa berkembang sembari ikut meningkatkan potensi sumber daya alam yang dimiliki negeri kita. 

Buat kamu yang mau informasi jurusan lain, kamu bisa kepoin di maukuliah.id. Di sini kamu bisa mendapatkan informasi masuk kampus dengan cepat dan lengkap. 

Tags tidak ada

Komentar Anda