1. Home
  2. /
  3. Update
  4. /
  5. Rahasia Sukses Taklukkan Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri...
Info Jurusan | Info Kampus | Info Kuliah | Kisah Masuk Perguruan Tinggi | Tips & Trik | Update

Rahasia Sukses Taklukkan Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN)

46   |   Posted by Seprila Mayang   |   27 April 2021

Tahukah kamu? Gak semua lulusan SMA bisa diterima masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Banyak sekali yang belum beruntung dan mengharuskan mereka berjuang lebih lama untuk mendapatkan kampus impian. 

Seperti halnya Lucia Yuriko Silitonga, Alumni Ilmu Komunikasi Universitas Pembangunan Veteran Yogyakarta angkatan 2016 ini juga mengalami hal serupa. Gadis asal Yogya yang kerap disapa Lucia ini harus berjuang lebih untuk bisa tembus jurusan Ilmu Komunikasi idamannya. 

Rupanya Lucia sempat sedih karena tak bisa mendapatkan kesempatan di jalur SNMPTN. Namun, Ia tak berhenti dari situ. Ia terus berusaha supaya bisa lolos masuk melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). 

“Sedih sih awalnya, namun ini bukanlah akhir dari segalanya. Masih banyak jalan menuju Roma. Jadi gak boleh berhenti di sini saja,” terang Lucia. 

Nah, mau sukses juga lolos SBMPTN seperti Lucia? Yuk simak tips kece dari Lucia berikut ini. 

1. Fokus sejak kelas 12

Menurut Lucia, kunci sukses lolos SBMPTN adalah belajar fokus mulai kelas 12. Pada masa ini siswa SMA bisa lebih fokus dan optimal saat belajar. Ini dikarenakan siswa 12 tidak punya banyak kegiatan yang dilakukan. Sehingga mereka bisa memusatkan kegiatan mereka untuk persiapan masuk ke perguruan tinggi. 

2. Belajar secara rutin

Keberhasilan memang gak bisa didapatkan secara instan. Harus butuh perjuangan dan belajar secara rutin agar bisa sukses. Begitu pula dengan Lucia, Ia mengungkapkan bahwa dirinya membiasakan diri untuk terus belajar rutin agar siap menghadapi tes masuk ke perguruan tinggi. 

3. Pelajari kelemahan bidang studi

Lucia mengatakan, bahwa dirinya mengalami kesulitan belajar di salah satu mata pelajaran. Agar dirinya mampu masuk ke jurusan dan perguruan tinggi impiannya, Ia harus mempelajari bidang studi yang menjadi kelemahannya tersebut secara berulang. 

4. Displin diri

Kunci sukses semua orang dalam menghadapi suatu tes adalah disiplin diri. Lucia sendiri mengatakan bahwa dirinya harus mencambuk dirinya dengan disiplin diri. Terutama dalam hal belajar materi SBMPTN. 

5. Istirahat yang cukup

Mendekati tes SBMPTN, Lucia menyarankan agar tidak menforsir diri untuk terus belajar. Istirahat yang cukup sangat diperlukan agar imun tidak menurun. Sehingga, saat hari H tes bisa lebih fokus dan tenang dalam menghadapi tes tersebut. 

Buat sobat Miku yang sedang menghadapi tes SBMPTN, tetap semangat ya! Jangan sampai patah semangat. Nah, tips Lucia itu bisa kamu terapin saat menghadapi SBMPTN. Good Luck guys!

Mau tau cerita inspiratif lainnya seputar masuk ke perguruan tinggi? Langsung aja yuk kunjungi maukuliah.id. Di laman itu bakal nyediain informasi detail yang kamu pinginin. 

Tags tidak ada

Komentar Anda