1. Home
  2. /
  3. Tips & Trik
  4. /
  5. Rangkaian Jadwal Tes Beasiswa SEMESTA 2021, Ada Tips...
Info Beasiswa | Info Kerja | Info SEVIMA | Tips & Trik

Rangkaian Jadwal Tes Beasiswa SEMESTA 2021, Ada Tips Agar Kamu Lolos Juga Lho

5   |   Posted by Seprila Mayang   |   30 June 2021

SEVIMA.COM – Proses pendaftaran beasiswa SEMESTA sudah resmi ditutup pada hari ini (25/06). Untuk langkah selanjutnya masih banyak hal yang harus dilakukan oleh para peserta terpilih beasiswa SEMESTA 2021. 

Wah, kira-kira tahapan apa saja sih yang harus dilalui seluruh peserta? Yuk simak ulasan berikut ini ya. 

1. Penutupan pendaftaran 

Penutupan pendaftaran beasiswa SEMESTA resmi pada 25 Juni 2021 (Pukul 23.59 WIB). Buat para peserta yang sudah melakukan pendaftaran jangan lupa untuk bersiap untuk kegiatan selanjutnya ya. 

2. Pengumuman Lolos Seleksi Administrasi 

Pengumuman lolos seleksi administrasi akan diumumkan pada 2 Juli 2021. Seluruh data yang sudah disubmit dalam proses pendaftaran akan bisa dilakukan seleksi secara detail oleh seluruh panitia. 

3. Persiapan Seleksi Tahap 1 (CBT) 

Pada proses tahap 1 para peserta harus melalui tes CBT. Nah, sebelum melakukan tes CBT ini para peserta akan melakukan persiapan mulai  2 hingga 9 Juli 2021. 

4. Seleksi Tahap 1 CBT : 10-11 Juli 2021

Pada proses tahap 1 para peserta harus melalui tes CBT. Tes CBT ini akan diselenggarakan mulai 10 hingga 11 Juli 2021 secara online. Jadi siapkan dirimu dengan baik ya. 

5. Pengumuman Lolos CBT : 12 Juli 2021

Tak menunggu lama, pada tahapan ini para peserta akan mendapatkan hasilnya pada 12 Juli 2021. Setelah melalui tahap ini para peserta harus bersiap untuk menghadapi tes selanjutnya, yaitu Hackathon. 

6. Daftar Ulang dan Persiapan Seleksi Tahap 2 (Hackathon) 

Bagi peserta yang lolos di tahap CBT, maka harus melakukan tahapan daftar ulang dan persiapan seleksi tahap 2 pada 13-23 Juli 2021. 

7. Seleksi Tahap 2 Tes Hackathon & Wawancara : 24-25 Juli 2021

Pada 24 hingga 25 Juli, para peserta harus melalui tahapan seleksi kedua yaitu tes Hackathon dan wawancara. 

Baca juga: Beasiswa Semesta Berikan Kuliah Gratis di Bidang IT

Tips dan trik lolos beasiswa semesta

Sembari menunggu pengumuman resmi dari panitia, kita mau kasih tips dan trik nih supaya kamu bisa menjadi pemenang pada beasiswa kali ini. Yuk simak bareng-bareng!

1. Pantau pengumuman dengan baik

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu bisa memantau pengumuman dengan baik ya. Meskipun kamu merasa mampu mengerjakan tapi kamunya malah gak aware, maka bisa dipastikan kamu akan ketinggalan dan gagal dalam seleksi ini. So, kamu harus rajin pantengin jadwal dengan baik ya. 

2. Latihan soal dengan baik

Yaps, untuk menghadapi CBT kamu harus butuh latihan soal juga lho. Pada tes CBT kali ini kamu akan dihadapkan dengan beberapa soal tentang logika dan tentunya soal dan case tentang peminatan yang kamu ambil. That’s why kalo kamu gak belajar pasti sulit deh buat mengerjakannya.

3. Latihan menyelesaikan case pada tes Hackathon

Menghadapi tes Hackathon juga perlu latihan lho. Makanya sebelum kamu menuju medan tempur, kamu wajib untuk melatih diri kamu dengan case ini. 

4. Siapkan mental

Mental yang baik juga perlu dipersiapkan untuk menghadapi seleksi kali ini. Jika kamu tak punya mental juara maka kamu bakal sulit deh menghadapi kompetisi ini. Yuk siapkan dengan baik ya. 

5. Latih public speaking dengan baik

Public speaking adalah hal paling penting dalam suatu kompetensi. Calon penerima beasiswa tak hanya pintar dalam menyelesaikan berbagai macam soal dan case. Namun, kamu juga harus memiliki bekal public speaking yang bagus juga lho. 

6. Banyak berdoa

Setelah menyiapkan semua hal dengan baik, berdoa adalah kunci untuk mendapatkan kemenangan. So, wajib hukumnya buat kamu untuk terus berdoa hingga akhirnya kamu dinyatakan sebagai pemenang. 

Bagi para peserta beasiswa SEMESTA 2021, ketujuh rangkaian acara tersebut harus diperhatikan dengan baik ya. Semoga senantiasa mendapatkan hasil sesuai yang diinginkan. Dan jangan lupa, keenam tips tersebut bisa kamu terapkan sebelum seleksi beasiswa SEMESTA dimulai. Semangat dan Good Luck!

Tags tidak ada

Komentar Anda