1. Home
  2. /
  3. Info Mahasiswa
  4. /
  5. Rekomendasi Tempat Magang Jurusan Ilmu Komunikasi
Dunia Mahasiswa | Info Kuliah | Info Mahasiswa

Rekomendasi Tempat Magang Jurusan Ilmu Komunikasi

256   |   Posted by M. Fadholi   |   10 May 2021

Tempat Magang Jurusan Ilmu Komunikasi. Setiap program studi di perguruan tinggi mengharuskan mahasiswanya untuk mengikuti magang, termasuk jurusan Ilmu Komunikasi. Ilmu komunikasi merupakan jurusan yang mempelajari segala hal tentang cara manusia dalam berkomunikasi serta berinteraksi, baik secara verbal maupun non verbal, termasuk media sebagai penghubung.

Dalam hal ini, tempat magang yang tepat bagi mahasiswa jurusan ilmu komunikasi, di antaranya sebagai berikut:

1. Instansi Pemerintah

Instansi pemerintah termasuk salah satu tempat yang sering membutuhkan anak Komunikasi. Karena instansi pemerintah membutuhkan tenaga untuk mengelola jalannya arus komunikasi, baik itu arus komunikasi internal maupun eksternal.

Umumnya jika magang di instansi pemerintah, anak Komunikasi bakal ditempatkan di Divisi Hubungan Masyarakat atau Protokoler Pemerintah. Di sini kamu bakal mempelajari berbagai hal mengenai seluk beluk komunikasi organisasi, government public relations, bahkan jurnalistik.

Beberapa instansi pemerintahan yang bisa kamu apply sebagai tempat magang adalah Kementerian Sekretariat Negara, Dewan Perwakilan Rakyat (beserta fraksi-fraksi di dalamnya), Pemerintah Provinsi (Pemprov), dan Pemerintah Daerah (Pemda).

Baca Juga ; 5 Tips Magang Cerdas buat Para Mahasiswa

2. Industri Media

Kesempatan terbesar bagi mahasiswa menjalani program magang adalah di industri media. Bahkan, beberapa perusahaan pada sektor ini membuka kesempatan magang bagi mahasiswa Ilmu Komunikasi.

Di sini, kamu bisa magang di berbagai divisi, baik di lapangan maupun berada di belakang layar suatu program acara. Karena, setiap divisi pada perusahaan media membutuhkan seseorang yang ahli di bidang komunikasi.

3. Agensi/Perusahaan Periklanan

Selanjutnya, kamu juga magang dan menjadi bagian di divisi marketing, public relation dan periklanan yang mengutamakan publikasi dari seorang ahli komunikasi. Perusahaan periklanan adalah tempat magang yang cocok untuk mendapatkan pengalaman kerja serta kesempatan mempelajari ilmu terkait komunikasi, seperti publikasi lebih banyak.

Baca Juga ; Kini Lulus Kuliah Bisa 3,5 Tahun di Program Kampus Merdeka

4. Perusahaan Event Organizer

Selain magang sebagai jurnalis atau menjadi orang-orang yang bertanggung jawab di belakang layar suatu program acara televisi, ilmu komunikasi juga bisa magang di perusahaan event organizer. Terlebih lagi, perusahaan event organizer sangat membutuhkan ahli komunikasi untuk membangun relasi.

5. Start-Up

Ranah yang sedang digandrungi anak muda ini juga membuka banyak lowongan magang untuk anak Komunikasi. Kebanyakan start-up memanfaatkan media komunikasi seperti media sosial dan internet sebagai platform mereka, sehingga kebolehan anak-anak Komunikasi dalam mengelola pesan sangat dibutuhkan.

Beberapa jenis pekerjaan yang bisa kamu ambil jika nantinya magang di start-up diantaranya Digital Marketing, Visual Designer, Product Development, Creative Writer, Editor, dan masih banyak lagi!

Magang atau internship sangat berguna untuk mengasah skill kamu sobat Maukuliah. Melalui kegiatan ini kamu akan terjun langsung mengimplementasikan apa yang kamu punya. Sekaligus mempelajari hal-hal baru yang sebelumnya tidak kamu temukan di bangku kuliah.

Untuk teman-teman yang belum nemu kampus yang cocok bisa nih bandingkan beberapa kampus impian kamu dan temukan jurusan yang cocok dengan kamu di: maukuliah.id

Referensi artikel: mkm.momsharing.id & campuspedia.id

Tags tidak ada

Komentar Anda