1. Home
  2. /
  3. Info Jurusan
  4. /
  5. Selangkah Lebih Dekat dengan Kelompok Soshum
Info Jurusan

Selangkah Lebih Dekat dengan Kelompok Soshum

209   |   Posted by Seprila Mayang   |   19 February 2021

Setelah kemarin kita membahas seluk beluk kelompok studi saintek, nah hari ini kita bakal kupas tuntas tentang kelompok studi soshum. Jadi guys, kelompok studi ini gak kalah seru juga lho. 

Di dalam kelompok studi ini, kamu bakal belajar banyak tentang ilmu sosial, politik, humaniora, hukum, dan juga ekonomi. Bisa dibilang sih kalau kelompok studi ini merupakan mata kuliah yang berasal dari rumpun studi IPS guys. Pasti dijamin seru deh kalau masuk di kelompok studi ini. 

Biar tambah greget lagi, ada apa aja sih di kelompok studi soshum? Yuk simak baik-baik ya. 

Jurusan apa saja sih yang masuk dalam kategori soshum?

Berikut ini adalah jurusan yang masuk dalam kategori kelompok studi soshum :

  1. Hukum
  2. Ekonomi
  3. Psikologi
  4. Sosial dan politik
  5. Ilmu Administrasi
  6. Sastra

Baca juga: 10 Jurusan Soshum Paling Diminati di SBMPTN 2020

Siapa saja sih yang boleh mengambil kelompok studi ini?

Sebenarnya untuk masuk peminatan ini boleh dari jurusan mana saja guys. Boleh dari IPA, IPS, ataupun Bahasa. Namun perlu diingat, jika kamu mengambil jurusan yang berasal dari kelompok studi ini alangkah lebih baik jika kamu berasal dari jurusan IPS. 

Jika kamu berasal dari jurusan IPS, maka pastinya kamu sudah mendapatkan bekal yang matang untuk mendalami kuliah. Sehingga kamu akan dengan mudah mengikuti pelajaran yang ada. 

FYI aja nih guys, ternyata ada beberapa kampus yang tidak menerima calon mahasiswa dari jurusan bahasa lho. Jadi mereka hanya memperbolehkan pendaftar yang berasal dari jurusan IPA dan IPS saja. Nah beberapa jurusan tersebut antara lain: 

  1. Psikologi UI
  2. Administrasi UI
  3. Ekonomi UI
  4. Manajemen UI
  5. Akuntansi UI
  6. SBM ITB

Baca juga: Perbedaan dan Daftar jurusan Saintek dan Soshum, Apa saja sih?

Materi apa aja sih yang diujikan di kelompok soshum ini?

Yah namanya aja dari kelompok studi IPS, pasti dong yang diujikan itu berasal dari mata pelajaran IPS. So, buat kamu yang mau ambil jurusan ini kudu paham dan mempelajari pelajaran di bawah ini yah:

  1. Matematika IPS
  2. Sosiologi
  3. Ekonomi
  4. Geografi
  5. TPA

Jadi gimana nih guys? Udah pada paham belum nih mengenai detail jurusan yang ada di kelompok soshum? Jangan lupa pahami baik-baik ya hihi. 

Kalau masih ngerasa gundah gulana milih jurusan, better sih kamu langsung cek di maukuliah.id. Informasi seputar jurusan dan dunia perkuliahan pasti bakal kamu temukan di sana. 

Tags tidak ada

Komentar Anda