1. Home
  2. /
  3. Info Pendaftaran
  4. /
  5. Seleksi Jalur Mandiri yang Tidak Menggunakan Nilai UTBK...
Info Kuliah | Info Pendaftaran

Seleksi Jalur Mandiri yang Tidak Menggunakan Nilai UTBK 2021

482   |   Posted by M. Fadholi   |   11 May 2021

Hallo sobat Maukuliah, lagi cari kampus yang model seleksi mandirinya tidak menggunakan nilai UTBK 2021? Sejumlah perguruan tinggi negeri (PTN) di tanah air juga turut mengalokasikan kursi bagi mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Mandiri.

Masing-masing kampus mempunyai aturan tersendiri mengenai pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru jalur Seleksi Mandiri. Ada PTN yang menggunakan nilai UTBK sebagai komponen penilaian, namun ada pula PTN yang tidak menggunakan nilai UTBK melainkan hasil dari ujian yang diselenggarakan oleh PTN tersebut.

Yuk cek deretan kampus yang menyelenggarakan Seleksi Mandiri 2021, namun tidak menggunakan nilai UTBK di bawah ini.

Berikut Kampus dengan Ujian Mandiri Yang Tidak Menggunakan Nilai UTBK

1. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Jalur Seleksi Mandirinya dikenal dengan nama Seleksi Kemitraan dan Mandiri (SKM). Terdapat 2 jalur penerimaan calon mahasiswa melalui SKM yaitu melalui Seleksi Kemitraan dan Seleksi Mandiri.

Seleksi penerimaan calon mahasiswa baru Program SKM-ITS dapat diikuti oleh pendaftar dari SMA/MA/SMK sejenis lulusan tahun 2019, 2020 dan 2021. Seleksi SKM ITS akan didasarkan pada nilai UTBK Tahun 2021 atau nilai Tes Kemampuan Akademik ITS, Nilai Rapor, Deskripsi diri dan PRESTASI-PRESTASI lainnya.

Baca Juga : Bisa Dicoba, Ini PTN yang Buka Jalur Mandiri Pakai Nilai UTBK 2021

2. Universitas Indonesia

Melansir situs resmi, UI juga membuka penerimaan mahasiswa baru S1 Reguler melalui seleksi mandiri SIMAK UI. UI menegaskan bahwa seleksi mandiri bukan jalur mandiri dengan biaya lebih mahal. Biaya pendidikannya sama dengan biaya pendidikan S1 Reguler melalui SBMPTN atau SNMPTN.

SIMAK UI juga membuka jalur mandiri yang menggunakan hasil UTBK maupun hasil ujian mandiri saja, tidak harus menggunakan hasil UTBK.

3. Universitas Padjajaran

Universitas Padjajaran juga menyelengggarakan seleksi mandiri untuk penerimaan calon mahasiswa Program Sarjana. Pada tahun 2021 terdapat 2 (dua) metode seleksi yang digunakan, yaitu menggunakan nilai UTBK 2021 atau melalui ujian secara daring.

Peserta SMUP dapat memilih salah satu dari dua metode seleksi tersebut. Bagi peserta yang tidak memiliki nilai UTBK 2021 maka peserta tersebut harus mengikuti ujian secara daring yang diselenggarakan Unpad.

Baca Juga : Informasi Ujian Mandiri UI, UGM, ITB, IPB, UNDIP & UNAIR 2020

4. Institut Pertanian Bogor

Mulai tahun 2019 lalu, Institut Pertanian Bogor (IPB) melaksanakan Ujian Tulis Mandiri Berbasis Komputer (UTM-BK). UTM-BK sendiri merupakan salah satu penerimaan mahasiswa program sarjana IPB jalur mandiri. IPB membuka jalur mandiri yang menggunakan hasil UTBK maupun hasil ujian mandiri saja.

5. Universitas Negeri Jakarta

Sama seperti PTN lainnya, Universitas Negeri Jakarta juga membuka jalur Seleksi Mandiri guna penerimaan mahasiswa barunya. Jalur Mandiri di UNJ ini menggunakan tes tertulis, sehingga jalur penerimaan ini lebih dikenal dengan nama Penmaba Tes Tulis.

Baca Juga : 21 Perguruan Tinggi Kedinasan Perpanjang Pendaftaran hingga 4 Mei 2021

6. Universitas Negeri Malang

Dalam rangka penerimaan mahasiswa baru, Universitas Negeri Malang (UM) membuka pendaftaran mahasiswa baru Seleksi Mandiri untuk Program Sarjana (S1) dan Program Diploma 3 (D3) secara online.

Di mana Jalur Seleksi Mandiri ini sendiri terbagi menjadi dua jalur, yakni Jalur Seleksi Mandiri Berdasarkan Nilai UTBK-SBMPTN dan Jalur Tes Mandiri Berbasis Komputer (TMBK). Pembukaan pendaftaran jalur Ujian Mandiri UM Malang sendiri masih ditunda hingga ada pengumuman baru dari UM Malang.

7. Universitas Negeri Yogyakarta

UNY turut menerima mahasiswa baru melalui seleksi mandiri (SM) dari beberapa jalur, yakni SM-Prestasi Akademik, SM-Prestasi Unggul, SM-Skor Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), SM Computer Based Test (CBT) atau Tes Berbasis Komputer, SM Talent Scouting. Pendaftarannya telah berlangsung dan akan ditutup pada Agustus mendatang.

Baca Juga : Cara Hitung Nilai UTBK 2021 Pakai Sistem IRT

8. Universitas Sebelas Maret

Seleksi Mandiri Universitas Sebelas Maret (SM UNS) adalah jalur penerimaan mahasiswa baru yang dilaksanakan oleh UNS di luar jalur SNMPTN dan SBMPTN. Seleksi Mandiri UNS ada yang menggunakan nilai UBTK ada juga yang menggunakan nilai ujian mandiri.

Itulah beberapa kampus negeri yang menyelenggarakan Seleksi Mandiri dengan tidak menggunakan nilai UTBK 2020. Faktanya, ada banyak PTN yang menyelenggarakan Seleksi Mandiri dengan beberapa pilihan jalur. Ada PTN yang menggunakan nilai UTBK sebagai komponen penilaian, ada pula yang hanya menggunakan hasil dari Ujian yang diadakan, dan ada pula yang menjadikan keduanya sebagai komponen penilaian.

Bagaimana, kalau kamu tidak memiliki nilai yang bagus di UTBK, beberapa jalur seleksi mandiri dengan nilai tes atau tidak mengunakan nilai UTBK ini menjadi pilihanmu Sobat. Untuk teman-teman yang belum nemu kampus yang cocok bisa nih bandingkan beberapa kampus impian kamu dan temukan jurusan yang cocok dengan kamu di: maukuliah.id

Dilansir dari: berbagai sumber

Tags tidak ada

Komentar Anda