1. Home
  2. /
  3. Info Pendaftaran
  4. /
  5. Siap Lulus SBMPTN 2021, Berikut Jadwal dan Biaya...
Info Kuliah | Info Mahasiswa | Info Pendaftaran

Siap Lulus SBMPTN 2021, Berikut Jadwal dan Biaya Pendaftarannya 

357   |   Posted by Seprila Mayang   |   18 December 2020

Yang dinanti akhirnya datang nih. Pengumuman pendaftaran SBMPTN 2021 finally release juga! Asiik!

Kabar baik ini disambut hangat oleh seluruh siswa kelas 12 SMA sederajat. Rupanya gak hanya mereka saja yang menyambutnya. Lulusan siswa SMA tahun 2018 dan 2019 yang masih ingin ikutan lagi juga menanti jadwal ini. 

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) menetapkan seleksi SBMPTN 2021 dilakukan melalui Ujian Tulis Berbasis Kompetensi (UTBK). Ujian ini memang punya kelebihan tersendiri. Selain bisa mengantisipasi jumlah peserta yang banyak, juga bisa melakukan penilaian dengan hasil yang cepat.

Kapan waktu pelaksanaan SBMPTN 2021?

Nah, pada ujian kali ini akan diadakan menjadi dua gelombang, yaitu tanggal 12-18 April 2021 (Gelombang I) dan tanggal 26 April- 2 Mei 2021 (Gelombang II).

Dalam sehari pelaksanaan ujian akan dilakukan dua sesi, yaitu sesi pagi dan sesi siang. Jadi, nantikan aja deh kamu dapat gelombang pertama atau gelombang kedua. Yang terpenting kamu sudah siap ujian ya. 

Ujian kali ini waktu mengerjakan juga dibagi berdasarkan tiga waktu, yaitu WIB, WITA, dan WIT. Bagi kamu yang mengikuti ujian di wilayah Indonesia barat, ujian akan dimulai pukul 08.45 hingga 18.15.

Nah, jika kamu berada di Indonesia bagian tengah, ujian akan dilakukan mulai pukul 07.45 hingga 17.15. Sementara di Indonesia bagian timur, ujian dimulai pukul 08.45 sampai 18.15.

Baca juga: Agar Tidak Menyesal, Ini 5 Pertimbangan Penting Untuk Memilih Jurusan

Berapa sih biaya pendaftarannya?

Untuk mengikuti UTBK SBMPTN 2021 peserta akan dibebankan biaya pendaftaran. Besar biaya pendaftaran akan ditarik berdasarkan kelompok ujian yang diikuti peserta. 

Buat sobat maukuliah yang memilih kelompok ujian Sains dan Teknologi (Saintek) atau Kelompok Sosial dan Humaniora (Soshum), kamu akan membayar biaya pendaftaran UTBK  sebesar Rp 200 ribu. Beda lagi jika kamu ikut kelompok ujian campuran (Saintek dan Soshum), maka kamu harus menyiapkan biaya pendaftaran sebesar Rp 300 ribu. 

Baca juga: Cocok Jadi Kampus Masa Depan, Inilah 10 Besar Kampus Terbaik di Indonesia Versi QS WUR

Sementara waktu pelaksanaan masih lama, jadi kamu bisa siap-siap nih buat UTBK SBMPTN 2021. Meskipun ada proses seleksi SNMPTN tapi kamu wajib siap sedia untuk kemungkinan terburuknya. 

Jadi gimana nih guys udah tahu mau ambil kelompok studi apa? Kalau belum tahu dan masih bingung, buruan cek informasi lebih detail di laman maukuliah.id. Di laman ini kamu bakal dapat insight terbaik buat masa depanmu. Selamat berproses ya sobat! Good luck!

Tags tidak ada

Komentar Anda