1. Home
  2. /
  3. Featured
  4. /
  5. SNBP Semakin Dekat, Pilih Universitas atau Jurusan dulu...
Featured

SNBP Semakin Dekat, Pilih Universitas atau Jurusan dulu ya?

SNBP Semakin Dekat, Pilih Universitas atau Jurusan dulu ya?
10   |   Posted by Seprila Mayang   |   25 January 2023

Maukuliah.id– SNBP semakin dekat nih! Pasti list nama jurusan dan universitas sudah mulai banyak muncul di kepala, ya? Pilih yang mana ya, universitas atau jurusan yang lebih penting? 

Hm, kalau kamu merasa bingung, ayo baca artikel ini sampai selesai, sobat Miku. Jangan sampai pilihan yang mudah ini malah jadi masalah. Padahal masalah akan muncul kalau kamu  ada rasa takut yang berlebihan. 

Pilih Universitas atau Jurusan

Takut salah jurusan, takut salah kampus atau bahkan takut ketemu mata kuliah yang gak disukai. Itu wajar bestie! Tenang aja deh. Menjawab pertanyaan “Pilih universitas atau jurusan dulu?” itu bukan pertanyaan benar atau salah kok. Nih, Miku kasih sedikit pendapat, ya.

1. Pilih Jurusan yang akan kamu masuki

Pilih jurusan ini berkaitan dengan “apa yang akan dipelajari?” dan “apakah sesuai minat dan bakatmu?”. Namun, perlu diketahui, bahwa tidak semua universitas memiliki jurusan yang kamu minati. Jadi kamu harus memperhatikan dengan baik. 

2. Perhatikan akreditasi jurusan dan universitas

Setiap jurusan dan universitas pasti memiliki akreditasi yang berbeda. Nah, kamu jangan sampai lengah ya. Pastikan keduanya memiliki akreditasi yang baik. Akreditasi ini sangat penting lho untuk keberlangsungan kamu selama kuliah nanti. Apalagi saat kamu akan kerja nanti. 

3. Perhatikan kondisi lingkungan sekitar kampus

Jika kamu menjatuhkan pilihan pada universitas. Kamu harus memperhatikan beberapa aspek, yaitu  lingkungan hidup, biaya hidup, biaya studi dan lainnya. Kamu harus pertimbangkan dengan cermat kondisi kamu dan keluarga dalam menentukan universitas. 

Selain itu, setiap universitas memiliki keunggulan yang berbeda, misalnya seperti fasilitas, Unit kegiatan mahasiswa,  alumni dan lainnya. Kamu bisa memanfaatkan privilege tersebut, sehingga kamu bisa meningkatkan kualitas dirimu.

Jadi, ayo kembali fokus untuk mulai menata strategi menuju masa depan yang indah, cie. Jangan kelamaan galau pilih jurusan atau universitas, sehingga waktunya untuk belajar terbuang. Selamat berjuang!

Ditulis oleh:  Shitny Dwi

Disunting oleh: Seprila Mayang

Tags tidak ada

Komentar Anda