1. Home
  2. /
  3. Tips & Trik
  4. /
  5. Tips dan Keuntungan Ketika Kamu Lulus Cumlaude
Info Kuliah | Info Mahasiswa | Tips & Trik

Tips dan Keuntungan Ketika Kamu Lulus Cumlaude

Tips dan Keuntungan Ketika Kamu Lulus Cumlaude
1   |   Posted by Seprila Mayang   |   07 September 2021

SEVIMA.COM – Bagi sebagian pelajar, nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) ibarat emas yang sangat berharga. Bagaimana tidak, IPK di dalam program perguruan tinggi merupakan sebuah penentu hasil belajarmu selama di bangku kuliah. 

Nilai IPK yang tinggi, biasanya sangat diusahakan oleh kebanyakan mahasiswa. Mereka pasti akan berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan IPK dengan nilai yang bagus. Dengan nilai IPK yang bagus, maka akan membuka peluang yang banyak bagi para mahasiswa. Misalnya seperti mendapatkan kesempatan kerja, kesempatan beasiswa S2, dan menjadi asisten dosen. 

Oh iya, buat yang belum tahu nih, nilai IPK merupakan nilai akumulasi yang didapat dari semester pertama. Nilai IPK ini juga setiap semesternya berubah, karena nilai tersebut dihitung berdasarkan nilai yang didapat di setiap semester sobat. Jadi, nilai IPK yang tinggi biasanya akan mendapatkan gelar dengan predikat Cum Laude. 

Baca juga: Jenis-jenis Status Mahasiswa, Tidak Hanya Maba, Mahasiswa Aktif Harus Tahu!

Apa sih IPK Cumlaude itu?

Jika kamu belum mengerti bagaimana dengan perolehan IPK tinggi, kamu harus tahu dulu nih apa sih IPK CUm Laude itu. Istilah Cum Laude sendiri merupakan istilah dari bahasa latin yang memiliki arti pujian. Istilah ini biasa diberikan saat proses penyelesaian studi di sebuah perguruan tinggi.

 Gelar Cum Laude ini biasanya disesuaikan dengan predikat yang diraih. Karena di dalam memberikan predikat memang berbeda ya, tergantung dengan nilai yang diperoleh. Di perguruan tinggi sendiri ada tiga jenis predikat yang akan diberikan kepada lulusan, antara lain:

  • IPK 2,00-2,75 Memuaskan
  • IPK 2,76-350 Sangat memuaskan
  • IPK 3,51-4,00 Dengan pujian (Cum Laude)

Namun, ada beberapa perguruan tinggi yang memberikan predikat khusus kepada mahasiswa dengan IPK di atas 3,5. Predikat tersebut antara lain:

  • IPK 3,51-3,79 Cum Laude
  • IPK 3,80-3,99 Magna Cum Laude
  • IPK 4,00 Summa Cum Laude 

Dalam mendapatkan IPK Cum Laude ini setiap perguruan tinggi memiliki syarat masing-masing syarat ya. Biasanya lulusan Cum Laude ini hanya diperuntukkan kepada mahasiswa yang lulus minimal 3,5 tahun dan harus tepat waktu. Jika lebih lama masa studinya, maka akan gagal mendapatkan gelar ini. 

Kenapa harus mendapat IPK Cum Laude?

Bagi mahasiswa, mendapatkan IPK yang tinggi memang membutuhkan effort yang maksimal. Banyak sekali cara yang harus kamu tempuh untuk bisa mendapatkan IPK Cum Laude.

Mendapatkan IPK Cum Laude sebenarnya bukanlah tujuan dan fokus utama dalam sebuah proses belajar dalam perguruan tinggi. IPK sendiri sebenarnya tidak menentukan nasib dari seorang alumni di sebuah perguruan tinggi.  Namun, dengan mendapatkan IPK tinggi ini kamu bisa mendapatkan berbagai kesempatan lain yang lebih di masa depan. Alasan tersebut antara lain:

1. Memiliki peluang mendapatkan beasiswa

Lulus dengan IPK tinggi biasanya sangat memudahkan kamu untuk meraih beasiswa lho. Misalnya saja ketika kamu ingin lanjut S2, kamu bakalan mendapatkan kesempatan meraih beasiswa untuk melanjutkan studi tersebut. 

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan gelar S1 dan S2 dalam waktu 5 tahun saja. Biasanya program yang satu ini disebut sebagai program fast track

2. Memiliki peluang tinggi melanjutkan pendidikan tinggi

Ketika mendapatkan predikat Cum Laude, kamu juga berpeluang besar melanjutkan ke pendidikan tinggi lho. Apalagi jika kamu mendaftar seleksi beasiswa. Mahasiswa dengan predikat Cum Laude biasanya akan mendapatkan prioritas untuk bisa langsung masuk ke jenjang pendidikan selanjutnya. 

3. Kesempatan terbuka untuk menjadi asisten dosen

Supaya ilmu yang didapat lebih tersalurkan, mahasiswa dengan predikat Cum Laude ini akan mendapatkan kesempatan menjadi seorang asisten dosen. Nah, ilmu yang kamu dapatkan ini sangat membuka peluang untuk jadi Asdos lho. 

4. Diperhitungkan saat masuk dunia kerja

Beberapa instansi besar ternyata juga mengincar para lulusan terbaik ini. Namun, perlu diingat ya, mahasiswa dengan predikat Cum Laude ini tak hanya diseleksi dengan nilai saja. Namun juga dinilai dengan softskill yang kamu miliki. 

Baca juga: Inilah Tips Jitu Tetap Berprestasi Meski Pandemi Menurut Sekjen IKA ITS

Bagaimana sih cara mendapatkan IPK Cum Laude?

Berbagai cara bisa dilakukan untuk mendapatkan nilai IPK tinggi. Semua yang kamu lakukan tak ada yang tak mungkin kok. Semuanya bisa kamu lakukan asalkan kamu bisa mau dan bersungguh-sungguh. 

Untuk mendapatkan IPK yang maksimal tidak bisa dilakukan dengan kebut semalam. Semua bisa dilakukan dengan sangat baik apabila kamu mau belajar sungguh-sungguh dari awal semester hingga akhir semester. Lalu bagaimana sih cara yang tepat? Simak di bawah ini ya sobat. 

1. Memaksimalkan nilai IPK pada semester pertama

Agar perjalanan kuliahmu bisa berjalan lancar, kamu bisa mencoba mendapatkan nilai IPK tinggi pada semester pertama. Semester pertama adalah langkah awal yang tepat agar kamu bisa fokus mendapatkan nilai IPK yang tinggi. Di semester awal ini kamu belum mengikuti banyak kegiatan. Jadi inilah saatnya kamu bisa lebih mendapatkan nilai terbaik di semester selanjutnya. 

2. Pahami dengan baik prosentase penilaian

Dalam sebuah penilaian, tentunya ada prosentase nilai yang berbeda. Penilaian prosentase nilai ini akan berpengaruh dengan hasil IPK di semester akhir.  

Kamu harus cari tahu lebih detail tentang aspek penilaian dengan persentase yang paling besar. Nah, di mata kuliah ini kamu harus benar-benar fokus agar mendapatkan nilai yang maksimal. 

3. Aktif masuk kelas

Mahasiswa yang mendapatkan nilai cum laude juga harus menjunjung tinggi nilai kedisiplinan. Mahasiswa yang ingin mendapatkan gelar cum laude seharusnya rajin mengikuti berbagai perkuliahan. Kecuali jika dalam keadaan mendesak. 

Penilaian dosen pun juga akan berbeda lho dengan mahasiswa yang rajin dan malas. Makanya, agar nilai yang kamu dapatkan lebih maksimal, kamu harus selalu rajin mengikuti berbagai perkuliahan tersebut. 

4. Aktif di dalam kelas

Selain aktif masuk di dalam kelas, kamu juga harus menjadi aktif di dalam kelas. Mahasiswa yang aktif di dalam kelas ini biasanya akan menambah poin penilaian tersendiri. 

Tingkat keaktifan mahasiswa di dalam kelas sangat berpengaruh dengan softskill nilai yang diberikan dosen. Semakin kamu rajin dan aktif di dalam kelas, maka semakin bagus pula nilai yang kamu dapatkan. 

5. Rajin belajar dan membaca

Banyak yang bilang, kunci sukses orang mendapatkan nilai terbaik adalah rajin membaca dan belajar. Ya jelas aja dong, semakin banyak kamu membaca dan rajin belajar, semakin banyak pula ilmu yang kamu dapatkan. Makanya gak heran kalau kamu bakal mendapat kan nilai maksimal. 

6. Disiplin mengerjakan tugas

Buat apa sih kamu pintar tapi gak rajin mengerjakan tugas? Nah, agar kamu lebih sukses mendapatkan nilai terbaik, kamu harus disiplin dalam mengerjakan tugas. 

Usahakan tugas yang kamu kerjakan tersebut tidak menumpuk dan terbengkalai. Jadi, meskipun kamu sibuk dengan segudang aktivitas, kamu masih bisa banget untuk rajin ngerjain tugas. 

7. Pilih lingkungan yang positif

Nah, lingkungan yang positif ternyata juga bisa meningkatkan kemampuan belajar kamu lho. Memiliki teman yang rajin dan suka berdiskusi maka akan membuat kamu lebih siap dalam menghadapi dunia perkuliahan. Jika ada beberapa materi yang tidak paham, maka kamu bisa mengerjakan dan menyelesaikan bersama teman kamu. 

8. Pahami karakter dosen

Selain kamu harus rajin dan tekun, kamu juga harus memahami karakter dosen ya. Dengan memahami karakter dosen kamu bisa mengetahui bagaimana dosen memberikan penilaian kepada mahasiswanya. 

Selain itu dosen memiliki hak prerogatif yang mana dosen menentukan penilaian kepada mahasiswanya. Jadi kamu harus benar-benar memahaminya ya. 

Untuk menjadi seorang mahasiswa pintar dan teladan tak hanya memiliki otak yang cerdas saja. Namun, kamu juga harus memiliki kemampuan baik dari segi etika, keteladanan, kerajinan dengan baik. Dari situlah kamu akan mendapatkan kesempatan menjadi mahasiswa hebat yang sesungguhnya. 

Menemukan metode dalam belajar dan berorganisasi ketika kuliah memang tak bisa instan ya. Kamu harus butuh banyak referensi agar bisa mewujudkan itu semua. Salah satu referensi terbaik yang bisa kamu buka adalah maukuliah.id. Semua kebutuhan seputar perkuliahan lengkap tersedia di sini. 

Tags tidak ada

Komentar Anda