1. Home
  2. /
  3. SBMPTN
  4. /
  5. Tips Hadapi UTBK-SBMPTN ala Mahasiswa FK UNAIR 2020
Info Kuliah | Info Mahasiswa | Info Pendaftaran | Kisah Masuk Perguruan Tinggi | SBMPTN

Tips Hadapi UTBK-SBMPTN ala Mahasiswa FK UNAIR 2020

118   |   Posted by Seprila Mayang   |   12 April 2021

Wah, musim masuk perguruan tinggi telah tiba nih. Mulai hari ini (1204/2021) UTBK-SBMPTN 2021 resmi dimulai. Banyak calon mahasiswa di seluruh Indonesia yang siap tempur biar bisa tembus di jurusan impian. Btw nih, kadang gak semua orang ngerti cara yang tepat saat menghadapi tes masuk perguruan tinggi dengan baik. Waduh, terus gimana dong biar gak salah langkah? 

Hehe, tenang aja sobat! Kali ini, tim Maukuliah.id akan berbagi tips jitu hadapi hari-H UTBK-SBMPTN langsung dari yang berpengalaman. Sabila Salsabilla, Mahasiswa Kedokteran Universitas Airlangga 2020, akan membagikan tips buat sobat Miku yang tersayang. 

Mahasiswa Kedokteran yang kerap disapa Abil ini merupakan salah satu orang yang sukses tembus UTBK-SBMPTN 2020 lho. Duh, keren banget kan! Pada penasaran gak sih sama tips yang Ia lakukan saat hari H tes UTBK-SBMPTN? Yuk langsung simak uraian di bawah ini. 

5 Tips Hadapi UTBK-SBMPTN ala Mahasiswa UNAIR

1. Atur manajemen waktu dengan baik

Agar bisa sukses mengerjakan UTBK-SBMPTN tahun ini kamu harus bisa mengatur waktu mengerjakan dengan baik. Perhatikan banyaknya soal dan waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakan soal tersebut. 

“Saat mulai mengerjakan soal, kamu harus bisa estimasi lama mengerjakan soal tersebut. Jadi kamu gak akan terburu-buru saat mengerjakan soal tersebut,” terang Abil saat live Instagram pada Sabtu (10/04) lalu. 

2. Kerjakan soal yang mudah 

Saat menghadapi UTBK-SBMPTN Abil menyarankan sobat Miku untuk mengerjakan soal yang mudah dulu. Menurut Abil, jika mengerjakan soal yang mudah dulu maka akan memangkas waktu menyelesaikan soal. 

“Jika kamu terpaku mengerjakan soal yang sulit, maka kamu akan kehilangan banyak waktu. Jadi, kerjakan dahulu soal yang kiranya mudah, lalu kamu kerjakan beberapa soal yang sulit,” ujar Abil. 

Berhubung tahun ini sistem penilaiannya masih sama dengan yang lalu, Abil mengungkapkan agar sobat Miku berusaha untuk mengerjakan seluruh soal, meskipun ada yang masih ragu.

“Kalau gak ada nilai minus itu ya kerjakan saja seluruh soal, jangan sampai ada yang gak kamu kerjakan. Jawab soal sebaik mungkin dan sebisa kamu meskipun ada beberapa soal yang tak tau cara penyelesaiannya,” tambah Abil. 

Baca juga: Bisa Dicoba, Ini PTN yang Buka Jalur Mandiri Pakai Nilai UTBK 2021

3. Yakinkan diri sendiri

Kalau mengerjakan suatu tes, kamu harus yakin dan percaya saat mengerjakan soal-soal tersebut. Yakinkan diri, bahwa kamu mampu menaklukan soal UTBK-SBMPTN.

 Begitu juga dengan Abil, selama menghadapi ujian tahun lalu rupanya Ia juga banyak menemukan rintangan saat mengerjakan soal UTBK-SBMPTN. Namun, Abil pantang menyerah. Saat itu, Ia menanamkan afirmasi positif dari dalam dirinya bahwa Ia mampu dan yakin bisa tembus SBMPTN 2020. Alhasil, Abil pun sukses lolos Fakultas Kedokteran UTBK-SBMPTN 2020 lho. 

4. Jaga kondisi tubuh

Gak hanya belajar aja ya sobat. Kalau kamu mau menghadapi suatu tes, kamu harus bisa menjaga kondisi tubuh. Atur jadwal belajar dengan baik. Jangan sampai kamu terlalu memforsir pikiran menuju UTBK-SBMPTN.

“Kamu harus bijak dalam mengatur jadwal belajar mendekati UTBK-SBMPTN. Jangan sampai kamu tumbang karena terlalu banyak belajar. Ambil waktu istirahat yang cukup agar gak tumbang waktu ujian,” papar Abil. 

5. Perbanyak berdoa untuk kurangi nervous

Namanya juga menghadapi tes, wajar dong kalau ngerasa nervous dan bingung sendiri. Hehe. tenang guys, gak kamu aja kok. Banyak banget yang sama kayak kamu. 

Nah, menurut Abil nih, biar kamu gak nervous saat tes kamu harus perbanyak doa saat mengerjakan soal-soal tersebut. Yakin deh kalau doa kamu lantunkan doa di sepanjang ujian, pasti bakal lancar ujiannya dan nervous pun hilang. 

Baca juga: Mau Kuliah Lintas Jurusan? Perhatikan Syarat Berikut Ini Saat Ujian Masuk PT

Jadi gitu guys, 5 tips jitu yang bisa diterapkan saat menghadapi ujian UTBK SBMPTN. Well, good luck ya sobat! Semoga cita-cita kamu masuk kampus impian tercapai seperti Abil. 

Kalau sobat Miku ingin informasi seputar perguruan tinggi dan masuk kuliah, cus deh kunjungi maukuliah.id. Di sana kamu bakal dapatkan informasi yang trusted

Tags tidak ada

Komentar Anda