1. Home
  2. /
  3. Update
  4. /
  5. Tips Jitu Kuliah Daring saat Isolasi Mandiri
Dunia Mahasiswa | Tips & Trik | Update

Tips Jitu Kuliah Daring saat Isolasi Mandiri

5   |   Posted by Seprila Mayang   |   21 July 2021

Masih di tengah masa pandemi yang sedang memuncak, membuat kondisi kegiatan belajar menjadi carut marut. Banyak mahasiswa yang merasa kesulitan untuk mengikuti belajar online karena harus melakukan isolasi mandiri di rumah. 

Yaps, melakukan isolasi mandiri bersamaan dengan kuliah daring di rumah memang tak mudah. Terkadang masih banyak kendala yang dilalui mahasiswa. Ada beberapa dari mereka yang sedang isolasi mandiri dikarenakan terinfeksi virus Covid 19, namun ada pula yang harus merawat keluarga yang sakit. 

Namun, halangan bukan berarti kamu harus menyerah bukan? Masih banyak solusi yang bisa kamu lakukan agar kamu tetap bisa lancar mengikuti kuliah daring. 

Apa saja sih guys, tips yang bisa kamu lakukan bisa tetap kuliah lancar saat isoman? Yuk simak dulu ulasan berikut ini. 

Baca juga: Terbukti! 5 Tips Kuliah Online Agar Menyenangkan Namun Efektif

8 Hal yang harus kamu lakukan saat isolasi mandiri di tengah kuliah daring. 

1. Izin dan lapor pada dosen

Jika kamu dalam masa sulit dan sedang menjalani isolasi mandiri, hal utama yang harus kamu lakukan adalah meminta izin dan buatlah laporan kepada dosen. Dengan mengetahui keadaan kamu yang sebenarnya, dosen akan memahami kondisi yang sedang kamu alami. So, dosen akan lebih bisa memberikan keringanan buat kamu ketika kamu izin tidak mengikuti kegiatan belajar mengajar. 

2. Selalu menjaga semangat dan tetap bahagia

Ketika menjalani suatu kesulitan pasti akan semakin mudah jika kamu tetap bersemangat dalam menjalani hari. Terlebih buat kamu yang sedang isoman nih, semangat sangat dibutuhkan agar kamu membaik dan segera terbebas dari Covid-19. 

Selain semangat, kamu harus tetap bahagia dan gembira dengan mencari hiburan yang ada di sekitarmu. Mulai dari buku, sosial media, hingga ngobrol dengan sahabat terbaikmu. 

3. Usahakan kerjakan tugas dengan tepat waktu

Meskipun situasi tak kondusif, bukan berarti kamu tak mengerjakan tugas dengan baik kan. Kamu bisa mengerjakan seluruh tugas yang diberikan dosen dan mengumpulkannya tepat pada waktunya kok. Jadi, ketika ada waktu yang luang dan badan kamu merasa enakan, kamu bisa memanfaatkannya untuk mengerjakan tugas tersebut. 

4. Sering komunikasi dengan teman sekelas

Jika kamu sedang merasa kurang enak badan dan sakit yang terus melanda. Kamu bisa melakukan komunikasi dengan teman sekelasmu. Dengan begitu kamu akan jauh lebih mudah mengejar ketinggalan pada beberapa mata kuliah. 

5. Kerjakan tugas sesegera mungkin

Meskipun dalam kondisi yang serba sulit, kamu tak boleh menunda pekerjaan ya. Jadi, jika kamu mendapatkan tugas yang diberikan oleh dosen, segera kerjakan tugas tersebut agar kamu terhindar dari keterlambatan dalam mengumpulkan tugas. 

6. Memanfaatkan waktu luang untuk istirahat

Dalam isolasi mandiri, hal yang paling kamu butuhkan adalah waktu istirahat yang cukup. Istirahat yang cukup sangat dibutuhkan agar kamu bisa kembali fit dan siap menghadapi perkuliahan dengan baik dan benar. 

7. Minum obat dan vitamin sesuai anjuran dokter

Agar kamu cepat dalam proses penyembuhan, kamu harus minum obat dan vitamin secara rutin. Jangan sampai kamu lengah dan bikin badan kamu lebih drop lagi. 

8. Makan teratur dan berolahraga

Jadi guys, tips jitu agar terhindar dari suatu penyakit adalah olahraga dan makan yang teratur. Jangan biar kamu tak makan dengan teratur dan mengakibatkan tubuh kamu kekurangan nutrisi dan membuat kondisi semakin terpuruk. 

Baca juga: Kuliah Online Bikin Beban? Yuk Ikuti Tips Berikut Biar Kuliah Jauh Lebih Mudah

Berada di kondisi seperti ini bukanlah suatu keinginan yang pernah ada di benak kamu guys. Namun, keadaan seperti ini bisa kamu antisipasi dengan melakukan tips di atas ya. 

Semoga dengan begitu kondisi kamu akan jauh lebih baik dan segera pulih kembali. Semangat!

Tags tidak ada

Komentar Anda