1. Home
  2. /
  3. Featured
  4. /
  5. Lolos Siswa Eligible SNPB 2023? Berikut Tips Jitu...
Featured

Lolos Siswa Eligible SNPB 2023? Berikut Tips Jitu Pilih Jurusan

Tips Jitu Pilih Jurusan SNPB 2023
124   |   Posted by Seprila Mayang   |   27 January 2023

MAUKULIAH.ID– Pemilihan jurusan pada Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) yang kamu pilih pasti akan sangat berpengaruh dengan masa depan. Salah satunya dalam menentukan karier di masa mendatang. Oleh karena itu, memilih jurusan tidak bisa dianggap sepele. Perlu perhitungan dan trik tertentu. 

Berdasarkan data dari SNMPTN 2022 lalu, kamu pasti bisa memprediksi berapa keketatan setiap program studi. Nah, dari sinilah, kamu akan tahu jika pemilihan jurusan ini sangat berpengaruh dengan kemungkinan lolos atau tidaknya kamu. 

Gak hanya itu saja lho, penyebab kegagalan saat SNBP itu juga dipengaruhi oleh kuota program studi yang lebih sedikit. Jadi kamu harus smart dalam menentukan taktik memilih jurusan. Hm, lalu cara memilih jurusan yang tepat itu gimana sih? Nah kali ini Miku akan kasih tips dan trik yang cocok buat kamu. Let’s check it out!

Tips Jitu Pilih Jurusan untuk Lolos Siswa Eligible

1. Pahami minat yang dimiliki

Mungkin selama ini sobat Miku sering mendengar nasihat dari orang tua, guru BK, kakak kelas kamu atau bahkan artikel dari maukuliah.id sebelumnya dianjurkan untuk tidak lintas jurusan. Anak IPA pasti  dianjurkan memilih Saintek dan anak IPS/Bahasa dianjurkan memilih jurusan Soshum. Namun ketentuan pada SNBP 2023 berubah lho.

Pada SNBP 2023, semua siswa berhak memilih jurusan sesuai keinginan mereka. Jadi setiap siswa bebas memilih prodi untuk SNBP. Misalnya nih, jika kamu berasal dari jurusan IPA maka kamu diperbolehkan mengambil jurusan IPS dan begitu pula sebaliknya. 

Baca juga : Tips Memilih Kampus Agar Tidak Menyesal, Simak Yuk!

2. Pertimbangkan peluang di jurusan pilihan

Strategi yang cukup penting untuk memilih jurusan kuliah adalah mengetahui peluang lolos atau tidak di jurusan yang kamu incar. Ada baiknya juga sobat memilih jurusan SNBP yang punya track record  baik di sekolahmu. Misalnya alumni di sekolah kamu sudah diterima dan juga ada yang sudah berprestasi di jurusan tersebut. Tanyalah kepada guru BK, wali kelas, atau staf Tata Usaha yang mungkin bisa membantu kamu untuk mengetahui rekam jejak alumni tersebut.  

Selain itu, kamu juga harus memilih jurusan tersebut sesuai dengan passion kamu. Jangan sampai kamu memilih jurusan yang tidak sesuai passion hanya karena alumni sekolahmu banyak yang diterima di jurusan tersebut.

Jika kamu ingin mengambil jurusan yang tidak punya track record alumni di sekolahmu, maka kamu bisa cari tahu dulu berapa kuota jurusan yang akan kamu tuju. Selain itu kamu juga bisa cari tahu peminat di tahun lalu. Nah, dari sini kamu bisa menentukan tingkat keketatan jurusan yang akan kamu ambil.

3. Perhatikan seluruh persyaratan yang ada

Terdapat dua ketentuan wajib yang harus kamu perhatikan saat memilih jurusan nanti, antara lain:

Pertama, setiap siswa dapat memilih dua prodi dari satu PTN atau dua PTN (batas maksimal prodi yang bisa dipilih sebanyak dua prodi).

Ketentuan selanjutnya yaitu jika memilih dua prodi, salah satunya harus berada di PTN pada provinsi yang sama dengan SMA asal

Kedua, jika memilih satu program studi, maka bebas memilih prodi di PTN provinsi mana pun. Jadi tidak ada ketentuan asal sekolah yang mengikat dengan pemilihan jurusan.

Baca juga : SNBT 2023 Akan Digelar, Harus Siapin Apa Aja ya?

Nah, gimana nih? Sudah siapkah kamu dengan pilihan prodimu untuk SNPB 2023? Masih ada waktu nih untuk memantapkan pilihan prodimu sampai jadwal pemilihan jurusan SNBP 2023 tiba. Mantapkan pilihanmu sebelum 8 Februari 2023 sembari menunggu namamu masuk dalam daftar eligible. 

Jika kamu masuk eligible, pastikan mengikuti pendaftaran SNBP mulai tanggal 14-18 Februari ya sobat. Saat itu kamu harus sudah mempunyai pilihan untuk program studi SNBP yang kamu pilih, ya! Untuk mendapatkan informasi lainnya terkait SNBT 2023, langsung aja cek maukuliah.id.

Ditulis oleh Salsabilla Tri Andini
Disunting oleh Seprila Mayang

Tags tidak ada

Komentar Anda