Dunia Mahasiswa | Tips & Trik

Mau Lolos Sekolah Kedinasan, Ini Tips dari Mahasiswa STAN yang Berhasil

46   |   Posted by Seprila Mayang   |   08 February 2021

Bisa dibilang sekolah kedinasan merupakan sekolah dambaan kebanyakan pelajar SMA. Sekolah kedinasan ini dinilai mampu mencetak lulusan yang siap kerja. Setiap tahunnya, sekolah kedinasan sangat diburu. Maka dari itu proses seleksinya juga sangat ketat.

Nah, kali ini Mohamad Arif Shalahuddin, mahasiswa DIII Kepabeanan dan Cukai PKN STAN angkatan 2019, akan berbagi tips dan trik yang dia lakukan hingga lulus seleksi. Mau tau kelanjutan ceritanya? Simak di bawah ini ya.

1. Persiapkan sedini mungkin

Masuk ke sekolah kedinasan sudah menjadi mimpi Arif sejak lama. Untuk mencapainya, Arif sudah menyiapkannya sedini mungkin. Sejak duduk di kelas X SMA Arif sudah mulai menyiapkan materi yang akan diujikan dalam ujian PKN STAN.

Tak hanya itu saja, Arif juga rajin mengikuti try out masuk sekolah kedinasan. Dengan demikian, dia udah siap banget nih sobat waktu ujian dilakukan.

Baca juga: Yuk Intip! 5 Jurusan Paling Favorit di PKN STAN

2. Belajar secara rutin

Belajar gak hanya dilakukan selama mau mengikuti tes seleksi saja. Namun belajar secara rutin juga wajib dilakukan agar kamu siap mengikuti tes. Menurut Arif, dengan sering melakukan latihan soal, kamu bakal terbiasa dengan soal-soal yang akan kamu hadapi dalam tes tersebut.

3. Siapkan fisik dengan baik

Beberapa sekolah kedinasan memang membutuhkan fisik yang kuat. So, bagi kamu yang pengen masuk sekolah kedinasan, wajib menyiapkan fisik dan mental yang kuat.

Arif mengatakan, beberapa sekolah kedinasan memang diharuskan mengikuti aktivitas fisik dan memiliki postur tubuh yang baik. Jadi, kamu harus siap tuh sama hal yang kayak ini.

Namun, gak banyak pula sekolah kedinasan yang tidak menggunakan aktivitas fisik dan memperhatikan postur tubuh. Seperti jurusan Akuntansi, Perpajakan, Kebendaharaan Negara di PKN STAN, dan satu lagi ada di STIS.

4. Pilih sekolah kedinasan sesuai dengan kemampuan 

Memilih sekolah kedinasan juga harus disesuaikan dengan kemampuan kamu lho. Bukan berarti kamu harus memaksa dirimu jika kamu gak siap dan mampu untuk masuk sekolah kedinasan.

Arif mengatakan, jika calon mahasiswa sekolah kedinasan juga wajib menyesuaikan kemampuan mereka dengan jurusan yang akan dipilih. Karena selama masuk, kemampuanmu kamu akan diukur.

Baca juga: Jika Tidak Lulus SBMPTN 2021 Bagaimana? Ini Alternatifnya

5. Doa restu orangtua

Nah, ini guys yang paling penting. Doa restu orangtua adalah hal yang paling krusial biar urusan lancar. Maka dari itu, sebelum memilih untuk masuk ke sekolah kedinasan kamu wajib minta doa dan restu ya.

Jadi gitu sobat, tips and trick yang bisa kamu terapkan jika ingin masuk sekolah kedinasan. Semoga bisa membantu kamu ya. Jangan lupa untuk tetap berusaha dan berdoa.

Nah, bagi kamu yang ingin tau cerita selengkapnya mengenai sekolah kedinasan.Simak dan pantau terus di artikel maukuliah.id.

Tags tidak ada

Komentar Anda