1. Home
  2. /
  3. Tips & Trik
  4. /
  5. Yuk Intip! Tips Sukses dan Tahapan Seleksi Masuk...
Info Kampus | Info Kuliah | Info Pendaftaran | Tips & Trik

Yuk Intip! Tips Sukses dan Tahapan Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Kedinasan

40   |   Posted by Seprila Mayang   |   04 May 2021

Jadwal tes masuk ke Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) sebentar lagi digelar nih. Hayo ngaku! Pada deg-degan semuanya ya. Hehe. Tenang sobat, dibawa woles aja. Semua pasti bakal baik-baik aja. 

Asalkan kamu belajar dengan baik, pasti kamu akan mendapatkan hasil yang maksimal juga. Nah, biar sembari menunggu jadwal tes, kita ada informasi terbaru nih seputar tes masuk perguruan tinggi kedinasan mulai dari tahapan seleksi dan tips sukses masuknya. Ada apa saja tuh? Kuy simak di bawah ini ya. 

Tahapan Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Kedinasan

Bagaimana dengan tahapan seleksi masuk ke PTK? Untuk masuk ke PTK kamu harus melalui beberapa hal ini, yaitu:

1. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)

Pada tes seleksi yang satu ini biasanya diadakan secara bersamaan dari SSCN BKN sobat. Jadi semua calon mahasiswa dan taruna dari PTK wajib mengikuti kegiatan ini. Tes ini terdiri dari tiga poin penilaian, yaitu Tes wawancara kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU) dan tes Karakteristik Pribadi (TKP). yang mana tes ini mirip seperti menjalani tes SKD CPNS. 

Pada tes TWK, kamu akan berhadapan dengan nilai-nilai Pancasila, sejarah, dan kewarganegaraan. Sedangkan pada TIU kamu akan dihadapkan dengan kemampuan numerik, kemampuan figural dan tentunya kemampuan verbal. Sementara itu, pada tes TKP kamu akan dinilai dari perilaku dan melakukan penyidikan terhadap dunia kerja. 

2. Tes Seleksi Kompetensi Bidang

Nah, berbeda dengan SKB, tes kemampuan bidang ini akan mengukur kemampuan kamu sesuai dengan bidang yang kamu daftar. Pada tahapan ini biasanya akan dilengkapi dengan ujian praktik dan wawancara. 

3. Tes kesehatan tahap I

Tes kesehatan di sekolah kedinasan biasanya diadakan selama 2x. Tes kesehatan yang pertama biasanya akan dilakukan tes terhadap organ luar seperti tes indra, penciuman, tinggi badan, dan berat badan. 

4. Tes kesehatan tahap II

Tes kesehatan tahap II ini biasanya dilakukan dengan melakukan pemeriksaan secara detail, yaitu pada organ dalam. Selama mengikuti tes, kamu akan dilakukan pengecekan darah, urine, rontgen paru, tes kesehatan paru dan tes lainnya. Yang mana tes tersebut disesuaikan dengan kebutuhanmu. 

5. Kesamaptaan dan Wawancara

Buat yang belum tahu nih, tes kesamaptaan merupakan tes wajib dilalui sebagai syarat tes terakhir dari masuk ke sekolah kedinasan. Tes yang satu ini biasanya dilalui dengan menguji tes kemampuan fisik guys. Maka kamu harus benar-benar yakin dan siap ya dalam melalui tes ini. 

Anyway, tes kesamaptaan ini biasanya dibarengi dengan tes wawancara sobat. Jadi kamu harus bersiap diri untuk mengikuti tes ini ya. 

Baca juga: 5 Keuntungan Sekolah Kedinasan yang Wajib Kamu Tau

Tips sukses masuk Perguruan Tinggi Kedinasan

1. Review materi secara berkala

Saat memasuki sekolah kedinasan, tes yang harus kamu taklukkan untuk pertama kali adalah tes seleksi kompetensi bidang (SKB). Tes yang satu ini biasanya juga disebut sebagai tes potensi akademik (TPA). Btw nih, tes ini akan diadakan melalui portal SSCN-BKN guys. Jadi kayak tes CPNS begitu. 

So, kamu harus melakukan review mengenai soal-soal tersebut ya sobat. Jangan sampai kamu gak melakukan persiapan dengan baik. 

2. Persiapkan mental

Menyiapkan mental itu hukumnya adalah wajib. Kalau kamu gak kuat mental kamu bakalan gak siap buat menghadapi rangkaian tes tersebut. Maka, mulai dari sekarang yuk siapkan mental dengan baik. 

3. Siapkan fisik dengan baik

Banyak perguruan tinggi kedinasan yang memberikan tes fisik untuk menyeleksi calon mahasiswa atau tarunanya. Oleh karena itu, kamu juga harus berlatih secara fisik lho. Kalau kamu bisa berlatih dengan baik maka kamu akan terbiasa dengan tes yang akan diberikan. 

Perlu diketahui, biasanya setelah tes SKD akan diadakan tes kesehatan dan kesamaptaan yang sangat memerlukan kesiapan fisik. Jadi, sobat Miku harus siap ya. 

4. Berlatih untuk persiapan wawancara

Nah, kalau kamu mengikuti tes perguruan tinggi kedinasan, kamu juga wajib untuk mempersiapkan tes wawancara. Kamu bisa tuh mengadakan simulasi wawancara dengan orang terdekatmu biar kamu siap sedia. 

5. Jaga kesehatan 

Yaps, gak afdol rasanya kalau ma ikut tes tapi sakit. Makanya kamu harus benar-benar jaga kesehatan dengan baik ya sobat. Kalau kamu sakit bisa jadi buyar deh konsentrasi dan kesiapan kamu saat menghadapi tes tersebut. 

Baca juga: Kehidupan Mahasiswa Sekolah Kedinasan, Kayak Apa sih?

Mau masuk ke sebuah perguruan tinggi kedinasan, kamu harus benar-benar bisa menyiapkannya dengan baik ya. Jangan sampai kamu santai melulu dan gak nyiapin apa pun itu. 

5 hal itu bisa kamu lakukan dan biasakan ke diri sendiri sebelum kamu menghadapi tes tersebut. Nah, kalau mau informasi seputar perguruan tinggi kedinasan lain, langsung aja kunjungi maukuliah.id. Di sana kamu bakal dapatkan informasi terkini dan terupdate sesuai dengan kebutuhanmu. 

Tags tidak ada

Komentar Anda