1. Home
  2. /
  3. Info Pendaftaran
  4. /
  5. Universitas Gorontalo, Kampus Swasta Tertua di Gorontalo Sekarang...
Info Kampus | Info Mahasiswa | Info Pendaftaran

Universitas Gorontalo, Kampus Swasta Tertua di Gorontalo Sekarang Bisa Daftar Online

Unigo
18   |   Posted by M. Fadholi   |   09 August 2021

Universitas Gorontalo alias UG atau biasa dikenal UNIGO, merupakan salah satu universitas swasta tertua di Gorontalo. Universitas Gorontalo awalnya adalah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gorontalo, perguruan tinggi yang berada dibawah badan hukum Yayasan Pendidikan Duluwo Limo Lopohalaa Gorontalo, yang mulai beroperasi pada tahun 1986. 

“Universitas Gorontalo dulunya bernama Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Duluwo Limo Lopohalaa Gorontalo, Kita kampus swasta tertua dan pertama di daerah Gorontalo,” ujar Rektor Universitas Gorontalo (UG) ‪Dr. Ibrahim Ahmad, S.H.,M.H. dalam wawancara Flash News Mitra SEVIMA, Senin (09/08/2021).

Tak heran kalau kampus Universitas Gorontalo juga sangat terkenal, karena sudah berdiri sejak lama. Baik di kalangan swasta maupun negeri. Walaupun UNIGO kampus swasta, namun dari segi fasilitas pembelajaran maupun pendidikan sangat terjamin.

Memilih perguruan tinggi memang bukan hal yang mudah. Karena jumlah perguruan tinggi negeri maupun swasta di Indonesia yang banyak sekali, khususnya di kawasan Gorontalo, sehingga pilihan pun makin banyak. Namun, UNIGO biasanya dijadikan sebagai salah satu universitas swasta pilihan nomor satu untuk masyarakat Gorontalo. 

“Jumlah perguruan tinggi negeri maupun swasta di kawasan Gorontalo itu banyak sekali sekitar ada 14 kampus. Namun UNIGO biasanya dijadikan sebagai salah satu universitas swasta pilihan nomor satu di kalangan masyarakat Gorontalo.” Terang Ibrahim

Apa sih yang menjadikan UNIGO banyak diminati oleh calon mahasiswa baru, apakah fasilitas pembelajaran oke atau ada keunggulan lain. Berikut ini beberapa alasan kenapa UNIGO harus kamu jadikan pilihan perguruan tinggi sebagai tempat kamu berkuliah.

Baca juga : 5 Kelebihan Perguruan Tinggi Swasta, Gak Kalah dari PTN Lho!

Banyak Pilihan Jurusan dan Fakultas, Kualitas Tak Kalah dari Negeri

Universitas Gorontalo memiliki banyak jurusan yang bisa dipilih sesuai minat dan passion para pelajar. Menurut Ibrahim “di UNIGO sendiri ada 14 program studi untuk program S1 dan 2 Program studi S2, yang rata-ratanya sudah memiliki akreditasi B.”Dan jurusan-jurusan ini di rumpun menjadi 8 fakultas yaitu:

  1. Fakultas Ekonomi
  2. Fakultas Hukum
  3. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
  4. Fakultas Teknik
  5. Fakultas Kehutanan
  6. Fakultas Pertanian
  7. Fakultas Kesehatan Masyarakat
  8. Dan Program Pascasarjana Prodi Magister Hukum dan Magister Manajemen.

UNIGO Mencetak Lulusan Berkualitas, Didampingi Softskill dan Bahasa Inggris

Setiap perguruan tinggi di Indonesia wajib mendapatkan predikat akreditasi yang diberikan oleh Badan Akreditas Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Baik swasta maupun negeri semuanya sama saja. Seperti UNIGO, perguruan tinggi ini berhasil meraih akreditasi B. 

Selain akreditasi, Ibrahim meyakini bahwa perguruan tinggi harus memberikan bekal yang cukup untuk lulusannya, sehingga bisa bersaing di dunia kerja. Oleh kerana itu UNIGO sudah menyediakan fasilitas-fasilitas lain di luar perkuliahan untuk menunjang keterampilan.

“Sebelum mahasiswa lulus dari kampus, kita bekali 3 keterampilan dan pengetahuan, yaitu: 1. Keterampilan bahasa asing, harus bisa berbahasa inggris. 2. Penguasaan tentang IT dan 3.  Terdapat lembaga sertifikasi profesi, untuk menunjang pembekalan profesi lulusan UNIGO”. Jelas pak Rektor

Baca juga : 5 Soft Skills Yang Dibutuhkan Lulusan untuk Sukses

Bagaimana Cara Mendaftar ke UNIGO?

Ibrahim menuturkan untuk pelajar yang ingin mendaftar di UNIGO ada beberapa cara yang bisa dilakukan, namun yang paling tren sekarang yaitu pendaftaran secara online. Jadi untuk peminat yang ingin daftar di UNIGO bisa langsung daftar secara online dengan membuka pmb.unigo.ac.id di internet atau mesin pencari.

“Gampang sekali untuk daftar di UG, karena sudah pakai siAkad Cloud dan sistem penerimaan mahasiswa baru (PMB) dari SEVIMA. Peminat tinggal klik pmb.unigo.ac.id,” terang dia

Dengan adanya pendaftaran online, UNIGO menjadi pelopor digitalisasi di kampus di Gorontalo dengan bisa daftar kuliah dari rumah saja. Implementasi digitalisasi di UNIGO ini berkat kerjasama dengan SEVIMA dalam pelayanan dan tata kelola sistem informasi akademik. Sehingga bisa melakukan pendaftaran online.

“Kita berterima kasih kepada SEVIMA, banyak manfaat yang kita terima, seperti integrasi antar sistem yaitu integrasi sistem akademik, keuangan dan sistem kepegawaian sehingga jadi lebih efektif dan mudah. Dulu kita terkendala dengan sistem yang manual, sepanjang tahun kita mengalami hal itu. Dengan kerjasama dengan SEVIMA, kita merasa banyak sekali manfaat dan kemudahan yang UNIGO dapat.” Pungkas Ibrahim

Oke, buat adik-adik SMA yang sedang merencanakan kemana akan berkuliah selanjutnya bisa kuliah di Universitas Gorontalo, daftarnya mudah tinggal akses pmb.unigo.ac.id

Tags tidak ada

Komentar Anda