1. Home
  2. /
  3. Kampus Terbaik
  4. /
  5. Universitas Swasta Terbaik di Indonesia Versi QS Asia...
Info Kampus | Info Kuliah | Kampus Terbaik

Universitas Swasta Terbaik di Indonesia Versi QS Asia University Rankings 2021

714   |   Posted by Seprila Mayang   |   11 February 2021

QS World University Rankings (WUR) akhirnya kembali meriliskan hasil pemeringkatan universitas terbaik di Asia dalam QS Asia University Rankings pada tahun 2021 ini.

Dalam pemeringkatan ini, terdapat 650 perguruan tinggi di Asia yang masuk dalam pemeringkatan bergengsi ini. Di Indonesia sendiri terdapat 30 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang masuk dalam pemeringkatan ini.

Beberapa waktu lalu kan kita sudah membahas tuntas seputar 10 PTN terbaik yang masuk dalam pemeringkatan ini. Nah, sekarang giliran PTS terbaik di Indonesia yang masuk dalam pemeringkatan QS Asia University Rankings 2021. Ada kampus mana saja yang masuk? Yuk check it out!

1. Binus University

Binus University menduduki peringkat 227 dalam pemeringkatan ini. Kampus ini sudah menjadi kampus swasta unggulan dan terfavorit di kalangan masyarakat Indonesia. Kampus ini memiliki fasilitas penunjang belajar terbaik yang mana mampu mencetak lulusan yang luar biasa.

Di Indonesia sendiri, Binus University berhasil menempati peringkat ke 7. Nah, kampu ini cocok banget buat kamu yang ingin mendalami entrepreneurship, computer science, interior design, dan komunikasi.

Baca juga: 100 PTN & PTS Terbaik Indonesia 2021 Versi Webometrics

2. Telkom University

Terletak di Kota Kembang, Telkom University mampu mengembangkan pendidikan terbaik di Indonesia. Kampus ini dulunya memiliki nama STT Telkom, namun kemudian diubah menjadi Telkom University.

Dalam pemeringkatan ini, Telkom University berada di urutan 401-450 lho. Bisa dibilang kampus ini punya kualitas dan output yang sangat luar biasa. Maka dari itu sampai sekarang kampus ini masih menjadi favorit di Indonesia.

3. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

Menjadi salah satu kampus swasta terbesar di Indonesia, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya adalah kampus yang berhasil menduduki 500 besar di Asia University Rankings 2021. Kampus ini berada pada posisi 451-500.

Kampus yang terletak di wilayah DKI Jakarta ini sudah berhasil mencetak segudang prestasi. Makanya, banyak banget nih yang kepincut masuk di kampus ini.

4. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)

Yang satu ini adalah kampus yang berada di Kota Gudeg. Yups, gak cuma terkenal bagus aja, tapi kampus ini juga sudah berhasil berada pada peringkat 551-600.

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta sendiri merupakan kampus yang sangat fokus dengan mengembangkan ilmu keagamaan islam dan keilmuan secara berbarengan. Maka dari itu, kampus ini banyak banget diburu oleh pelajar SMA di Indonesia.

Baca juga: 10 PTS Terbaik di Indonesia 2021 Versi Webometrics

5. Universitas Islam Indonesia (UII)

Masih berada di wilayah Yogyakarta, Universitas Islam Indonesia merupakan salah satu kampus terbaik yang masuk dalam pemeringkatan QS Asia University Rankings. Kampus ini berhasil menduduki peringkat 501-550 dalam pemeringkatan tersebut.

Sobat maukuliah harus tau nih, kalau kampus ini sudah berhasil meluluskan alumni terbaiknya. Banyak dari lulusan kampus ini yang sudah sukses menapaki karirnya. Wah, keren ya.

6. Universitas Pelita Harapan (UPH)

Universitas Pelita Harapan adalah salah satu kampus terbesar yang terletak di Kota Tangerang, Banten. Kampus yang berdiri sejak tahun 1993 ini rupanya juga memiliki kampus lain di beberapa wilayah di Indonesia, seperti Surabaya dan Medan.

Kepiawaian kampus ini dalam mengelola kampus rupanya berbuah manis. Kampus yang kerap disapa UPH ini berhasil berada pada posisi  551-660 pada Asia University Rankings.

7. Universitas Surabaya (Ubaya)

Yang satu ini sih adalah salah satu kampus swasta terbesar di Kota Pahlawan. Berdiri sejak tahun 1966, Kampus Ubaya terus bertransformasi mempersembahkan yang terbaik.

Terang saja, hingga saat ini kampus ini sudah menjadi langganan juara di berbagai macam bidang. Hingga pada tahun 2021 ini, kampus ini mampu menduduki peringkat 551-660 di Asia.

Baca juga: 10 Jurusan Saintek Paling Diminati di SBMPTN 2020

8. Universitas Ahmad Dahlan (UAD)

Universitas Ahmad Dahlan merupakan kampus yang berada di wilayah DI Yogyakarta. Kampus ini dulunya merupakan cabang dari IKIP MUhammadiyah Yogyakarta. Namun pada tahun 1960 kampus ini berhasil berdiri sendiri.

Dalam pemeringkatan Asia University Rankings, kampus ini berhasil mendapatkan Peringkat 601+ dan menempati peringkat 10 besar kampus terbaik di Indonesia.

9. Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)

Kampus ini adalah kampus Muhammadiyah kedua yang berhasil menduduki daftar perguruan tinggi dalam kategori Asia University Rankings. Berdiri sejak tahun 1981, UMS mampu menduduki urutan  601+.

Tentunya, kampus ini sudah berhasil mengalahkan ribuan kampus lain yang bersaing dalam pemeringkatan ini. Wah keren ya.

10. Universitas Tarumanagara (Untar)

Usut punya usut, kampus ini merupakan kampus yang diinisiasi oleh para wartawan muda dalam perkumpulan Sin Ming Hui. Kemudian pada tahun 1959, kampus ini akhirnya berhasil didirikan untuk membantu mahasiswa yang kurang dalam finansial.

Berbekal dari niat baik itulah, akhirnya kampus yang ada di wilayah Jakarta ini mulai berkembang pesat. Hingga akhirnya saat ini kampus Untar berhasil mendapatkan peringkat 601+ dalam Asia University Rankings.

Baca juga: Jika Tidak Lulus SBMPTN 2021 Bagaimana? Ini Alternatifnya

Nah, itu tadi adalah 10 PTS terbaik di Indonesia guys. Beberapa kampus itu mungkin bisa kamu jadikan referensi untuk melanjutkan studi di masa depan.

Kalau kamu masih suka bingung milih jurusan atau kampus yang kampu pengin. Coba aja langsung cek di maukuliah.id. Laman ini akan membantumu dalam menyiapkan masa depan terbaik.

Tags tidak ada

Komentar Anda