1. Home
  2. /
  3. Info Kampus
  4. /
  5. Universitas Yang Menerima Program Ekstensi (Alih Jalur)
Info Kampus

Universitas Yang Menerima Program Ekstensi (Alih Jalur)

554   |   Posted by Fadhol   |   10 September 2021

Hallo sobat Miku, banyak banget, mahasiswa yang menanyakan terkait rekomendasi kampus yang menyediakan program ekstensi. Mungkin kamu salah satunya yang tidak PD dengan gelar Ahli madya (A.Md). Nah, biar pada ngerti apa itu program ekstensi, lebih baik kita jabarkan terlebih dahulu, ya.

Program ekstensi adalah program pendidikan tinggi lanjutan dari D3 ke S1. Kita tahu, dalam perguruan tinggi beberapa pilihan untuk melanjutkan pendidikan, diantaranya Diploma (D3 & D4) untuk Sekolah Vokasi dan Sarjana atau Strata 1 (S1).

Dimana D3 ditempuh selama 3 tahun dengan gelar Ahli Madya (A.Md), D4 dan S1 ditempuh selama 4 tahun dengan mendapat gelar Sarjana (S.Tr untuk Vokasi dan S dengan diikuti jurusan yang diambil misalnya S.T untuk Sarjana).

Namun, tidak semua kampus di Indonesia menyelenggarakan program ekstensi. Bisa dibilang jarang ada. Nah, buat kalian yang sedang mencari info program ekstensi, berikut beberapa rekomendasi kampus yang menyelenggarakan ekstensi.

Kampus Yang Menyediakan Program Ekstensi

1. Institut Pertanian Bogor

Kampus yang menyediakan program ekstensi salah satunya adalah Universitas Negeri di kota hujan ini. IPB memberikan kesempatan bagi kamu yang berminat menimba ilmu ke jenjang lebih tinggi. Jurusannya sebagai berikut : S1 : Ilmu Manajemen, Ilmu Komputer dan Agribisnis. Info lebih lanjut : http://alihjenis.ipb.ac.id/.

2. Universitas Airlangga, Surabaya

Dari Bogor kita pergi ke Surabaya. Nah ini dia beberapa program studi yang mengadakan program alih jenis di UNAIR :S1 : Pendidikan Bidan, Kesehatan Masyarakat, Pendidikan Ners, Manajemen, Akuntansi, Ilmu Informasi dan Perpustakaan, Sastra Inggris. Klik : http://www.ppmb.unair.ac.id/web/site/alihjenis.

3. Universitas Indonesia, Depok

Selanjutnya ada UI. Yap, UI memiliki empat jurusan yang punya program ekstensi : S1 : Manajemen, Akuntansi, Kesehatan Masyarakat dan Ilmu Keperawatan. Info lebih lanjut : http://www.penerimaan.ui.ac.id.

4. Universitas Negeri Jakarta

Anak Jakarta mana yang nggak kenal kampus ini? Kampus ini punya tujuh program studi ekstensi : S1 : Akuntansi, Manajemen, Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Pendidikan Busana, Pendidikan Tata Boga, Pendidikan Tata Rias dan Pendidikan Teknik Mesin. Info lebih lanjut : http://www.penmaba.unj.ac.id.

5. Universitas Telkom, Bandung

Kita bergeser ke kota kembang dulu. Ini dia Tel-U dengan beberapa program studi yang punya jalur ekstensi : S1 : Teknik Telekomunikasi, Teknik Informatika, Sistem Komputer, Administrasi Bisnis, Akuntansi Info lebih lanjut : https://www.smb.telkomuniversity.ac.id.

6. Universitas Mercu Buana, Jakarta

Balik lagi ke Jakarta. Kalau mau lanjut Kelas Karyawan S1 atau S2 bahkan S3 bisa di sini. Pilihan jurusan di antaranya :

S1 : Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Industri, Teknik Sipil, Teknik Arsitektur, Teknik Informatika, Sistem Informasi, Manajemen, Akuntansi, Desain Produk, Desain Interior, Desain Komunikasi Visual, Broadcasting, Public Relation, Marketing Communication & Advertising, Psikologi Umum.

S2 : Magister Manajemen, Magister Akuntansi, Magister Ilmu Komunikasi, Magister Teknik Industri, Magister Teknik Elektro, Magister Teknik Sipil.

S3 : Program Doktor Manajemen. Info lebih lanjut : www.kk.mercubuana.ac.id/.

7. Universitas Bina Nusantara, Jakarta

Bagi kamu yang pengen kelas dengan metode Online Learning, BINUS punya programnya : S1 : Akuntansi, Manajemen Bisnis dan Sistem Informasi. Info lebih lanjut : http://www.onlinelearning.binus.ac.id.

8. Universitas Bakrie, Jakarta

Universitas Bakrie juga punya kelas ekstensi loh! Ini dia program studinya : S1 : Manajemen, Akuntansi, Ilmu Komunikasi, Informatika, Sistem Informasi, Teknik Industri, Teknik Sipil. Info lebih lanjut : http://www.bakrie.ac.id/id/program-kelas-karyawan.

9. Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya

Pindah lagi ke Surabaya. ITS juga punya program lintas jalur : S1 : Statistika, Teknik Kimia, Teknik Fisika, Teknik Sipil, Teknik Sistem Perkapalan dan Teknik Elektro Info lebih lanjut : http://www.smits.its.ac.id/sarjana/.

10. Universitas Widyatama, Bandung

Pindah lagi ke Bandung. Ada Universitas Widyatama dengan program kelas karyawan : D4 : Studi Desain Grafis. S1 : Manajemen, Akuntansi, Pendidikan Profesi Akuntansi, Teknik Industri, Teknik Informtika, Sistem Informasi, Bahasa Inggris. S2 : Magister Manajemen dan Magister akuntansi. Info lebih lanjut : http://www.kk.widyatama.ac.id/.

11. Universitas Jember

Selanjutnya ada Universitas Jember, Info selengkapnya bisa di akses: Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Alih Jenis Semester Gasal Tahun Akademik 2020/2021

12. Universitas Negeri Surabaya

Salah satu kampus negeri yang ada di Surabaya ini juga membuka program alih jenjang D3 yang berasal dari jurusan D3 Teknik Sipil atau D3 Transportasi ke S1 dengan pilihan jurusan S1 Teknik Sipil dan S1 Pendidikan Teknik Bangunan. Kamu bisa cari tahu lebih lanjut disini: http://bakpk.unesa.ac.id/

13. Universitas Diponegoro

Dahulu kampus ini tidak menyediakan program ini, tapi pada tahun ini Universitas Diponegoro membuka kembali Penerimaan Mahasiswa Baru Lanjutan dari D3 ke D4 (Sarjana Terapan) dengan pilihan program studi Teknik Infrastruktur Sipil dan Perancangan Arsitektur.

Program ini hanya tersedia untuk mahasiswa asal Lulusan dari Universitas Diponegoro. Info lebih lengkap silahkan kunjungi: https://pmb.undip.ac.id/jalur-lanjutan-d3/

14. Politeknik Negeri Padang

Nama Program di kampus ini adalah Alih Kredit yaitu dari jenjang D3 ke D4 (Sarjana Terapan), yang diadakan dengan maksud untuk memberikan kesempatan kepada lulusan D3 untuk meningkatkan kompetensinya melalui pendidikan formal, ke jenjang D4 (Sarjana Terapan).

Untuk lulusan D3 Teknik Sipil, program studi yang disediakan adalah D4 Teknik Perencanaan Irigasi dan Rawa. Untuk info lebih lanjut: https://www.pnp.ac.id/?p=9938

15. Politeknik Negeri Bandung

Nama program alih jenjang di Politeknik Negeri Bandung adalah RPL (Rekognisi Pembelajaran Lampau), seperti nama program di Institut Sepuluh November yaitu pengakuan atas capaian pembelajaran seseorang yang diperoleh dari pendidikan formal, informal atau konversi pengalaman kerja ke dalam pendidikan formal.

Mahasiswa harus menempuh proses pembelajaran/perkuliahan untuk menyelesaikan sisa sks yang belum/tidak memperoleh pengakuan. Silahkan berkunjung ke: https://smb-rpl.polban.ac.id/

16. Politeknik Negeri Semarang

Nama program alih jenjang D3 ke D4 di Politeknik Negeri Semarang ini adalah STLJ (Sarjana Terapan Lanjut Jenjang). Menurut sumber STLJ POLINES, program ini dibuka dengan harapan untuk memberikan kesempata bagi lulusan D3 untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Program STLJ ini mahasiswa akan menempuh perkuliahan selama 3-4 semester dengan pilihan waktu kuliah sore dengan harapan lulusan D3 yang sudah bekerja dapat memanfaatkan kesempatan belajar ini. Untuk info https://www.polines.ac.id/id/index.php/berita/558-polines-buka-program-pendaftaran-sarjana-terapan-lanjut-jenjang

17. Politeknik Negeri Malang

Program di Politeknik Negeri Malang ini sama dengan program milik Politeknik Negeri Bandung, yaitu RPL (Rekognisi Pembelajaran Lampau). Untuk jurusan yang bisa dipilih setelah lulus dari D3 Teknik Sipil adalah D4 Manajemen Rekayasa Konstruksi.

Selain membuka program untuk alumni D3, Politeknik Negeri Malang juga membuka untuk alumni D2 untuk melanjutkan ke D4. Untuk info lebih lengkap disini: https://jtd.polinema.ac.id/user/index.php?p=content-select&id=105

18. Politeknik Negeri Ujung Pandang

Dalam rangka pengembangan dan peningkatan kesempatan melanjutkan pendidikan bagi Lulusan Diploma 3 khusunya Politeknik, Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Ujung Pandang membuka Program Kelas Alih Jenjang S1-Terapan (D4) dengan pilihan Program Studi D4 Jasa Konstruksi, sehingga Politeknik Negeri Ujung Pandang juga bisa menjadi salah satu alternatif jika mahasiswa alumni D3 Teknik Sipil ingin melanjutkan jenjang lebih tinggi. Untuk informasi lebih lanjut: https://www.poliupg.ac.id/

Perguruan tinggi yang masih membuka program ekstensi dari D3 ke S1 masih banyak, biasanya sebagian besar PTS, tergantung jurusan kamu apa. Kamu bisa update terus informasi program tersebut di official sosmed atau website resmi setiap PTN dan PTS.

Dan silahkan melakukan pengecekan secara berkala ke situs situs resmi kampus untuk mengetahui informasi lebih lanjut. Karena setiap kampus memiliki kebijakan yang berbeda – beda, termasuk informasi apakah program tersebut masih tersedia dikarenakan ada beberapa kampus yang sebelumnya membuka program alih jenjang kemudian menutupnya.

Nah, kamu juga bisa cek beberapa informasi terkait pendaftaran kampus dan juga informasi detaal terkait kampus yang ingin kamu tuju bisa cek di maukuliah.id yang siap membantu kamu menemukan kampus yang cocok. Semangat ya!

Sumber:
10 Kampus Negeri Memiliki Program Ekstensi untuk Alih Jenjang D3 Teknik Sipil
Referensi Perguruan Tinggi Program Ekstensi di Indonesia

Tags tidak ada

Komentar Anda