1. Home
  2. /
  3. Tips & Trik
  4. /
  5. UTBK Dimulai, Ini Tips Lolos Kampus Negeri dari...
Info Kuliah | SBMPTN | Tips & Trik

UTBK Dimulai, Ini Tips Lolos Kampus Negeri dari Anies Baswedan

90   |   Posted by Seprila Mayang   |   13 April 2021

Lolos masuk di sebuah perguruan tinggi negeri adalah mimpi banyak orang. Namun, untuk bisa masuk ke PTN, calon mahasiswa harus melalui berbagai macam proses seleksi masuk perguruan tinggi. Salah satunya melalui jalur Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK)- Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). 

Menjelang UTBK-SBMPTN 2021 yang diadakan pada Senin (12/04), Maukuliah.id dari SEVIMA kerjasama dengan Komunitas Mahasiswa UNY mengadakan Seminar Nasional Tryout Pejuang PTN yang digelar pada Minggu (11/04) pagi. Acara ini turut dihadiri Gubernur DKI Jakarta sekaligus Menteri Pendidikan era Kabinet Indonesia Kerja, H. Anies Baswedan, Ph.D.

Pada kesempatan ini, Anies turut memberikan tips terbaik yang bisa diaplikasikan oleh seluruh calon mahasiswa yang sedang berjuang menghadapi UTBK-SBMPTN. “Setiap kesuksesan pasti membutuhkan suatu pengorbanan. Agar Anda bisa mencapainya, maka Anda harus menyiapkan mental dan daya uji yang kuat,” terang Anies yang juga merupakan alumni Universitas Gadjah Mada. 

Baca juga: Tips Hadapi UTBK-SBMPTN ala Mahasiswa FK UNAIR 2020

Sevima Maukuliah dan Seminar Nasional Tryout Pejuang PTN

Acara tryout akbar yang digelar dengan skala nasional ini merupakan suatu bentuk dukungan kepada para calon mahasiswa agar siap menghadapi SBMPTN 2021. Maukuliah.id pun turut andil memberikan dukungan kepada komunitas UNY untuk menyelenggarakan kegiatan ini. 

Ilham Dary, Community Manager SEVIMA yang juga sebagai pembawa acara seminar mengungkapkan, bahwa Pak Anies merupakan seorang pejuang dan sosok inspiratif. Banyak hal yang bisa kita teladani dari beliau untuk terus berjuang dan berusaha dalam mencapai suatu kesuksesan.  

Baca juga: Cara Hitung Nilai UTBK 2021 Pakai Sistem IRT

Tips sukses UTBK-SBMPTN menurut Anies Baswedan

1. Kesempatan belajar harus diambil

Anies mengatakan, agar seorang pelajar bisa mencapai titik kesuksesan, maka harus bisa memanfaatkan kesempatan dalam belajar. 

“Jadilah pembelajar yang selalu memanfaatkan kesempatan belajar. Dengan mengambil kesempatan belajar, kesuksesan akan Anda temukan di kemudian hari,” tegas Anies. 

2. Merencanakan segala hal

Seorang pembelajar harus pandai merencanakan segala hal. Keberhasilan bukan suatu hal yang didapat secara instan, tapi butuh perencanaan yang matang untuk meraihnya. 

“Bila ada keberhasilan dalam jangka panjang, maka keberhasilan Anda merupakan keberhasilan yang sudah direncanakan bukan secara yan instan,” pungkas Anies. 

3.Kemampuan belajar disesuaikan dengan kemampuan diri

Agar belajar tetap menyenangkan, seorang pembelajar harus menyesuaikan kemampuan belajar sesuai dengan kemampuannya masing-masing. 

Anies mengatakan, “Seorang pembelajar harus bisa belajar dengan menyesuaikan kemampuan masing-masing. Jika bisa berhasil dilakukan dengan baik, maka seorang pembelajar akan merasa senang dan tak terbebani saat belajar.”

4. Sukses harus dengan effort yang maksimal

Sudah bukan menjadi suatu rahasia lagi, untuk mendapatkan hasil yang maksimal harus disertai dengan effort yang maksimal. Ini juga dituturkan oleh Anies saat acara seminar kali ini. 

“Hasil yang maksimal tidak bisa dilakukan secara instan. Seorang yang sukses harus butuh effort yang maksimal,” kata Anies. 

5. Menaklukkan diri sendiri adalah kunci sukses 

Banyak sekali faktor yang mempengaruhi sebuah kesuksesan. Salah satunya adalah menaklukkan diri sendiri. Menurut Anies, hal yang paling sulit dalam menuju kesuksesan adalah menaklukkan diri sendiri. Karena kita harus meyakinkan diri sendiri agar bisa menggapai kesuksesan tersebut. 

“ Jika Anda bisa menaklukkan diri sendiri, saya yakin Anda akan sukses di masa depan. Ini adalah kunci menuju kesuksesan tersebut,” ungkap Anies. 

Anies juga menambahkan, jika calon mahasiswa ingin sukses dalam mengerjakan UTBK-SBMPTN, calon mahasiswa harus fokus dan mengurangi bermain handphone dan social media. Jangan sampai menyesal di kemudian hari jika tidak memanfaatkan waktu belajar dengan sebaik mungkin. 

Saat menghadapi seleksi UTBK-SBMPTN kunci utamanya adalah semangat. Untuk selebihnya, para peserta bisa menyiapkan mental dan daya uji saat menghadapi ujian tersebut. 

“Alat dan metode dalam mengerjakan soal boleh berubah, tapi semangat dalam diri Anda tidak boleh berubah. Intinya, dalam menghadapi suatu ujian Anda harus yakin dan mempersiapan mental dengan baik. Tak lupa, sisipkan pula daya juang yang tinggi, sehingga Anda akan siap dalam menghadapi ujian UTBK-SBMPTN tersebut,” tutup Anies. 

Tags tidak ada

Komentar Anda