Info Jurusan | Info Kampus | Kampus Terbaik | Update

Yuk Intip! 5 Jurusan Paling Favorit di PKN STAN

Jurusan di PKN STAN
125   |   Posted by Seprila Mayang   |   22 January 2021

Jangan ditanya lagi deh kalau masalah masuk PKN STAN. Pasti sobat Miku pada kepengin semua kan? Hihi. Meskipun namanya Sekolah Tinggi Akuntansi Negara, tapi jurusan yang ada di kampus ini bervariatif lho. 

Nah, kita mau ngasih tau sobat miku nih, jurusan apa saja yang paling laris di sekolah kedinasan ini. Yuk simak. 

1. Akuntansi

Jurusan akuntansi di PKN STAN sudah menjadi hal yang paling ikonik di sini. Tak ayal, banyak banget peminat di jurusan ini. Kalau mau masuk di jurusan ini, kamu wajib menyiapkan mental dan pikiran dengan matang ya guys. 

Di jurusan akuntansi ini terdiri dari program diploma 3 dan diploma 4. Nantinya kamu bakal mempelajari berbagai mata kuliah seperti akuntansi pemerintahan, hukum keuangan negara, keuangan publik dan mata kuliah lain. Saat lulus nanti kamu akan berkesempatan menjadi tenaga akuntan di seluruh instansi di Indonesia. Hm, keren kan. 

Baca juga: Jika Tidak Lulus SBMPTN 2021 Bagaimana? Ini Alternatifnya

2. Perpajakan

Dunia keuangan pasti tak jauh dari pajak. Di sekolah kedinasan ini juga menyediakan program studi pajak. Mahasiswa yang mengambil jurusan ini akan belajar banyak tentang administrasi dan tata kelola pajak sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 

Memang belajar pajak gak semudah yang dibayangkan sih, tapi kamu pasti bisa deh melaluinya dengan baik jika bersungguh-sungguh. Lulusannya sih biasanya akan berkecimpung di Ditjen Pajak RI. Yang jelas masa depan kamu bakal terjamin disini.

 3. Kepabeanan dan Cukai

Jurusan Kepabeanan dan Cukai, merupakan suatu jurusan di STAN yang identik dengan laki-laki. Gimana nggak? Selama pendidikan kamu akan digembleng semi militer. Jadi lulusannya harus siap dengan rintangan yang ada.

Eits, tapi tenang aja guys, kalo kamu siap dan mempersiapkan sedini mungkin pasti kamu bisa kok. Percaya deh! Setelah lulus nanti, mahasiswa dari jurusan ini kebanyakan akan bertugas di Dirjen Kepabeanan dan Cukai RI. Wah asik ya!

Baca juga: Anti Galau! 7 Hal Ini Bisa Jadi Alternatif Jika Kamu Tidak Lulus SBMPTN

4. Kebendaharaan Negara

Kalau yang satu ini adalah jurusan yang paling dibutuhkan untuk mengelola perencanaan dan pelaporan keuangan negara. Di PKN STAN, terdapat D1 dan D3 Kebendaharaan Negara. 

Lulusan dari program studi ini akan bekerja di Ditjen Anggaran, Ditjen Pengelolaan Utang, dan Ditjen Perbendaharaan. Sudah siap belum nih sobat miku jadi bagian dari sini? Hihi.

5. Manajemen Aset

Manajemen Aset merupakan jurusan yang paling kece juga nih di PKN STAN. Jurusan ini akan berkutat dengan mata kuliah yang berbau hukum. Salah satunya tentang piutang, lelang negara, serta penilaian aset properti. 

Saat lulus nanti, lulusannya akan berkecimpung dan bekerja di Ditjen Kekayaan Negara di seluruh Indonesia. Yang pastinya sih jurusan ini sangat dibutuhkan di setiap wilayah di Indonesia. Jadi, siap-siap saja ya guys.

Memang sih, masuk di PKN STAN merupakan kebanggan tersendiri bagi setiap orang. Namun, disini kamu juga harus serius saat menjalankan perkuliahan. Nah, jika kamu gak serius dan main-main, maka bisa jadi kamu dikeluarkan lho. Duh, amint-amit deh!

Makanya, kalau kamu sudah yakin masuk di PKN STAN, wajib banget kamu menyiapkan dengan baik ya. Salah satunya dengan membuka website maukuliah.id. Di sini kamu akan mendapatkan informasi seputar perguruan tinggi dengan sangat jelas. 

Gak hanya itu guys, pastikan kalau kamu harus tetap semangat dan pantang mundur saat menggapai mimpimu ya. Oh iya, meskipun persaingan masuk PKN STAN terlihat sangat ketat, tapi yakinlah jikan prospek kerjanya juga sangat cerah. Good luck ya sobat! 

Tags tidak ada

Komentar Anda