1. Home
  2. /
  3. Kampus Terbaik
  4. /
  5. 10 Jurusan Favorit di UGM, Banyak Diminati di...
Info Kampus | Info Kuliah | Kampus Terbaik

10 Jurusan Favorit di UGM, Banyak Diminati di SBMPTN

7   |   Posted by M. Fadholi   |   09 August 2021

Siapa yang ingin masuk Universitas Gadjah Mada (UGM) salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang paling diminati di Indonesia. Dilansir dari situs resmi UGM dan BAN-PT, sebagian besar program studi yang ada di Universitas Gadjah Mada telah mendapatkan akreditasi A dari BAN PT dan bahkan memiliki akreditasi internasional.

Jika kamu memiliki jiwa kompetitif yang tinggi, maka kamu perlu mengetahui apa saja jurusan favorit di UGM, sehingga kamu bisa mendaftarkan dirimu untuk bersaing dengan ribuan calon maba lainnya. Berani?

Baca juga : 10 Jurusan UI Paling Dicari di SBMPTN 2021

10 Jurusan Paling Laris di UGM Paling Diminati di SMBPTN

  1. Psikologi
  2. Hukum
  3. Kedokteran
  4. Manajemen
  5. Ilmu Komunikasi
  6. Farmasi
  7. Akuntansi
  8. Ilmu Hubungan Internasional
  9. Teknologi Informasi
  10. Teknik Sipil

Apabila kamu memiliki jiwa kompetitif yang tinggi, maka kamu bisa berusaha untuk masuk ke 10 jurusan favorit di UGM berikut ini:

1. Psikologi

Jumlah Peminat SBMPTN 2020: 3.655

Jurusan Psikologi menempati urutan teratas sebagai jurusan yang paling diminati di UGM secara keseluruhan. Kamu bisa menempuh program Sarjana selama 3,5 – 4 tahun, kemudian mendapatkan gelar S.Psi. Sedangkan, untuk mendapatkan lisensi sebagai seorang psikolog, kamu perlu lanjut mengambil Magister Psikologi Profesi.

2. Hukum

Jumlah Peminat SBMPTN 2020: 3.575

Jurusan yang selanjutnya adalah Ilmu Hukum. Terletak di antara Fakultas Filsafat dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, sebelum meraih gelar S.Hum. selama 4 tahun, kamu akan dihadapkan kepada beberapa pilihan departemen untuk dikonsentrasikan. Terdapat 11 departemen yang dapat dipilih, yaitu: Hukum Adat, Hukum Administrasi Negara, Hukum Agraria, Hukum Dagang, Hukum Internasional, Hukum Islam, Hukum Lingkungan, Hukum Pajak, Hukum Perdata, Hukum Pidana, dan Hukum Tata Negara.

3. Kedokteran

Jumlah Peminat SBMPTN 2020: 3.565

Jurusan Kedokteran menduduki peringkat pertama sebagai jurusan dengan peminat terbanyak di UGM untuk kelompok Saintek. Setelah lulus dari jurusan ini, kamu akan memperoleh gelar S.Ked. Untuk menjadi Sarjana Kedokteran, kamu bisa menempuh studi selama 3,5 tahun, kemudian melanjutkan koas selama 2 tahun untuk meraih gelar dr. (dokter).

Baca juga : 10 Jurusan ITS Paling Laris di SBMPTN 2021

4. Manajemen

Jumlah Peminat SBMPTN 2020: 3.119

Salah satu jurusan di dalam Fakultas Ekonomika dan Bisnis ini juga menjadi salah satu jurusan favorit di UGM untuk kelompok Soshum. Jika kamu masuk jurusan Manajemen, maka kamu akan mempelajari manajemen strategis, keuangan, operasi, pemasaran, dan sumber daya manusia untuk mengelola suatu bisnis. Kamu akan dididik melalui kombinasi teori, studi kasus, dan penerapannya di dunia nyata. Akreditasi jurusan ini pun telah diakui baik secara nasional maupun internasional. Kamu bisa menempuh pendidikan selama 4 tahun dan meraih gelar S.E..

5. Ilmu Komunikasi

Jumlah Peminat SBMPTN 2020: 2.205

Jurusan Ilmu Komunikasi ini merupakan salah satu program studi yang ada di dalam Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Jurusan ini sangat cocok bagi kamu yang ingin mempelajari perubahan media, komunikasi, dan teknologi. Kamu akan memilih 1 dari 4 peminatan, yaitu: Humas, Jurnalisme, Media Hiburan, dan Periklanan. Setelah lulus dari pendidikan selama 3,5 – 4 tahun, kamu akan disematkan gelar S.Ikom..

6. Farmasi

Jumlah Peminat SBMPTN 2020: 2.201

Kembali lagi ke kelompok Saintek, kali ini ada jurusan Farmasi yang kampusnya terletak di sebelah Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan UGM. Setelah lulus dari program Sarjana, kamu akan memperoleh gelar S.Farm. Jika kamu ingin menjadi seorang apoteker, maka kamu bisa mengambil pendidikan profesi selama 1 tahun untuk meraih gelar Apt..

7. Akuntansi

Jumlah Peminat SBMPTN 2020: 2.108

Nah, kini kembali lagi ke kelompok Soshum, ada satu jurusan yang berada di bawah naungan Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM, yaitu Akuntansi. Meskipun memiliki akreditasi, jangka waktu studi, dan gelar yang sama dengan lulusan jurusan Manajemen, tetapi di dalam jurusan yang satu ini, kamu akan lebih fokus kepada kegiatan audit, pelaporan keuangan, dan sistem kontrol manajemen.

8. Ilmu Hubungan Internasional

Jumlah Peminat SBMPTN 2020: 1.904

Di jurusan Ilmu Hubungan Internasional ini, kamu bisa menyelesaikan studi dengan memilih 3 konsentrasi yang ditawarkan, yaitu Studi Perdamaian dan Konflik, Politik dan Keamanan Global, dan Ekonomi Politik dan Pembangunan Internasional. Setelah lulus, kamu akan disematkan gelar Sarjana Ilmu Politik (S.I.P.).

Baca juga : 10 Jurusan ITB ini Jadi Rebutan di SBMPTN 2021

9. Teknologi Informasi

Jumlah Peminat SBMPTN 2020: 1.760

Berikutnya, pindah ke Fakultas Teknik yang termasuk di dalam Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi. Di dalam jurusan Teknologi Informasi, kamu akan mempelajari segala hal teknikal yang berhubungan erat dengan informasi. Ada 3 konsentrasi yang bisa dipilih, yaitu: rekayasa perangkat lunak, rekayasa sistem komputer, dan rekayasa sistem informasi. Ketika lulus, kamu akan diberikan gelar S.T..

10. Teknik Sipil

Jumlah Peminat SBMPTN 2020: 1.577

Jurusan Teknik Sipil merupakan salah satu jurusan tertua di Fakultas Teknik UGM, yang telah ada sejak tahun 1946. Berbeda dengan jurusan Teknologi Informasi tadi, jurusan Teknik Sipil ini termasuk di dalam Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan. Ketika memilih jurusan ini, kamu harus fokus penjurusan, yaitu: lingkungan, hidrologi, struktur bangunan, geoteknik, dan transportasi.

Saat lulus, kamu juga akan meraih gelar S.T.. Hal yang membedakannya dari jurusan Arsitektur adalah jurusan teknik sipil lebih fokus kepada kerangka bangunan dan perhitungannya, sedangkan jurusan Arsitektur lebih fokus kepada kegiatan menggambar dan mendesain bangunan.

Nah, setelah mengetahui 10 jurusan paling laris di UGM atau jurusan favorit di UGNM, apakah kamu sudah tahu akan memilih jurusan apa? Biar kamu makin siap dan yakin masuk ke perguruan tinggi, kamu bisa mengecek maukuliah.id sebagai sarana informasi untuk masuk ke perguruan tinggi

Tags tidak ada

Komentar Anda