1. Home
  2. /
  3. Info Kampus
  4. /
  5. 10 Universitas Jurusan Teknik Informatika (IT) Terbaik di...
Info Kampus

10 Universitas Jurusan Teknik Informatika (IT) Terbaik di Indonesia

10 Universitas Jurusan Teknik Informatika (IT) Terbaik di Indonesia
1597   |   Posted by Fadhol   |   21 January 2023

Halo sobat Miku, apakah kamu salah satu pecinta jurusan Teknik Informatika (IT). Tak dapat dipungkiri jurusan Teknik Informatika saat ini sudah menjadi salah satu jurusan terfavorit di berbagai Universitas. Passing grade atau tingkat persaingan jurusan ini juga sangat tinggi, biasanya hanya kalah dari jurusan kedokteran.

Namun terkadang banyak calon mahasiswa yang masih bingung dalam memilih dan menentukan universitas apa yang sebaiknya dipilih. Nah dalam artikel kali ini Maukuliah akan mencoba membahas kampus dengan Jurusan Teknik Informatika (IT) terbaik di Indonesia.

10 Universitas Jurusan Teknik Informatika (IT) Terbaik di Indonesia

1. Universitas Indonesia (UI)

Teknik Informatika dan Ilmu Komputer pada dasarnya adalah program yang sama. Di UI, Ilmu Komputer merupakan bagian dari Fakultas Ilmu Komputer yang di dalamnya termasuk jurusan Sistem Informasi. Program Studi ini mengajarkan landasan keilmuan dan penerapan teknologi informasi dalam suatu organisasi, meliputi  Prinsip sistem informasi, algoritma dan program, prinsip manajemen dan lainnya.

2. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Jurusan teknik informatika di ITB sudah ada sejak tahun 1982. Selain memiliki program sarjana, kampus ini juga memiliki program magister teknik informatika di bidang rekayasa perangkat lunak.

Baca Juga: 100 PTN & PTS Terbaik Indonesia 2021 Versi Webometrics

3. Universitas Gadjah Mada

Di  Universitas Gadjah Mada, nama jurusannya  adalah Teknologi Informasi, Fakultas Teknik. Program studi ini sudah terakerakreditasi nasional (A) dan internasional ABET (Accreditation Board for Engineering and Technology) dan IABEE (Indonesian Accreditation Board for Engineering Education).

4. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

ITS telah menyelenggarakan perkuliahan di bidang ilmu komputer sejak tahun 1985. Saat ini, teknik informatika di ITS mendapatkan akreditas A dari BAN-PT. Selain jenjang S1, ITS memiliki jenjang S2 dan S3 di bidang ini.

4. Universitas Sebelas Maret (UNS)

Jurusan Teknik Informatika di UNS masuk dalam Fakultas MIPA. Berdiri sejak tahun 2007, jurusan ini telah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT.

5. Universitas Bina Nusantara (BINUS)

BINUS juga memiliki program studi teknik informatika dengan akreditasi A dari BAN-PT. Kampus ini menawarkan program perkuliahan secara online untuk mahasiswanya.

6. Universitas Hasanuddin (UNHAS)

Teknik informatika terbaik di Indonesia bagian tengah ada di Universitas Hasanuddin, Makassar. Dengan akreditasi Unggul dari BAN-PT, teknik informatika menjadi salah satu jurusan favorit di kampus ini.

7. Universitas Sebelas Maret (UNS)

Jurusan Teknik Informatika di UNS masuk dalam Fakultas MIPA. Berdiri sejak tahun 2007, jurusan ini telah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT.

8. Universitas Islam Indonesia (UII)

Kampus yang terletak di Sleman, Yogyakarta ini juga memiliki jurusan teknik informatika terbaik di Indonesia. Hal tersebut dibuktikan dengan didapatkannya akreditasi A dari BAN-PT.

9. Universitas Negeri Padang (UNP)

Di pulau Sumatera, salah satu kampus dengan teknik informatika terbaik ada di Universitas Negeri Padang. Tahun 2017 lalu, prodi ini berhasil mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT.

10. Universitas Udayana (UNUD)

Universitas yang terletak di Pulau Dewata Bali ini juga memiliki prodi Teknik Informatika terbaik. Meskipun prodi ini belum mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT, kualitas perkuliahan yang ditawarkan oleh UNUD tidak kalah dengan kampus ternama lainnya.

Selain itu kamu juga bisa cek disini untuk melihat jurusan teknik informatika yang memiliki akreditasi Unggul dari BAN-PT, berikut 5 diantaranya. Untuk lebih lengkap bisa kamu cek disini langsung:

https://www.banpt.or.id/direktori/prodi/pencarian_prodi.php

  1. Universitas Gunadarma
  2. Universitas Dian Nuswantoro
  3. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
  4. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
  5. Universitas Hasanuddin

Itulah 10 universitas atau kampus dengan program studi teknik informatika terbaik di Indonesia dari maukuliah.id. Hampir semuanya mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT dan berasal dari universitas ternama. Bagaimana  apakah kamu sudah memilih satu kampus untuk dipilih? Semoga informasi kali ini bermanfaat buat Kamu ya yang mau memilih kampus yang tepat.

Oh iya guys, btw nih, kalo kamu mau dapatkan informasi seputar masuk ke perguruan tinggi atau pun jurusan untuk mahasiswa, langsung aja kuy hadir di Maukuliah Online Edufair 2023 . Bakalan banyak informasi kece lho di sana. Jangan sampai ketinggalan ya!

Tags tidak ada

Komentar Anda