1. Home
  2. /
  3. Info Kampus
  4. /
  5. 15 Perguruan Tinggi Negeri Terbaik 2023, Mana Saja...
Info Kampus

15 Perguruan Tinggi Negeri Terbaik 2023, Mana Saja Sih!

15 Perguruan Tinggi Negeri Terbaik 2023
35   |   Posted by Seprila Mayang   |   25 January 2023

MAUKULIAH.ID– Hallo Sobat Miku! Sudah tahu belum nih informasi penting seputar Perguruan Tinggi Negeri (PTN)? Lembaga Pemeringkat Universitas, QS Asia University Rankings 2023 telah merilis peringkat universitas terbaik di seluruh Asia. Hal yang bikin Miku bangga nih, ternyata banyak kampus di negara kita yang masuk menjadi jajaran terbaik.

Beberapa kampus ini, pasti bisa kamu jadikan referensi buat kamu saat ingin masuk kuliah. Kampus mana aja sih yang masuk jajaran kampus terbaik? Penasaran ya? Yuk disimak! 

15 Perguruan Tinggi Negeri Terbaik Tahun 2023 versi  QS Asia University Rankings 2023 

1. Universitas Indonesia (UI) Peringkat ke- 49 di Asia

Universitas Indonesia adalah kampus dengan segudang prestasi yang bertempat di Depok. Sobat Miku tahu? Sebanyak 400.000 alumni dari kampus ini sudah melanglang buana di berbagai instansi pemerintah maupun swasta. Bahkan diantara sekian banyak alumni UI, Sobat Miku mungkin saja kenal dengan Ibu Sri Mulyani, Mba Najwa Shihab, juga Pakde Dono dan Kasino Warkop DKI. Mereka adalah alumni-alumni dari kampus kuning ini.  

2. Universitas Gadjah Mada (UGM) Peringkat ke- 56 di Asia

Universitas Gadjah Mada (UGM) adalah universitas kelas dunia yang terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta. Kampus ini menjadi yang tertua di Indonesia sejak didirikannya pada 19 Desember 1949, loh. Fasilitas di kampus ini juga lengkap banget, jadi mendukung Sobat Miku belajar. Bytheway, kalian kenal dengan Bapak Joko Widodo, Bapak Anies Baswedan, Cak Nun dan  Eyang Sapardi Djoko Damono? nah, beliau semua adalah alumni UGM, wah keren banget ya.

3. Institut Teknologi Bandung (ITB) Peringkat ke-63 di Asia 

Universitas terbaik selanjutnya ini berada di Bandung, Jawa Barat. Sobat Miku tau sekolah Tinggi Teknik Pertama di Indonesia? Iya betul,  Institut Teknologi Bandung (ITB) ini jawabannya. ITB didirikan pada tanggal 2 Maret 1959. Segudang prestasi baik tingkat nasional maupun internasional sudah banyak disabet oleh mahasiswa ITB, kayaknya kalau info prestasi ini sudah bukan rahasia umum deh.

4. Universitas Airlangga (Unair) Peringkat ke-81 di Asia

Universitas Airlangga adalah salah satu universitas yang memiliki banyak prestasi baik akademik maupun non akademik, seperti olahraga dan musik.  Universitas yang berlokasi di Surabaya ini memiliki jargon  “Excellent with morality” yang didukung dengan kegiatan Social Project Amarta (SOSPRO) bagi mahasiswa baru sebagai bentuk pengabdian masyarakat. Sobat Miku yang di Surabaya minat enggak masuk UNAIR?

5. Institut Pertanian Bogor (IPB) Peringkat ke-122 di Asia 

Institut Pertanian Bogor atau yang akrab disebut IPB ini terletak di Bogor. IPB ini merupakan salah satu Universitas kelas dunia serta memiliki keunggulan akademik dan riset dengan jaringan internasional. Alumni dari universitas ini adalah Novelis Asma Nadia dan Bapak Susilo Bambang Yudhoyono. Siapa sih yang enggak kenal mereka? pasti bangga banget ya kalau satu almamater sama mereka.

6. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Peringkat ke- 146 di Asia  

Siapa sih yang tidak kenal dengan kampus yang satu ini? Kualitas kampus ini sudah tidak diragukan lagi. Banyak Akreditasi dan sertifikasi baik level nasional maupun internasional sudah disabet oleh kampus ini. ITS menempati peringkat ke-3 terbaik Perguruan Tinggi di Indonesia versi Times Higher Education (THE) World University Ranking tahun 2019 hingga 2021, itu artinya selama 3 tahun berturut-turut menempati posisi tersebut.

7. Universitas Padjadjaran (Unpad) Peringkat ke-191 di Asia

Universitas Padjadjaran (Unpad) adalah salah satu kampus yang terletak di Sumedang, Jawa Barat. Kampus ini banyak mencetak prestasi baik nasional maupun internasional. Bahkan Fakultas Kedokteran UNPAD menjadi salah satu fakultas terbaik di Indonesia. 

8. Universitas Diponegoro (Undip) Peringkat Ke-200 di Asia

Kalau kamu ingin kuliah di kampus dengan fakultasnya lengkap dan fasilitas yang mendukung, UNDIP tepat untuk menjadi salah satu wishlist-mu. Prestasi UNDIP pun sangat membanggakan, salah satunya Peringkat 1 The Datapoints Impact Award pada The Asia Universities Summit 2022. ayo langsung aja cari tau lebih lanjut kampus idola ini.

9. Universitas Brawijaya (UB) Peringkat ke-255 di Asia

Sobat Miku mau kuliah distemper yang adem dan biaya hidupnya murah? Universitas Brawijaya (UB) jawabannya. UB memang menjadi salah satu universitas serbuan peminat terbanyak. Prestasi UB juga tidak kalah banyak dengan universitas-universitas sebelumnya. Bahkan UB pernah juara PIMNAS dengan total enam kali, bahkan pernah 3 kali berturut-rurut d menjuarai PIMNAS yaitu pada tahun 2015-2017.

10. Universitas Hasanuddin (Unhas) Peringkat ke 351-400 di Asia

Universitas Hasanudin atau disingkat dengan UNHAS ini terletak di kota Makassar. UNHAS menjadi salah satu universitas dengan akreditasi unggul. Banyak alumni UNHAS yang pernah memimpin pemerintahan baik kota  provinsi bahkan Negara. Salah satu alumni UNHAS yang terkenal adalah Bapak Jusuf Kalla.

11. Universitas Sebelas Maret (UNS) Peringkat ke 351-400 di Asia

Universitas Sebelas Maret atau yang dikenal dengan UNS ini terletak di Surakarta. Bukan rahasia lagi kalau kampus ini memang banyak prestasi, beberapa prodinya menjadi yang terbaik di Indonesia. Tahun lalu, UNS membuka prodi Baru yaitu S1 Bisnis Digital dan Teknologi Pendidikan.

12. Universitas Sumatera Utara (USU) Peringkat ke 451-500 di Asia

Kalau kamu berada di Medan dan sekitarnya boleh banget masukin Universitas Sumatera Utara menjadi salah satu wistlist-mu. USU memang salah satu kampus yang berprestasi, dari laman website-nya diketahui USU sudah sering menjadi langganan juara. Selain menjadi peringkat ke–12, USU juga sudah terakreditasi Unggul.

13. Universitas Udayana Peringkat ke 501-550 di Asia

Mau kuliah di kota destinasi wisata yang terkenal hingga manca negara? di Universitas Udayana aja. Selain banyak tempat wisata yang indah, UNUD juga memiliki banyak prestasi nasional maupun internasional. pokonya keren deh universitas ini

 14. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Peringkat ke 501-550 di Asia 

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)  adalah satu Universitas yang terletak di Bandung. Sama seperti Universitas Brawijaya, UPI juga menjadi salah satu kampus idola dengan peminat terbanyak. Fasilitas di UPI sangat lengkap, fasilitas Ibadah, fasilitas olahraga, Asrama dengan harga yang cukup murah dan fasilitas lainnya.  

15. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Peringkat ke 501-550 di Asia

The last but not least, selanjutnya salah satu universitas yang dibanggakan warga Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) ini menjadi salah satu Universitas dengan akreditasi unggul. Fasilitas di universitas ini sangat lengkap sehingga bisa meningkatkan kenyamanan bagi Sobat Miku untuk belajar. Lokasinya berada di Kota Pelajar Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Nah, itulah 15 PTN terbaik yang bisa menjadi referensi kamu.  Harus semakin bertambah ya semangatnya untuk masuk kampus impian.  Kalau sobat Miku semakin kepo sama kampus-kampus di atas, bisa cek sini ya https://maukuliah.id/ . Selamat berjuang! 

 

Ditulis oleh:  Shitny Dwi

Disunting oleh: Seprila Mayang

 

Tags tidak ada

Komentar Anda