1. Home
  2. /
  3. Tips & Trik
  4. /
  5. 5 Cara Memilih Jurusan yang Tepat, Bisa Langsung...
Info Jurusan | Info Pendaftaran | Tips & Trik

5 Cara Memilih Jurusan yang Tepat, Bisa Langsung Dipraktekkan

482   |   Posted by M. Fadholi   |   04 February 2021

Memilih jurusan memang hal yang sangat penting, karena mempengaruhi dalam belajar dan masa depan. Nah tulisan ini untuk kamu yang saat ini duduk di kelas 3 atau kelas XII SMA atau SMK, pasti saat ini kamu sedang gundah, galau dan campur-campur untuk memilih jurusan sesuai dengan minat bakat kamu. Tenang ada beberapa hal yang harus kamu ketahui agar segera mendapatkan jurusan yang tepat.

Mungkin untuk teman-taman yang lulusan SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) tidak terlalu pusing untuk memilih universitas/kampus yang sesuai dengan minat bakat mereka karena pada dasarnya teman-teman di SMK sudah dipersiapkan sesuai jurusan atau untuk dunia kerja. Berikut cara memilih jurusan yang tepat, calon mahasiswa wajib tahu!

Bagaimana Cara Memilih Jurusan yang Tepat? Begini Caranya

1. Ketahui Minat dan Bakat yang kamu miliki

Yang harus kamu perhatikan pertama kali memilih jurusan adalah harus menentukan jurusan yang sesuai dengan minat bakat kamu, jangan sampai nanti ketika kamu masuk ke kampus atau perguruan tinggi, kamu merasa salah pilih jurusan. Jika kamu belum tahu jurusan apa yang akan kamu pilih, kamu bisa konsultasikan dengan guru BK di sekolahmu atau bisa browsing-browsing di Internet.

Baca juga: Mahasiswa Baru, Apa Itu KRS dan Bagaimana Cara Mengisinya?

2.Lakukan Riset Jurusan-Jurusan Kuliah yang Dipilih

Setelah menemukan minatmu, jangan hanya berhenti di situ kamu juga harus melakukan riset-riset jurusan yang sesuai dengan minatmu. Kamu harus ketahui sebanyak-banyaknya jurusan kuliah yang ada. Pelajari masing-masing bidang ilmunya, prospek alumninya, dan hal-hal lain yang dirasa penting untuk diketahui.

Kamu juga bisa bandingkan daftar jurusan kuliah yang sudah kamu list. Langkah-langkah ini bisa membantumu menjatuhkan pilihan jurusan kuliah. Cara ini juga bisa diterapkan saat kita punya sebaris daftar jurusan kuliah untuk dipilih, entah itu pilihan diri sendiri atau rekomendasi Ortu. atau rekomendasi guru BK.

Baca juga: Mengapa Jurusan IT Begitu Diminati, Emang Prospek Kerja Bagus?

3. Konsultasi dengan Orang Dekat Berpengalaman

Kamu bisa membicarakan pilihan pendidikan tinggi yang baik dengan orang terpercaya seperti orangtua, teman atau orang yang lebih berpengalaman. Konsultasi tentu akan memberikan pertimbangan dari sisi positif dan negatif.

Atau kamu juga bisa diskusikan berbagai pilihan jurusan kuliah yang ada saat ini dengan ahlinya, misalnya psikolog pendidikan atau yang lain. Lebih baik lagi bila kita dapat mengombinasikan dua cara memilih jurusan kuliah ini bersamaan. Gunakan hasil riset sebagai bahan diskusi. Bukankah hasilnya akan lebih baik?

4. Hindari Ikut-ikutan Teman

Biasanya pada saat sekolah kamu memiliki genk, jadi teman masuk kuliah dimana kamu ikut demi satu kampus. Hal ini tidak baik kalau kamu masuk ke kampus yang tidak sesuai dengan minat bakat kamu. Jadi tentukan sendiri.

5. Berpikir Realistis

Keinginan yang menggebu bisa melanjutkan pendidikan di universitas A bisa jadi cambuk penyemangat. Namun, Kamu harus tetap berpikir realistis. Pertimbangkan matang-matang sesuai dengan kemampuan diri sendiri baik sisi finansial dan akademik.

Dan harus kamu ketahui keuntungan dan konsekuensi pilihan kamu. Jadi sebaik apapun pilihan yang kita coba ambil, tetap akan ada kekurangan di situ ya. Mengetahui konsekuensi dari pilihan jurusan kuliah yang diambil itu penting. Jangan cuma dilihat sisi positif atau keuntungannya saja ya!

Baca juga: Tips Memilih Kampus Yang Cocok, Agar Tidak Salah Pilih

Itulah 5 tips memilih universitas atau kampus setelah lulus SMA atau SMK, tips jitu memilih universitas, tips cara memilih kampus yang baik untuk kuliah, tips memilih universitas yang tepat untuk studi cara memilih kampus dan jurusan, atau tips memilih perguruan tinggi.

Dengan cara memilih jurusan yang tepat dan bisa kamu jadikan bahan pertimbangan sebelum salah langkah. Ingat, kuliah bukan sekadar ajang gengsi namun tahap menentukan prospek karir dimasa mendatang. Nah, apakah Kamu sudah memiliki universitas idaman saat ini? Semoga bermanfaat. Kamu bisa cari juran dan kampus idamanmu di: maukuliah.id

Tags tidak ada

Komentar Anda