1. Home
  2. /
  3. Info Mahasiswa
  4. /
  5. 5 Kebiasaan yang Harus Kamu Ubah saat Mengerjakan...
Info Kampus | Info Kuliah | Info Mahasiswa

5 Kebiasaan yang Harus Kamu Ubah saat Mengerjakan Skripsi

43   |   Posted by Seprila Mayang   |   26 April 2021

Mahasiswa mana sih yang gak bingung kalau berhadapan dengan skripsi? Pasti banyak yang suka bingung kan, hehe. Hayo ngaku aja deh. Meskipun skripsi bisa dibilang sangat sulit, bukan berarti kamu harus putus asa dan menyerah.

Momen mengerjakan skripsi memang sangat menghabiskan tenaga dan pikiran. Maka, kamu harus pintar untuk menyikapinya. Nah, biar kamu makin siap menghadapi skripsi, berikut adalah 5 kebiasaan yang harus kamu lakukan biar skripsimu lancar. 

Apa saja sih 5 kebiasaan tersebut? Yuk simak. 

1. Buat deadline

Agar target skripsimu bisa terpenuhi dengan baik, kamu harus membuat jadwal deadline secara urut dan runtut. Ini bertujuan agar kamu gak terlena dengan kegiatan lainnya.

Agar mempermudah pembuatan jadwal tersebut, alangkah lebih baik jika kamu konsultasikan kepada dosen pembimbingmu. Dengan demikian kamu akan lebih mudah dan leluasa dalam mengerjakan skripsi.  

Baca juga: Bisa Ditiru! Bagini Cara Upgrade Skill Saat Jadi Mahasiswa Ala Dokter Gigi Muda UI

 2. Pilih circle yang mendukung

Untuk mengerjakan skripsi, seharusnya kamu mencari lingkungan yang mendukung. Jika lingkungan di sekitarmu saling support untuk mengerjakan skripsi tersebut, pasti kamu juga akan ter-triggered untuk segera menyelesaikan skripsimu tersebut. 

3. Ikuti saran dosen pembimbing

Kunci sukses dari mengerjakan skripsi adalah menuruti saran dari dosen pembimbing. Dosen pembimbing pasti akan memberimu saran terbaik mereka. Jadi, misalkan ada sesuatu yang kurang pas, yuk mulai sekarang segera diskusikan dengan dosen pembingmu. 

4. Kerjakan skripsi di tempat yang kondusif

Mengerjakan skripsi memang membutuhkan konsentrasi yang sangat tinggi. Untuk itu kamu harus mengerjakannya di tempat yang kondusif. Jika kamu senang berada di tempat yang sepi, maka kerjakan saja di tempat yang sepi. Namun, bila kamu ingin mengerjakannya bersama teman-temanmu yang lain langsung aja deh buat kelompok untuk mengerjakan skripsi tersebut. 

Baca juga: Berakhir Masuk UI setelah Gagal Berkali-kali 

5. Kurangi jadwal nongkrong

Ini nih penyakit orang mengerjakan skripsi. Mereka kebanyakan main dan nongkrong gak jelas. Alhasil, skripsimu bakalan jadi korbannya. So, kamu harus bijak dalam mengerjakan skripsi ini guys. Jangan sampai kamu terlena dan gak ngerjain skripsi. 

Meskipun mengerjakan skripsi bisa dibilang sangat berat, namun kamu harus tetap semangat ya. Fighting! Pasti sebentar lagi cepat kelar kok kalau kamu mau berusaha lebih keras. Semangat sobat Miku!

Tags tidak ada

Komentar Anda