1. Home
  2. /
  3. Tips & Trik
  4. /
  5. Bisa Ditiru! Bagini Cara Upgrade Skill Saat Jadi...
Dunia Mahasiswa | Tips & Trik

Bisa Ditiru! Bagini Cara Upgrade Skill Saat Jadi Mahasiswa Ala Dokter Gigi Muda UI

127   |   Posted by Seprila Mayang   |   18 March 2021

Siapa sih yang gak pengen punya skill yang mumpuni selama jadi mahasiswa. Skill seperti ini sangat dibutuhkan lho terlebih di dunia kerja. Makanya di program Merdeka Belajar- Kampus Merdeka, setiap mahasiswa disarankan agar memiliki skill yang mumpuni. 

Jauh sebelum program Merdeka Belajar- Kampus Merdeka ini dicanangkan pemerintah, Nurrachma Hakim, Dokter Muda Universitas Indonesia ternyata sudah mulai melakukannya lho. Sejak berkuliah di tahun 2013, gadis berkacamata yang kerap disapa Ama ini sudah mulai mengasah skillnya dengan baik. Beberapa skill tersebut seperti public speaking, organisasi, hingga melakukan diskusi di bidang kesehatan. 

Bisa ditebak, tujuh tahun kemudian Ia sudah berhasil membawa dirinya berkeliling ke berbagai negara di Indonesia. Tak hanya itu saja, di tahun 2016, Ama sudah berhasil menyabet gelar sebagai Mahasiswa Berprestasi 2 di Fakultas Kedokteran Gigi UI. Wah, keren banget kan!

Gak hanya itu saja lho, Ama juga mengikuti berbagai macam organisasi dan konferensi tingkat dunia. Di sinilah, Ia bertemu dengan banyak orang, belajar menulis, public speaking dan bernegosiasi dengan berbagai pihak. 

Baca juga: Kuliah Secara Daring Tak Menghalangi Beraktivitas dan Berorganisasi  (Cerita Mahasiswa UI)

Nah, bagaimana sih cara yang tepat untuk bisa upgrade skills dengan baik?

Menurut Ama, cara meningkatkan skill memang tidak bisa dilakukan secara instan. Ama sendiri mengaku jika Ia pun kerap gagal dan kesulitan untuk meningkatkan skill tersebut. 

“Aku sempat gagal berkali-kali. Tapi aku gak nyerah, masih banyak pintu yang belum ku buka. Makanya aku terus melakukan latihan secara rutin dan disiplin,” ujarnya dengan senyuman. 

Beberapa skill yang terus Ia tekuni untuk berlatih adalah skill public speaking dan berbahasa Inggris. Di sini Ia menerapkan latihan dengan:

1. Menonton tontonan berbahasa Inggris

Dengan menonton tontonan berbahasa Inggris, kamu akan belajar memahami bagaimana bahasan tersebut. Oh iya, jangan menggunakan subtitle ya.  Ini juga bisa mengasah skill listening kamu lho. Coba deh ditiru. 

2. Melakukan resume tentang tontonan tersebut dalam bentuk tulisan

Setelah memahami isi dari pembahasan tersebut, akan memudahkan kamu untuk meningkatkan skill writing kamu. Dengan demikian kamu bakal jago deh memahami grammar dan cara penulisan yang tepat. 

3. Melakukan review dengan cara speaking in English di depan cermin

Setelah melakukan kedua tahapan di atas, kamu bisa melakukan review dari hasil resume kamu tadi guys. Coba praktekkan di depan cermin. Biar tahu seberapa paham kamu dengan bahasan tersebut. 

Baca juga : Mau Seimbang Berprestasi di Akademik dan Berorganisasi? Begini Tips ala Dokter Gigi Muda UI

Untuk skill organisasi dan kemasyarakatan, Ama juga aktif mengikuti kegiatan BEM guys di fakultasnya. Ini bisa memudahkan Ama untuk terus tetap mengasah skill ini seperti bernegosiasi, berdiskusi, hingga kepemimpinan. 

Duh keren banget gak sih guys, kalo kita gak cuma kuliah aja, tapi juga punya skill yang bener-bener merubah kita menjadi pribadi yang lebih baik. Makanya sebelum masuk kuliah kamu kudu siapin semuanya dengan baik yah! Tetap semangat dan jangan menyerah. 

Tags tidak ada

Komentar Anda